RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 06)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : X/2
Mata
Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran
Alokasi
Waktu : 12 X 45 Menit (4 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
Menganalisis sistem pembayaran dan alat pembayaran
Indikator
·
Menjelaskan pengertian sistem pembayaran
·
Menjelaskan
peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran
·
Mengidentifikasi
penyelenggaraan sistem pembayaran Nontunai oleh Bank Indonesia
·
Mendeskripsikan
sejarah uang
·
Menjelaskan
pengertian uang
·
Menjelaskan
fungsi, jenis dan syarat uang
·
Menjelaskan
pengelolaan uang Rupiah oleh Bank Indonesia.
·
Menjelaskan
unsur pengaman uang rupiah
·
Mengidentifikasi
jenis-jenis alat pembayaran nontunai.
4.6 Menyimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran
Indikator
·
Menyusun skenario sistem
pembayaran dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit dan tunai
·
Menyimulasikan sistem pembayaran dengan kartu debit,
kartu kredit dan tunai.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Diharapkan siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan pengertian sistem pembayaran
·
Menjelaskan peran Bank Indonesia dalam sistem
pembayaran
·
Mengidentifikasi penyelenggaraan
sistem pembayaran Nontunai oleh Bank Indonesia.
Pertemuan II
·
Mendeskripsikan sejarah uang
·
Menjelaskan pengertian uang
·
Mengidentifikasi fungsi,
jenis dan syarat uang.
Pertemuan
III
·
Menjelaskan pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia
·
Menjelaskan unsur pengaman uang rupiah
Pertemuan IV
·
Mengidentifikasi jenis-jenis alat pembayaran Nontunai.
·
Menyusun
skenario
sistem pembayaran dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit dan tunai .
· Menyimulasikan
sistem
pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit dan tunai.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a.
Pengertian sistem
pembayaran
b.
Peranan Bank
Indonesia dalam sistem pembayaran
c.
Penyelenggaraan
sistem pembayaran Nontunai oleh Bank Indonesia
Pertemuan II
a.
Sejarah uang
b.
Pengertian
uang
c.
Fungsi uang
d.
Jenis uang
e.
Syarat uang
Pertemuan
III
a.
Pengelolaan
uang rupiah oleh Bank Indonesia
b.
Unsur
pengaman uang rupiah
Pertemuan ke
IV
a. Jenis-jenis alat pembayaran nontunai
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Pendekatan Saintifik
Model : Kooperative Jigsaw, Example non
Example, Role Playing.
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan
Penugasan.
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
Media : Chart
dalam bentuk power point, Video, Media
cetak/elektronik.
Alat : LCD,
Laptop, spidol, white board.
Sumber
pembelajaran :
a.
Buku teks Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X, Kinanti Geminastiti-Nella Nurlita, Yrama Widya, 2013.
b.
Buku teks
Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X, Alam S, Esis, 2013.
c. Artikel dari
internet tentang sistem pembayaran dan alat
pembayaran
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru
membaca doa menurut kepercayaan masing-masing dan di pimpin oleh ketua kelas)
“Selamat pagi anak-anak! sehat semuanya? Sebelum
melanjutkan pembelajaran hari ini alangkah baiknya
kita berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan masing-masing. Kepada ketua
kelas silahkan pimpin doa.”
§ Guru mengabsensi peserta didik
§ Peserta didik diberikan informasi tentang tujuan
pembelajaran yang akan dicapai serta dikondisikan untuk mempersiapkan bahan
dan alat serta materi yang akan berlangsung :
-
Mendefenisikan
sistem pembayaran
-
Menjelaskan peranan Bank Indonesia dalam sistem pembayaran
-
Mengidentifikasi penyelenggaraan sistem pembayaran Nontunai oleh Bank
Indonesia
§ Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik tentang pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Memberikan motivasi kepada
siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.
§ Peserta didik diinformasikan tentang manfaat
pembelajaran.
§ Guru mengemukakan pertanyaan yang berkaitan dengan sistem pembayaran, peran Bank
Indonesia dalam sistem pembayaran dan sistem pembayaran nontunai serta
menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Jigsaw dan Example Non
Example.
|
15
menit
|
INTI
|
Guru membimbing
siswa secara berkelompok dan menyampaikan informasi tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa dalam kelompok.
Kelompok
1 mengumpulkan data tentang pengertian sistem
pembayaran.
Kelompok
2, mengumpulkan data tentang peranan Bank Indonesia dalam sistem pembayaran.
Kelompok 3, mengumpulkan data tentang sistem
pembayaran nontunai.
MENGAMATI
§ Guru menunjukkan chart tentang sistem pembayaran dan siswa secara mandiri
mengamati chart tersebut.
§ Siswa
diminta membaca secara mandiri
materi yang berkaitan dengan sistem
pembayaran, peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran dan penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai
oleh Bank Indonesia dalam 5-7 menit.
MENANYA
§ Siswa
diminta untuk bertanya seputar materi yang akan dibahas hari ini dengan
gambaran dari chart
yang telah mereka lihat.
MENGEKSPLORASI
§ Siswa
diberi kesempatan mengumpulkan data/keterangan yang relevan tentang sistem pembayaran, peranan Bank Indonesia dalam sistem pembayaran dan
penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia berdasarkan
kelompok yang telah dibagi.
MENGASOSIASI
§ Siswa mendiskusikan temuannya terkait sistem pembayaran, peran Bank
Indonesia dalam sistem pembayaran dan penyelenggaraan sistem pembayaran
Nontunai oleh Bank Indonesia.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Masing-masing
perwakilan kelompok menyajikan
hasil kerja/diskusi secara bergantian. Siswa boleh menggunakan chart atau laptop untuk
mempresentasikannya.
§ Kelompok
lain menanggapi jawaban/hasil kerja
yang disajikan.
§ Guru memastikan kondisi kelas tetap kondusif.
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Beberapa perwakilan kelompok diminta
membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dibahas.
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
yaitu berhubungan dengan Alat pembayaran tunai (Uang).
§ Setelah pembelajaran selesai
guru mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang
telah selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
30
menit
|
Pertemuan II
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru
membaca doa menurut kepercayaan masing-masing dan di pimpin oleh ketua kelas)
“Selamat pagi anak-anak! sehat semuanya? Sebelum
melanjutkan pembelajaran hari ini alangkah baiknya
kita berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan masing-masing. kepada wakil
ketua kelas silahkan pimpin doa.”
§ Guru mengabsensi peserta didik
§ Peserta didik diberikan informasi tentang tujuan
pembelajaran yang akan dicapai serta dikondisikan untuk mempersiapkan bahan
dan alat yang akan berlangsung:
-
Mendeskripsikan
sejarah uang
-
Menjelaskan pengertian uang, fungsi uang, jenis uang dan syarat uang.
§ Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik tentang pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Memberikan motivasi kepada
siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.
§ Peserta didik diinformasikan tentang manfaat
pembelajaran.
§ Guru mengemukakan pertanyaan yang berkaitan dengan Alat pembayaran tunai (uang)
dan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu kegiatan
pembelajaran dengan Model Cooperative Jigsaw.
|
15
menit
|
INTI
|
Guru
membimbing siswa secara berkelompok dan menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan siswa dalam kelompok. Guru membagi siswa ke
dalam 4 kelompok (4
atau 5
siswa per kelompok tergantung jumlah siswa).
MENGAMATI
§ Guru menayangkan video tentang sejarah uang dan siswa secara mandiri
mengamati video tersebut.
§ Secara
mandiri siswa membaca dari buku dan sumber – sumber belajar lain yang relevan
dan berkaitan dengan sejarah uang, pengertian uang, fungsi uang,
jenis-jenis uang dan syarat uang dengan penuh kedisiplinan..
MENANYA
§ Siswa
diminta untuk bertanya seputar materi yang akan dibahas hari ini dengan
gambaran dari video yang telah mereka saksikan.
MENGEKSPLORASI
§ Siswa
diberi kesempatan mengumpulkan data/keterangan yang relevan tentang sejarah uang, pengertian uang, fungsi uang, jenis uang dan syarat uang
secara mandiri dan kreatif sesuai dengan kelompok yang telah dibagi.
MENGASOSIASI
§ Siswa mendiskusikan temuannya terkait dengan sejarah uang, pengertian uang, fungsi uang,
jenis – jenis uang dan syarat uang.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Masing-masing
perwakilan kelompok menyajikan
hasil kerja/diskusi secara bergantian. Siswa boleh menggunakan chart atau laptop untuk
mempresentasikannya.
§ Kelompok
lain menanggapi jawaban/hasil kerja
yang disajikan.
§ Guru memastikan kondisi kelas tetap kondusif
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Beberapa perwakilan kelompok diminta
membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dibahas.
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau hal-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
yaitu berhubungan dengan Pengelolaan Uang Rupiah oleh Bank Indonesia dan Unsur Pengaman Uang
Rupiah.
§ Setelah pembelajaran selesai
guru mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang
telah selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
30
menit
|
Pertemuan III
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru
membaca doa menurut kepercayaan masing-masing dan di pimpin oleh salah satu
siswa)
“Selamat pagi anak-anak!sehat semuanya? Sebelum
melanjutkan pembelajran hari ini alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu
menurut kepercayaan masing-masing. kepada salah satu siswa silahkan pimpin
doa.”
§ Guru mengabsensi peserta didik
§ Peserta didik diberikan informasi tentang tujuan
pembelajaran yang akan dicapai serta dikondisikan untuk mempersiapkan bahan
dan alat yang akan berangsung:
-
Menjelaskan Unsur Pengaman Uang Rupiah
-
Menjelaskan Pengelolaan Uang Rupiah oleh Bank Indonesia.
§ Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik tentang pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Peserta didik diinformasikan tentang manfaat
pembelajaran.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam
proses pembelajaran melalui pertanyaan yang berkaitan dengan unsur pengaman uang rupiah
dan pengelolaan uang Rupiah oleh Bank Indonesia dan menyampaikan kegiatan
yang akan dilakukan peserta didik yaitu kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model Cooperative Jigsaw dan Example Non Example. .
|
15
menit
|
INTI
|
Guru
membimbing siswa secara berkelompok dan menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan siswa dalam kelompok. Guru membagi siswa ke
dalam 4 kelompok (3
atau 4
siswa per kelompok tergantung jumlah siswa).
Kelompok 1, mengumpulkan data tentang pengelolaan
uang rupiah oleh Bank Indonesia.
Kelompok 2, mengumpulkan data tentang unsur-unsur
dalam uang kertas.
Kelompok 3, mengumpulkan data tentang unsur-unsur
dalam uang logam.
Kelompok 4, mengumpulkan data tentang unsur pengaman
uang rupiah.
MENGAMATI
§ Siswa
diminta untuk memperhatikan chart tentang
contoh fisik uang kertas dan secara mandiri siswa diharapkan dapat mengetahui
unsur pengaman yang terdapat dalam uang kertas tersebut .
§ Siswa
diminta membaca mandiri materi yang berkaitan dengan unsur pengaman uang rupiah dan pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia dalam 5-7
menit.
MENANYA
§ Siswa
diminta untuk bertanya seputar materi yang akan dibahas hari ini dengan
gambaran dari Chart
tentang contoh uang kertas yang telah mereka lihat.
MENGEKSPLORASI
§ Siswa membaca buku dan sumber-sumber lain misalnya
artikel dari internet yang relevan untuk mengumpulkan data tentang unsur
pengaman uang rupiah dan pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia.
MENGASOSIASI
§ Siswa mendiskusikan temuannya terkait unsur pengaman
uang rupiah dan pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Masing-masing perwakilan kelompok menyajikan hasil
kerja/diskusi secara bergantian. Siswa boleh
menggunakan chart atau laptop untuk mempresentasikannya.
§ Kelompok lain menanggapi jawaban/hasil kerja yang
disajikan.
§ Guru memastikan kondisi kelas tetap kondusif.
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Beberapa perwakilan kelompok diminta
membuat kesimpulan mengenai pembelajara yang telah dibahas.
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
yaitu berhubungan dengan jenis-jenis alat pembayaran Nontunai dan simulasi sistem pembayaran
kartu debit, kartu kredit dan tunai.
§ Setelah pembelajaran selesai
guru mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang
telah selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
30
menit
|
Pertemuan IV
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru
membaca doa menurut kepercayaan masing-masing dan di pimpin oleh salah satu
siswa)
“Selamat pagi anak-anak!sehat semuanya? Sebelum
melanjutkan pembelajaran hari ini alangkah baiknya kita berdoa terlebih
dahulu menurut kepercayaan masing-masing. kepada salah satu siswa silahkan
pimpin doa.”
§ Guru mengabsensi peserta didik
§ Peserta didik diberikan informasi tentang tujuan
pembelajaran yang akan dicapai serta dikondisikan untuk mempersiapkan bahan
dan alat yang akan berangsung:
-
Mendeskripsikan jenis-jenis alat pembayaran Nontunai.
-
Menyimulasikan sistem pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit dan
tunai.
§ Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan
pengalaman peserta didik tentang pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Peserta didik diinformasikan tentang manfaat
pembelajaran.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam
proses pembelajaran melalui pertanyaan yang berkaitan dengan jenis-jenis alat pembayaran
nontunai dan simulasi sistem pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit dan
tunai dan menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu
kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing.
|
15
menit
|
INTI
|
Guru membimbing siswa untuk memulai kegiatan pembelajaran dan membagi
siswa dalam 3 kelompok.
MENGAMATI
§ Siswa
diminta untuk membaca dan memahami
materi tentang jenis-jenis alat pembayaran
Nontunai.
§ Siswa diminta untuk mengamati siswa lain yang sedang melakonkan skenario
yang sudah dipersiapkan tentang sistem pembayaran dengan kartu debit, kartu
kredit dan tunai.
MENANYA
§ Siswa diminta untuk bertanya seputar skenario yang telah ditampilkan oleh
siswa lain.
MENGEKSPLORASI
§ Setelah setiap kelompok selesai menampilkan skenario, masing-masing siswa
mengumpulkan data tentang sistem pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit
dan tunai.
MENGASOSIASI
§ Siswa diberikan lembar kerja untuk membahas
penampilan masing-masing kelompok.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Tiap kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya berdasarkan skenario yang telah
ditampilkan oleh tiap kelompok.
§ Guru memberikan kesimpulan secara umum.
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Melakukan refleksi atau rangkuman dengan
melibatkan peserta didik.
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Setelah pembelajaran selesai
guru mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang
telah selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
30
menit
|
A.
TEKNIK
DAN INSTRUMEN PENILAIAN
- Penilaian Sikap
a.
Observasi Langsung/Tidak
Langsung
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Aspek pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tertulis
terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebedaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesrta didik. Berilah tanda
cek (V) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik
dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan
dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan.
b.
Penilaian Diri
Nama
peserta didik :
Kelas :
Materi
pokok :
Tanggal :
Petunjuk
·
Bacalah pernyataan yang
ada di dalam kolom dengan teliti.
·
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi
dan keadaan kalian sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak
menyontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin
karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada
yang bewenang jika menemukan barang.
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani
mengakui kesalahan yang saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan
soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL
= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan.
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
KD=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan.
TP
= tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan.
c.
Penilaian Teman Sejawat
Petunjuk:
Berilah
tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan.
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal
pengamatan :
Materi
pokok :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
1
|
Masuk kelas tepat
waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai seragam
sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas
yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
- Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Instrumen : Lampiran 2
Pertemuan
I
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Menjelaskan pengertian sistem
pembayaran
|
Jelaskan pengertian sistem pembayaran!
|
·
Sistem
pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan
mekanisme yang dipakai untuk melaksanakan pemindahan dana guna memenuhi suatu
kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.
|
Menjelaskan peran Bank
Indonesia dalam sistem pembayaran
|
Sebutkan peran Bank Indonesia (Bank Sentral) dalam sistem pembayaran!
|
a. Peran operasional (operational role).
b. Peran pengawasan (oversight role).
c. Peran katalisator atau fasilitator (catalyst or
facilitator role)
|
Mengidentifikasi
penyelenggaraan sistem pembayaran Nontunai oleh Bank Indonesia
|
Transaksi
pembayaran nontunai dengan nilai yang besar diselenggarakan oleh Bank
Indonesia melalui sistem BI-RTGS (Real Time Gross Settlement). Jelaskan!
|
Sistem
Bank Indonesia_Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) adalah system transfer
dana elektronik dari satu Bank kepada Bank lainnya, dalam mata uang rupiah,
yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika per transaksi secara
individual.
|
Pertemuan
2
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Mendeskripsikan
sejarah uang.
|
1.
Sebutkan
tahap-tahap perkembangan uang!
|
Tahap-tahap perkembangan uang :
a.
Masa sebelum barter
b.
Masa barter
c.
Masa uang barang
d.
Masa uang
|
Menjelaskan pengertian uang.
|
2.
Jelaskan
pengertian uang!
|
Uang adalah suatu alat untuk melakukan
tukar-menukar dan juga untuk melaksanakan kegiatan ekonomi lainnya.
|
Mengidentifikasi fungsi,
jenis dan syarat uang
|
3. Sebutkan fungsi uang!
|
Fungsi uang :
a. Alat tukar
b. Alat satuan hitung (pengukur nilai)
c. Standar atau ukuran pembayaran yang ditunda
(standard of deferred payment)
d. Alat penyimpan kekayaan
e. Alat pengalih nilai/kekayaan
|
4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis uang menurut bahan
pembuatnya!
|
Jenis-jenis uang menurut bahan pembuatnya, antara
lain :
a. Uang logam, uang yang bahannya terbuat dari logam
berupa emas, perak, atau logam lainnya yang beredar sebagai alat pembayaran.
b. Uang kertas, uang yang bahannya terbuat dari kertas
serta penggunaannya diatur oleh undang-undang dan kebiasaan.
|
5. Agar dapat berfungsi dengan baik, uang harus
memenuhi beberapa syarat. Sebutkan!
|
Syarat-syarat uang :
a. Mudah dibawa (portability)
b. Tahan lama (durability)
c. Dapat dipecah menjadi unit yang lebih kecil
(divisibility)
d. Nilainya stabil (stability)
e. Diterima secara umum (acceptability)
f. Jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta
tidak mudah dipalsukan.
g. Syarat psikologis, bahwa uang harus bisa memuaskan
keinginan orang yang memilikinya.
|
Pertemuan III
Indikator
|
Butir soal
|
Jawaban
|
· Menjelaskan pengelolaan uang rupiah oleh
Bank Indonesia.
|
Jelaskan tahap-tahap pengelolaan
uang rupiah olah Bank Indonesia!
|
Tahap-tahap pengelolaan uang rupiah oleh Bank Indonesia
a.
Perencanaan
1)
Bank Indonesia melakukan
perencanaan dan penentuan jumlah uang rupaih yang dicetak dengan
memperhatikan antara lain asumsi tingkat inflasi, asumsi pertumbuhan ekonomi,
rencana macam dan pecahan uang Rupiah, serta perkiraan jumlah uang Rupiah
yang dimusnakan.
2)
Bank Indonesia menyediakan
jumlah uang Rupiah yang diedarkan.
b.
Pencetakan
1)
Bank Indonesia melakukan
pencetakan uang Rupiah di dalam negeri dengan menunjukkan Badan Usaha Milik
Negara sebagai pelaksana pencetakan uang Rupiah.
2)
Penunjukkan Badan Usaha Milik
Negara Sebagai pelaksana pencetakan uang Rupiah sebagaimana dimaksud pada
ayat (1) dilakukan sesuai dengan ketentuan ini.
3)
Dalam hal BadanUsaha Milik
Negara sebagaimana dimaksud pada ayat (2) menyatakan tidak sanggup
melaksanakan pencetakan uang Rupiah, maka Badan Usaha Milik Negara tersebut
dapat menunjukkan lembaga lain untuk bekerja sama dalam pelaksanaan
pencetakan uang rupiah dengan memenuhi persyaratan pencetakan uang rupaih
yang disepakati sebelumnya antara Badan Usaha Milik Negara dan Bank Indonesia.
4)
Penunjukkan lembaga lain
sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dilakukan oleh badan usaha milik negara
melalui proses yang transparan dan akuntabel serta menguntungkan negara, dan
harus memperoleh persetujuan Bank Indonesia.
5)
Dalam hal ini badan usaha milik
negara tidak dapat memenuhi persyaratan pencetakan uang Rupiah yang
disepakati sebelumnya sebagaimana dimaksud pada ayat (3), harus menjaga mutu,
keamanan, dan harga yang bersaing dalam melaksanakan pencetakan uang Rupiah
untuk Bank Indonesia.
c.
Pengeluaran
1)
Bank Indonesia
menetapkantanggal, bulan, dan tahun mulai berlakunya uang Rupiah yang
dikeluarkan sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
2)
Bank Indonesia mengeluarkan
uang Rupiah sebagaimana dimakud pada ayat (1) dengan perturan Bank Indonesia
yang ditempatkan dalam lemabaran Negara Republik Indonesia dan diumumkan
melalui media massa.
3)
Uang Rupiah yang dikeluarkan
oleh Bank Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibebaskan dari bea
materai.
d.
Pengedaran
1)
Bank Indonesia merupakan
satu-satunya lembaga yang berwenang
mengedarkan uang
Rupiah kepada masyarakat.
2)
Pengedaran uang Rupiah
sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Bank Indonesia sesuai
dengan kebutuhan jumlah uang beredar.
3)
Bank Indonesia menentukan
nomor seri uang Rupiah kertas dalam rangka pengedaran uang Rupiah
sebagaimana dimaksud pada ayat (1).
e.
Pencabutan dan penarikan
1)
Bank Indonesia menetapkan
uang Rupiah tidak sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia dengan cara mencabut dan menarik uang Rupiah dari
peredaran.
2)
Pencabutan dan penarikan uang Rupiah
sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh Bank Indonesia dengan
Peraturan Bank Indonesia yang ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik
Indonesia dan diumumkan melalui media massa.
3)
Bank Indonesia memberi
penggantian atas uang Rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran
sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebesar nilai nominal yang sama.
4)
Hak untuk memperoleh
penggantian atas uang Rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran
sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak berlaku setelah 10 (sepuluh) tahun
sejak tanggal pencabutan.
5)
Jangka waktu penggantian
sebagaimana dimaksud pada ayat (4), diatur sebagai berikut:
a)
5 (lima) tahun sejak tanggal
pencabutan, penukaran dilakukan di Bank Indonesia, bank yang beroperasi di
wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pihak lain yang ditunjuk oleh
Bank Indonesia; dan
b)
5 (lima) tahun sejak
berakhirnya jangka waktu penukaran sebagaimana dimaksud pada huruf a,
penukaran dilakukan di Bank Indonesia.
6)
Untuk uang Rupiah yang
dicabut dan ditarik dari peredaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1), yang
dalam kondisi lusuh, cacat atau rusak, besarnya penggantian adalah
sebagaimana dimaksud dalam Paragraf 18 dan Paragraf 19.
f.
Pemusnahan uang Rupiah
1)
Bank Indonesia melaksanakan
pemusnahan terhadap:
a)
Uang Rupiah Tidak Layak
Edar;
b)
Uang Rupiah yang masih layak
edar yang dengan pertimbangan tertentu tidak lagi mempunyai manfaat ekonomis
dan/atau kurang diminati oleh masyarakat; dan/atau
c)
Uang Rupiah yang sudah
berlaku.
2)
Jumlah dan nilai nominal uang
Rupiah yang dimusnahkan oleh Bank Indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat
(1) ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia secara periodik
setiap 1 (satu) tahun sekali.
|
Pertemuan
IV
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Mengidentifikasi jenis-jenis alat pembayaran Nontunai
|
1. Jelaskan perbedaan credit transfer dan debit transfer!
|
Pembayaran credit
transfer
|
2. Sebutkan jenis-jenis alat
pembayaran nontunai!
|
Jenis-jenis alat pembayaran nontunai,
antara lain :
a. Media pembayaran berbasis kertas.
b. Media pembayaran elektronik.
c. Pembayaran berbasis kartu.
|
3. Perhatikan alat pembayaran
nontunai berikut dan tulislah unsur-unsurnya!
|
Unsur-unsur alat pembayaran nontunai
(Kartu Kredit), antara lain :
·
Logo/Nama
Penerbit
·
Chip
yang bersifat multifunction dengan keamanan yang lebih terjamin
·
Nomor
kartu
·
Nama
pemegang kartu
·
Nama
jaringan kartu kredit
·
Masa
berlaku.
|
- Penilaian Kertampilan
a)
Projek
Kelompok :
Kelas :
Tema :
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan:
|
|
|
1.
Kesesuaian
tema
|
1.
Apabila
projek kurang sesuai tema
|
|
2.
Pembagian
tugas
|
2.
Apabila
projek cukup sesuai tema
|
|
|
3.
Apabila
projek sudah sesuai tema
|
B
|
Pelaksanaan:
|
|
|
1.
Kerjasama
|
Masing-masing sub aspek
|
|
2.
Kesesuaian
dengan rencana
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3.
Partisipasi
anggota
|
|
C
|
Pelaporan:
|
|
|
1.
Estetika
|
Masing-masing sub aspek
|
|
2.
Bahasa
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3.
Isi laporan
|
|
|
Rata-Rata Skor
|
|
b)
Portofolio
Kelas
: X
Nama :
Topik
: Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan
gagasan
|
|
|
2
|
Pemahaman
pengetahuan pendukung gagasan.
|
|
|
3
|
Argumentasi
gagasan.
|
|
|
4
|
Bahasa
dan penulisan
|
|
|
5
|
Estetika
(penjilidan, kerapian, dll)
|
|
|
5=
sangat baik
4=
baik
3=
cukup
2=
kurang
- Pedoman penskoran
1)
Penilaian Sikap
Petunjuk
Pengskoran:
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Peserta
didik memperoleh nilai:
Sangat
baik : apabila memperoleh skor:
3.33 < skor ≤ 4.00
Baik : apabila memperoleh skor:
2.33 < skor ≤ 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor:
1.33 < skor ≤ 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor: skor
≤ 1.33
2)
Penilaian Pengetahuan
a.
Pertemuan 1
No.Soal
|
Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Jelaskan pengertian sistem pembayaran!
|
20
|
2
|
Sebutkan peran Bank Indonesia (Bank Sentral) dalam sistem
pembayaran!
|
30
|
3
|
Transaksi pembayaran nontunai dengan nilai yang besar
diselenggarakan oleh Bank Indonesia melalui sistem BI-RTGS (Real Time Gross
Settlement). Jelaskan!
|
50
|
Total
|
100
|
b.
Pertemuan II
No.Soal
|
Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Sebutkan tahap-tahap
perkembangan uang!
|
20
|
2
|
Jelaskan
pengertian uang!
|
20
|
3
|
Sebutkan fungsi uang!
|
10
|
4
|
Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis uang menurut bahan
pembuatnya!
|
40
|
5
|
Agar dapat berfungsi dengan baik, uang harus
memenuhi beberapa syarat. Sebutkan!
|
10
|
Total
|
100
|
c.
Pertemuan III
No.Soal
|
Butir Soal
|
Skor
|
1
|
|
30
|
2
|
|
50
|
Total
|
80
|
d.
Pertemuan IV
No. Soal
|
Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Jelaskan
perbedaan credit transfer dan debit transfer!
|
20
|
2
|
Sebutkan
jenis-jenis alat pembayaran nontunai!
|
30
|
3
|
Perhatikan alat pembayaran
nontunai berikut dan tulislah unsur-unsurnya!
|
50
|
Total
|
100
|
3)
Penilaian Ketrampilan
Pengolahan
nilai dapat menggunakan bobot yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian.
Rumus pengolahan nilai:
Kupang,...................2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Mapel Ekonomi
( ) ( )
NIP. NIP.