RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SMA Negeri XX
Kelas/
Semester : X / I
Mata
Pelajaran :
Ekonomi
Materi
Pokok :
Konsep Koperasi
Alokasi
Waktu :
6 x 45 Menit (2 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1) Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2) Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3) Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4) Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
Mensyukuri sumber daya
sebagai Karunia TYE dengan adanya koperasi.
2.
Bersikap jujur, adil, tanggung jawab, dan
bekerjasama dalam pencapaian tujuan koperasi dengan
mewujudkan kesejahtraan anggotanya dengan berdasarkan pada landasan koperasi
3.
Mendeskripsikan konsep
koperasi dan pengelolaan koperasi
Indikator:
a. Mendefinisikan
pengertian koperasi
b. Mendeskripsikan
landasan koperasi
c. Mendefinisikan
tujuan koperasi
d. Mengidentifikasi
ciri-ciri koperasi
e. Mengidentifikasi
prinsip-prinsip koperasi
f. Mendeskripsikan
fungsi dan peran koperasi
g. Mengindentifikasi
jenis-jenis usaha koperasi
4.
Menyajikan konsep
koperasi dan pengelolaan koperasi
Indikator:
a. Menerapakan
prinsip koperasi untuk mencapai tujuan koperasi tersebut.
b. Menerapkan
perilaku jujur, adil dan bekerjasama dalam suatu tujuan bersama
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama
Melalui kegiatan pembelajaran ini
diharapkan siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta mampu;
a. Mendefinisikan
pengertian koperasi
b. Mendeskripsikan
landasan koperasi
c. Mendefinisikan
tujuan koperasi
d. Mengidentifikasi
ciri-ciri koperasi
2.
Pertemuan
Kedua
Melalui kegiatan pembelajaran ini
diharapkan siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta mampu;
a.
Mengidentifikasi
prinsip-prinsip koperasi
b.
Mendeskripsikan fungsi
dan peran koperasi
c.
Mengindentifikasi
jenis-jenis usaha koperasi
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian koperasi
berdasarkan asal kata
2.
Pengertian koperasi
menurut para ahli dan UU:
a. Pengertian
koperasi menurut Moh. Hatta
b. Pengertian
Koperasi Menurut UU No. 25 1992
3.
Landasan koperasi:
a. Idiil
b. Mental
c. Structural
4.
Tujuan koperasi
5.
Ciri-ciri koperasi
6.
Prinsip-prinsip
koperasi
7.
Fungsi dan peran
koperasi:
a. Fungsi
koperasi
b. Peran
koperasi
8.
Jenis-jenis usaha
koperasi:
a. Koperasi
konsumsi
b. Koperasi
jasa
c. Koperasi
barang
E.
Metode
Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran : Scintific
2. Metode : Tanya jawab, penugasan, dan
ceramah.
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran.
1. Media
:
a. Slide
Power Point yang berhubungan dengan materi pembelajaran
b. Gambar
2. Alat
:
a. Laptop
b. LCD
c. Papan
tulis dan spidol
3. Sumber
:
a. BSE_KelasXII_Ekonomi_Indrastuti
b. Buku
ekonomi yang relefan
c. Internet
d. Perpustakaan
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
a.
Pendahuluan
|
Apersepsi
1) Guru memberikan salam kepada
siswa dan siswa meresponnya dengan memberikan salam balik kepada guru.
2) Persiapan
untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan
masing-masing dan di pimpin oleh ketua kelas)
“Selamat
pagi anak-anak! sehat semuanya? Sebelum melanjutkan pembelajran hari ini
alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan
masing-masing. Kepada ketua kelas silahkan pimpin doa.”
3) Guru mengisi
jurnal guru dan mengecek kehadiran siswa dengan mengisi absen.
4) Peserta
didik diberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam
proses pembelajaran.
5) Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
Motivasi
Ø Memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif
dalam proses pembelajaran.
Ø Peserta
didik diinformasikan tentang manfaat pembelajaran.
|
15 Menit
|
b.
Inti
|
Mengamati
Ø Siswa di arahkan untuk mengamati
symbol koperasi pada gambar.
Ø Siswa di minta untuk membaca
materi yang berkaitan dengan koperasi pada buku siswa, dalam waktu 5-7 menit.
Menanya
Ø Siswa di berikan pertanyaan
mengenai pengertian koperasi menurut asal bahasa dan arti dari suku kata
koperasi tersebut.
Ø Siswa di berikan pertanyaan
mengenai landasan koperasi.
Ø Siswa di berikan pemahaman
mengenai tujuan dari koperasi melaui contoh daripada kerja sama.
Ø Siswa di berikan kesempatan untuk
meyebutkan ciri-ciri koperasi yang ada pada lingkungan mereka.
Mengumpulkan Data
Ø Siswa di berikan kesempatan untuk
mencari informasi mengenai prinsip-prinsip koperasi pada buku siswa
Ø Siswa di berikan kesempatan untuk
mencari informasi mengenai jenis-jenis koperasi yang ada di Indonesia
Mengasosiasi
Siswa diminta untuk membuat laporan yang disusun berupa rangkuman
dan kesimpulan mengenai aktivitas koperasi yang ada di lingkungan mereka
melalui tugas kelompok.
Mengkomunikasikan
Ø Siswa di berikan kesempatan untuk
menyampaikan hasil diskusi kelompok mereka dengan mempersetasikannya di
hadapan kelompok yang lainnya.
Ø Kelompok yang lain memperhatikan
dan memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok persentasi dengan
mengajukan kritik dan saran.
|
90 Menit
|
c.
Kegiatan Penutup
|
KESIMPULAN
Ø Perwakilan dari masing-masing kelompok diminta membuat
kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dibahas.
Ø Peserta didik diminta mencari contoh-contoh tenaga kerja yang
dibuat dalam bentuk artikel.(masing-masing kelompok terdiri atas 4 orang)
Ø Guru dan siswa sama-sama
menyimpulkan pembelajaran yang berlangsung.
Ø Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
Ø Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari ini diantaranya dengan
memberikan apresiasi kepada seluruh siswa dan kelompok yang telah
mempersentasikan hasil diskusi mereka.
Ø Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu berhubungan dengan koperasi
dan pengelolaan koperasi.
Ø Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
30 Menit
|
2.
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
a.
Pendahuluan
|
Apersepsi
Ø Guru memberi salam dan disalami
oleh murid-murid.
Ø Persiapan
untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan
masing-masing dan di pimpin oleh ketua kelas)
“Selamat
pagi anak-anak! sehat semuanya? Sebelum melanjutkan pembelajran hari ini
alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan
masing-masing. Kepada ketua kelas silahkan pimpin doa.”
Ø Guru mengisi
jurnal guru dan mengecek kehadiran siswa dengan mengisi absen.
Motivasi
Ø Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif
dalam proses pembelajaran.
Ø Peserta
didik diinformasikan tentang manfaat pembelajaran.
|
15 Menit
|
b.
Inti
|
Mengamati
Siswa
diminta untuk mengamati dan memahami materi mengenai koperasi dan pengelolaaan koperasi.
Menanya
Ø Guru mengajukan pertanyaan
mengenai prinsip-prinsip daripada koperasi.
Ø Siswa di minta untuk
Mengumpulkan Data
Mengasosiasikan
Mengkomunikasikan
1. Siswa di ingatkan kembali
mengenai materi sebelumnya sekaligus mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran
dengan baik.
2. Siswa di berikan kesempatan untuk
meyebutkan ciri-ciri koperasi yang ada pada lingkungan mereka.
3. Siswa mengidentifikasi
prinsip-prinsip koperasi.
4. Siswa merespon pertanyaan tentang
hal-hal yang berhubungan dengan fungsi dan peran-peran koperasi.
5. Guru memberikan penghargaan
terhadap pernyataan siswa atas keikutsertaan mereka dalam merespon pertanyaan
yang di tanyakan.
|
90 Menit
|
c.
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan.
3. Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
30 Menit
|
H.
Penilaian
1.
Sikap
a. Teknik
Penilaian :
Observasi
b. Bentuk
Instrumen dan Instrumen : Lembaran
Pengamatan Sikap
c. Pedoman
Penskoran : Lampiran 1
No
|
Aspek
|
Indikator
|
Penskoran
|
1.
|
Sikap Spiritual
|
·
Menunjukkan sikap doa sebelum dan
sesudah kegiatan pembelajaran.
·
Memberikan salam/ucapan syukur
pada saat awal dan akhir persentase
|
4 =
selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan
2 =
kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan sesuai dengan pernyataan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
sesuai dengan pernyataan
|
2.
|
Sikap Sosial
|
Jujur
|
·
tidak menyontek hasil diskusi kelompok lain
·
menyampaikan hasil diskusi (data atau informasi) apa
adanya.
|
Toleransi
|
·
tidak membuat keributan ketika
teman mempresentasikan hasil diskusi/member pendapat
·
menerima kesepakatan
meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
Kerjasama
|
·
Aktif dalam kerja kelompok
·
Kesediaan melakukan
tugas sesuai kesepakatan
|
Komunikasi
|
·
Mendengar dengan seksama pendapat
baik dari teman dalam kelompok maupun teman dari kelompok lainnya.
·
menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar dalam memberikan pendapat maupun menyanggah pendapat teman
baik dalam kelompok maupun dengan kelompok lainnya.
|
Tanggungjawab
|
·
menyelesaikan setiap tugas yang
diberikan guru.
·
Mempertanggungjawabkan pendapat
pribadi maupun hasil diskusi kelompok
|
Sopan-santun
|
·
Menanggapi pendapat yang
disampaikan teman dengan menggunakan
pilihan kata yang tidak menyinggung orang lain
|
(Lembar Pengamatan Sikap
(dilakukan pada saat diskusi kelompok dan persentasi hasil diskusi)
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Instrumen
: Lampiran 2
Indikator
|
Butir
Soal
|
Mendeskripsikan pengertian koperasi
dari asal bahasa
|
Koperasi berasal dari bahasa latin yaitu coopere
|
Mengidentifikasi landasan koperasi
|
Koperasi di Indonesia memiliki
tiga landasan, sebutkan ketiga landasan tersebut:
1) Landasan Idiil yaitu Pancasila
2) Landasan Mental yaitu mengacuh pada
kesetiakawanan anggota agar tercapainya tujuan tersebut.
3)
Landasan Stuktural yaitu mengacuh pada UUD 1945
ayat 1 yang mengatur kehidupan bangsa dan negara
|
Mendeskripsikan
pengertian koperasi menurut Moh. Hatta.
|
Pengertian Koperasi Menurut Moh.
Hatta: Koperasi
adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan
tolong-menolong. Semangat tolong menolong tersebut didorong oleh keinginan
memberi jasa kepada kawan berdasarkan prinsip seorang buat semua dan semua
buat seorang.
|
3.
Ketrampilan
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian Ketrampilan
c.
Instrumen
: Lampiran 3
Aspek
|
Indikator
|
Penskoran
|
Kemampuan berkomunikasi
|
1. Teknik bertanya menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
4 : Baik sekali
3 : Baik
2 : Cukup
1 : Kurang
|
2. Memberi pendapat/sanggahan dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Kemampuan memberikan pendapat
|
3. Memberikan ide/pendapat dengan
dasar piker yang logis
|
4. Mengajukan sanggahan dengan dasar
pikir yang logis
|
Pengetahuan
|
5. Penguasaan materi persentasi
|
6. Sistematika persentasi
|
7. Pertanggungjawaban yang
berhubungan dengan materi persentasi
|
Lampiran
1.
Instrumen
Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas :
Materi :
Hari/Tanggal :
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
|
NA
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Jujur
|
Toleransi
|
Kerjasama
|
Komunikasi
|
Tanggungjawab
|
Santun
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran
Masing-masing kolom diisi
dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Kriteria Nilai
A = 80 – 100 : Baik
Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60 – 69 :
Cukup
D = < 60 : Kurang
Lampiran
II.
Lembaran
Pengematan Pengetah
Soal.
1.
Berdasarkan asal Bahasa
maka kata koperasi berasal dari Bahasa ….
yaitu …….
2.
Kata koperasi dalam bahasa Inggris disebut cooperation,
yang terdiri dari dua suku kata yaitu Co dan Operation. … berarti bersama dan ……… berarti bekerja. Jadi koperasi dapat dikatakan suatu
tempat atau badan hokum yang memiliki asas kerjasama untuk mencapai suatu
tujuan.
3.
Koperasi di Indonesia
memiliki tiga landasan, sebutkan ketiga landasan tersebut:
a.
………..
yaitu Pancasila
b.
…………
yaitu mengacuh pada kesetiakawanan anggota agar tercapainya tujuan tersebut.
c.
……………
yaitu mengacuh pada UUD 1945 ayat 1 yang mengatur kehidupan bangsa dan Negara.
Kunci Jawaban
1.
Berdasarkan asal Bahasa
maka kata koperasi berasal dari Bahasa Latin
yaitu Coopere
2.
Kata koperasi dalam bahasa Inggris disebut cooperation,
yang terdiri dari dua suku kata yaitu Co dan Operation. Co berarti bersama dan operation berarti bekerja. Jadi koperasi dapat dikatakan
suatu tempat atau badan hokum yang memiliki asas kerjasama untuk mencapai suatu
tujuan.
3.
Koperasi di Indonesia
memiliki tiga landasan menjadi melandasan terbentuknya koperasi, sebutkan ketiga landasan tersebut:
a. Landasan Idiil
yaitu Pancasila
b. Landasan Mental
yaitu mengacuh pada kesetiakawanan anggota agar tercapainya tujuan tersebut.
c. Landasan Stuktural
yaitu mengacuh pada UUD 1945 ayat 1 yang mengatur kehidupan bangsa dan
Negara.
Pedoman
Penskoran
Butir
Soal
|
Hal
yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
|
Jelaskan
secara singkat asal kata koperasi dan pengertiannya
|
Jika
siswa menjawab dengan benar dan lengkap.
|
10
|
10
|
Jika
siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
|
5
|
Jika
siswa menjawab salah
|
1
|
Dalam
bahasa inggris kata koperasi terdiri dari dua suku kata, sebutkan dan
jelaskan
|
Jika
siswa menjawab dengan benar dan lengkap.
|
10
|
10
|
Jika
siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
|
5
|
Jika
siswa menjawab salah
|
1
|
Sebutkan
3 landasan koperasi yang ada di koperasi Indonesia.
|
Jika
siswa menjawab dengan benar dan lengkap.
|
15
|
30
|
Jika
siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap (hanya menyebutkan 2)
|
10
|
Jika
siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap (hanya menyebutkan 1)
|
5
|
Pedoman
Penskoran
Nilai Akhir = Skor soal No. 1 + Skor soal No.2 + Skor soal No. 3
Kriteria Nilai
A
= 80 – 100 : Baik
Sekali
B
= 70 – 79 : Baik
C
= 60 – 69 :
Cukup
D
= ‹ 60 :
Kurang
Lampiran
3.
Intrumen
Penilaian Ketrampilan
Lembar
Penilaian
Kelas :
Tanggal :
Materi :
No
|
Nama
|
Indikator
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Teknik bertanya menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
2. Memberi pendapat/sanggahan dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
3. Memberikan ide/pendapat dengan
dasar piker yang logis
|
4. Mengajukan sanggahan dengan dasar
pikir yang logis
|
5. Penguasaan materi persentasi
|
6. Sistematika persentasi
|
7. Pertanggungjawaban yang
berhubungan dengan materi persentasi
|
Pedoman Penskoran
Masing-masing kolom diisi
dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Kriteria Nilai
A = 80 –
100 : Baik Sekali
B
= 70 – 79 : Baik
C
= 60 – 69 : Cukup
D
= ‹ 60 : Kurang