RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 04)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Pasar
Alokasi
Waktu : 24 X 45 Menit (7 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
3.4
Mendeskripsikan konsep pasar dan
terbentuknya harga pasar dalam perekonomian
Indikator
·
Menjelaskan
pengertian pasar
·
Menuliskan
syarat terjadinya pasar
·
Menjelaskan
fungsi pasar
·
Menjgidentifikasi
pembagian pasar menurut waktu, jenis barang yang diperjualbelikan, dan luas
kegiatan distribusi
4.4 Melakukan
penelitian tentang pasar dan terbentuknya harga pasar dalam Perekonomian
Indikator
·
Menerapkan upaya terbentuknya harga pasar lewat penentuan harga keseimbangan.
·
Mengaplikasikan permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari
·
Menggunakan kurva untuk menggambarkan kebutuhan sehari-hari dalam kaitannya dengan
permintaan dan penawaran.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan
pengertian pasar
·
Menuliskan
syarat terjadinya pasar
·
Menjelaskan
fungsi pasar
·
Mengidentifikasi
pembagian pasar menurut waktu, jenis barang yang diperjualbelikan, dan luas
kegiatan distribusi
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a.
Pengertian
pasar
b.
Syarat
terjadinya pasar
c.
Fungsi pasar
d.
Pembagian
pasar menurut waktu, jenis barang yang diperjualbelikan, dan luas kegiatan
distribusi
Pertemuan II
a.
Pengertian
struktur pasar
b.
Pengertian
pasar persaingan sempurna
c.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna
d.
Perolehan
laba maksimum dalam pasar persaingan sempurna
e.
Kebaikan dan
kelemahan pasar persaingan sempurna
Pertemuan III
a. Pembagian pasar persaingan tidak sempurna dan
ciri-cirinya
b. Kebaikan dan kelemahan pasar monopoli, oligopoli, dan
monopolistik.
c. Peranan pasar dalam perekonomian
Pertemuan IV
a. Pengertian Permintaan dan Penawaran
b.
Faktor-Faktor
yang mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
Pertemuan V
a. Kurva Permintaan
b. Kurva Penawaran
c. Pergeseran Kurva Permintaan
d. Pergeseran kurva Penawaran
Pertemuan VI
a. Hukum Permintaan dan Penawaran serta asumsi-asumsinya
b. Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan
Pertemuan VII
a. Pengertian elastisitas
b. Macam-Macam Elastisitas
c. Pengertian Elastisitas Permintaan
d. Jenis-Jenis Elastisitas Permintaan
Pertemuan VIII
a. Mendeskripsikan pengertian elastisitas penawaran
b. Mengidentifikasi jenis-jenis elastisitas penawaran
c. Mengindentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi
elastisitas permintaan
dan
penawaran.
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Pendekatan Saintifik
Model : Two stay two stray ( pertemuan
1), Kooperatif
jigsaw (pertemuan 2), Picture and picture dengan kombinasi kepala
bernomor (pertemuan 3), make
a match(Pertemuan 4), explicit
instruction(Pertemuan 5), examples
non examples(Pertemuan 6-8),
Metode :
Ceramah, Diskusi, Kuis/Tanya Jawab.
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media : Chart
dalam bentuk power point, Video, Media
cetak/elektronik.
Alat : LCD,
Laptop, spidol,
Sumber
pembelajaran :
a.
Buku Ekonomi untuk SMA kls X, Kinanti Geminastiti
dan Nella Nurlita,Ekonomi kelas X Eeng
Ahman,
b.
Artikel dari internet permintaan dan Penawaran
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§
Guru menyapa siswa dan peserta didik
menjawab salam yang disampaikan guru.
§
Persiapan sebelum pembelajaran dengan berdoa bersama yang dipandu oleh ketua kelas/
§
Guru mengabsensi peserta didik
§
Guru menyampaikan pokok materi yang akan dipelajari beserta tujuan
yang akan dicapai oleh peserta didik
MOTIVASI
§
Memberikan
motivasi kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran melalui tanya jawab
seputar materi pasar.
|
15
menit
|
INTI
|
MENGAMATI
§
Guru membagi siswa dalam kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 4
orang.
§
Siswa diberikan tugas dengan pertanyaan pengertian pasar, fungsi
pasar, dan pembagian pasar output yaitu berdasarkan waktu, jenis barang yang
diperjualbelikan, dan luas wilayah distribusi.
§
Guru menyajikan tayangan video perihal pasar
§
Siswa diarahkan untuk mengamati tayangan tersebut bersama kelompok
MENANYA
§
Siswa dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan berkaitan dengan tayangan
tersebut untuk mendapatkan informasi tambahan berkaitan dengan materi.
MENGEKSPLORASI
§ Setelah tanya jawab antara siswa dan guru, siswa
diarahkan kembali bersama kelompok
untuk melakukan diskusi dengan teknis pelaksanaan diskusi menggunakan
model two stay dan two stray.
§ Dalam pelaksanaannya siswa bersama anggota kelompok membahas
tugas
§ Setelah selesai, ketua menugaskan dua orang untuk tinggal dalam kelompok dan
bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka, sedangkan dua
orangnya lagi menjadi tamu di kelompok lain untuk mendapatkan informasi
materi tambahan.
MENGASOSIASI
§
Setelah selesai melakukan kunjungan siswa yang menjadi tamu mohon diri
dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari
kelompok lain
§
Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Siswa yang ditunjuk sebagai juru bicara mempresentasikan hasil
pekerjaan kelompok.
§ Siswa dari kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Guru membimbing siswa bersama – sama membuat
kesimpulan materi pembelajaran
REFLEKSI
§
Peserta didik bersama
guru merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal
yang disukai dan tidak disukai. Atau hal-hal yang
dirasa kurang sesuai.
§
Post tes berupa tes tertulis.
§
Guru menyampaikan
hasil pembelajaran hari ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang
kinerjanya baik, dll.
§
Guru menginformasikan materi pada
pertemuan berikutnya yaitu pasar persaingan sempurna.
§
Doa penutup dan salam
|
30
menit
|
A.
TEKNIK
DAN INSTRUMEN PENILAIAN
- Penilaian Sikap
a.
Observasi Langsung/Tidak Langsung
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Aspek
pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tertulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebedaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesrta didik. Berilah tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan leh peserta
didik dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3= sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakkan dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan.
b.
Penilaian Diri
Nama
peserta didik :
Kelas :
Materi
pokok :
Tanggal :
Petunjuk
·
Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti.
·
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari.
No
|
Peryataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat
mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan
menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada yang bewenang
jika menemuakan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang
saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa
melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL
= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan.
SR = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
KD=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
TP
= tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan.
c.
Penilaian Teman Sejawat
Petunjuk:
Berilah
tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan.
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal
pengamatan :
Materi
pokok :
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
- Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Instrumen : Lampiran 2
Pertemuan
1
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Menjelaskan
pengertian pasar
Menuliskan
syarat terjadinya pasar
Menjelaskan fungsi
pasar
Mengidentifikasi
pembagian pasar menurut waktu, jenis barang yang diperjualbelikan, dan luas
kegiatan distribusi
|
· jelaskan pengertian pasar dalam ilmu ekonomi!
· Tulislah syarat – syarat terjadinya pasar!
· jelaskan fungsi sebagai fungsi distribusi, promosi,
dan pembentuk harga!
· jelaskan pembagian pasar menurut waktu, jenis barang
yang diperjualbelikan dan luas kegiatan distribusi!
|
Dalam
ilmu ekonomi, pengertian pasar lebih dititikberatkan pada kegiatan jual beli.
Pasar dapat terbentuk dimana saja dan kapan saja.
Syarat
– syarat terjadinya pasar :
ü Adanya penjual
dan pembeli
ü Adanya pembeli
ü Adanya barang
atau jasa yang diperjualbelikan
ü Terjadinya
kesepakatan antara penjual dan pembeli
a. Fungsi
distribusi
Dalam kegiatan distribusi, pasar
berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melakukan
transaksi. Dalam fungsi ditribusi, pasar berperan memperlancar penyaluran
barang dari produsen ke konsumen.
b.Fungsi pembentukan harga
Pasar berfungsi sebagai pembentuk
harga pasar, yaitu kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
c. Fungsi promosi
Pasar merupakan saranapaling tepat
untuk ajang promosi. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan cara memasang
spanduk, membagikan brosur, dan membagikan sampel.
Menurut waktu
: pasar harian, mingguan, bulanan, dan tahunan
Menurut jenis
barang yang diperjualbelikan : pasar barang konsumsi dan pasar faktor produksi
Menurut
wilayah kegiatan distribusi : pasar setempat, daerah, nasional, dan
internasional
|
20
20
35
25
|
Total skor
|
100
|
- Penilaian Kertampilan
a)
Projek
Kelompok :
Kelas :
Tema :
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan:
|
|
|
1.
Kesesuaian tema
|
1.
Apabila projek kurang sesuai tema
|
|
2.
Pembagian tugas
|
2.
Apabila projek cukup sesuai tema
|
|
|
3.
Apabila projek sudah sesuai tema
|
B
|
Pelaksanaan:
|
|
|
1.
Kerjasama
|
Masing-masing
sub aspek
|
|
2.
Kesesuaian dengan rencana
|
menggunakan
skala 1-3
|
|
3.
Partisipasi anggota
|
|
C
|
Pelaporan:
|
|
|
1.
Estetika
|
Masing-masing
sub aspek
|
|
2.
Bahasa
|
menggunakan
skala 1-3
|
|
3.
Isi laporan
|
|
|
Rata-Rata Skor
|
|
b)
Portofolio
Kelas
: XI
Nama :
Topik
: Ketenagakerjaan
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan
gagasan
|
|
|
2
|
Pemahaman
pengetahuan pendukung gagasan.
|
|
|
3
|
Argumentasi
gagasan.
|
|
|
4
|
Bahasa
dan penulisan
|
|
|
5
|
Estetika
(penjilidan, kerapian, dll)
|
|
|
5=
sangat baik
4=
baik
3=
cukup
2=
kurang
- Pedoman penskoran
1)
Penilaian Sikap
Petunjuk
Pengskoran:
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
x 4 = skor akhir
Peserta
didik memperoleh nilai:
Sangat
baik : apabila memperoleh skor:
3.33 < skor ≤ 4.00
Baik : apabila memperoleh skor:
2.33 < skor ≤ 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor:
1.33 < skor ≤ 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1.33
2)
Penilaian Pengetahuan
3)
Penilaian Ketrampilan.
Pengolahan
nilai dapat menggunakan bobot yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian.
Rumus pengolahan nilai:
Kupang,...................2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Mapel Ekonomi
( ) ( )
NIP. NIP.