RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 03)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Pelaku Kegiatan Ekonomi
Alokasi Waktu : 9 X 45 Menit (3 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI
1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3 :
|
Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.3 Menganalisis peran pelaku kegiatan ekonomi
Indikator:
·
Mendeskripsikan peran rumah tangga keluarga sebagai
pelaku kegiatan ekonomi
·
Mendeskripsikan peran rumah tangga produsen sebagai pelaku kegiatan ekonomi
·
Mendeskripsikan peran pemerintah sebagai pelaku
kegiatan ekonomi
·
Mendeskripsikan peran masyarakat luar negeri sebagai pelaku kegiatan ekonomi
·
Membedakan peran konsumen da produsen
·
Mendeskripsikan interaksi antarpelaku ekonomi
·
Mendeskripsikan perilaku konsumen
4.3 Mendeskripsikan perilaku produsenMenyajikan konsep ilmu ekonomi
Indikator:
·
Mengamalkan sikap
jujur dan santun
dalam perilaku produsen dan konsumen Menerapkan perilaku tanggung jawab dan toleran
dalam mengamalkan ilmu ekonomi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
I
Melalui kegiatan diskusi
kelompok dan pembelajaran kelompok, dalam pembelajaran ini diharapkan siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat :
a. Mendeskripsikan
peran rumah tangga keluarga sebagai pelaku kegiatan ekonomi
b. Mendeskripsikan
peran rumah tangga produsen sebagai pelaku kegiatan ekonomi
c. Mendeskripsikan peran pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi
d. Mendeskripsikan peran masyarakat luar negeri sebagai
pelaku kegiatan ekonomi
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan I :
a.
Rumah tangga keluarga
b.
Rumah tangga produsen
c.
Pemerintah
d.
Masyarakat luar negeri
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Pendekatan Saintifik
2.
Model : Kooperatif Jig
saw, role playing dan think pair and share (pasangan berpikir dan berbagi)
3.
Metode : Ceramah, Diskusi kelompok dan
penugasan
F. MEDIA,
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : Video, chart, internets
2.
Alat/bahan : LCD, Papan tulis, Spidol,
Peta konsep, Chart dalam slide Ppt, laptop, lembar keja (siswa),
lembar penilaian.
3.
Sumber belajar : Buku paket
ekonomi Kemendikbud Kurikulum 2013, Media cetak/elektronik, Narasumber
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan
I :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Apersepsi
·
Memberikan salam
·
Peserta didik mempersiapkan diri
untuk melakukan pembelajaran yang diawali dengan doa bersama menurut
kepercayaan masing-masing.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
·
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi
Motivasi
·
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari untuk
meningkatkan motivasi siswa
·
Guru menjelaskan tentang kegiatan
yang akan dilakukan
peserta didik (pembagian kelompok) dengan menggunakan model pembelajaran jig saw.
|
15 Menit
|
INTI
|
Membimbing siswa secara berkelompok untuk :
Mengamati (Observing)
·
Guru menyampaikan pembagian materi yang akan dikerjakan oleh siswa
·
Siswa mengamati tayangan slide atau gambar yang ditampilkan tentang materi
Pelaku ekonomi Rumah tangga keluarga,
Rumah tangga produsen, Pemerintah , Masyarakat luar negeri, kemudian siswa juga bisa mengamati/
mencari informasi melalui membaca buku referensi, internet, dan sumber lain
yang bekaitan dengan materi produksi
dan perilaku produsen
Menanya(Questioning)
·
Siswa mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan
materi Pelaku ekonomi Rumah tangga keluarga, Rumah tangga produsen, Pemerintah , Masyarakat
luar negeri dengan menanya kepada guru lain atau anggota
kelompok yang lain.
·
Anggota kelompok dari setiap
kelompok mencari informasi/bertanya pada kelompok ahli.
·
Siswa mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi
dari buku-buku referensi, browsing internet, nara sumber ataupun sumber lain.
Mengumpulkan
data (Experimen)
·
Mengumpulkan data/informasi tentang Pelaku
ekonomi Rumah tangga keluarga, Rumah
tangga produsen, Pemerintah , Masyarakat luar negeri yang didapat melalui kegiatan menanya/pencarian
informasi
Mengasosiasi(Associating)
·
Menyampaikan informasi/data yang dikumpulkan kepada anggota kelompok asal,
dan sama-sama menganalisis dan membuat kesimpulan tentang Pelaku
ekonomi Rumah tangga keluarga, Rumah
tangga produsen, Pemerintah , Masyarakat luar negeri
Mengkomunikasikan(Communicating)
·
Tiap tim kelompok ahli menyampaikan hasil dan simpulan tentang Pelaku
ekonomi Rumah tangga keluarga, Rumah
tangga produsen, Pemerintah , Masyarakat luar negeri secara lisan (guru melakukan penilaian)
·
Menulis hasil diskusi dalam bentuk laporan dan dikumpulkan
|
90 Menit
|
PENUTUP
|
Kesimpulan
· Guru bersama
siswa membuat kesimpulan tentang Pelaku ekonomi Rumah tangga keluarga, Rumah tangga produsen, Pemerintah , Masyarakat luar negeri
· Guru melakukan pos test (terlampir)
· Guru memberikan tugas/PR
Refleksi
· Mendorong siswa untuk menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai
yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini
· Guru memberikan pesan untuk tetap
belajar dan menginformasikan tentang materi pertemuan berikut.
· Setelah pembelajaran selesai guru mengarahkan siswa
untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah selesai dengan
berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30 Menit
|
A.
Penilaian
1. Jenis/teknik
penilaian
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Pengamatan sikap
|
Lembar pengamatan sikap
spiritual dan sosial
|
Pengetahuan
|
Kuis, tes uraian dan pilihan
ganda
|
Keterampilan
|
Rubrik pengamatan presentasi
dan diskusi
|
2. Bentuk instrumen
dan unstrumen
a. Pengamatan sikap spiritual dan social
Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk
:
Lembaran ini di
sisi oleh guru untuk menilai sikap spritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spirritual yang di tampilkan oleh peserta
didik, dngan kriteria sebagai berikut :4= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, 3= selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan, 2=
kadang-kadang, apabila melakukan dan sering tidak melakukan, 1= tidak,
apabila tidak pernah melakukan.
Nama
:
Kelas
:
Tanggal
pengamatan :
No.
|
Aspek pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
2.
|
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan sesuai agama masing-masing
|
|
|
|
|
|
3.
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
4.
|
Mengucapkan kagungan Tuhan
apabila melihat kebesarn Tuhan sesuai agama masing-masing
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menambah rasa keimanan akan
keberadan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
penyekoran :
Peserta
didik memperoleh nilai :
Baik
sekali : Apabila memperoleh skor 16-20
Baik
: Apabila memperoleh skor
11-15
Cukup
: Apabila memperoleh sko 6-10
Kurang
: Apabila memperoleh skor 1-5
Lembar
Pengamatan Sikap (sosial)
Mata pelajaran :
Ekonomi
Kelas/semesster :
X/1
Tahun pelajaran :
2014/2015
Materi pokok :
Pelaku kegiatan ekonomi
Waktu pengamatan: Proses pembelajaran
Bubuhkan
tanda cek (v) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama siswa
|
Sikap
|
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
k
|
b
|
sb
|
k
|
b
|
sb
|
k
|
b
|
Sb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
K : Kurang
Baik
B : Baik
SB : Sangat Baik
Indikator Sikap Aktif dalam kegiatan
pembelajaran
1. Kurang baik, jika sama sekali tidak menunjukkan tidak
ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran tetapi belum konsisten
3. Sangat baik, jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam
menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator Sikap Bekerjasama dalam
Kegiatan Kelompok
1. Kurang baik, jika sama sekali tidak berusaha untuk
bekerja sama dalam kegiatan kelompok
2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten
3. Sangat Baik, jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator Sikap Toleran Terhadap
Proses Pemecahan Masalah yang Berbeda dan Kreatif
1. Kurang baik, jika sama sekali tidak menunjukkan tidak
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih
belum konsisten
3. Sangat Baik, jika menunjukkan adanya usaha untuk bersikap
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus
menerus dan konsisten.
b. Pengetahuan
Soal uraian
Pertemuan I
1. Jelaskan
peran rumah tangga konsumen dalam
kegiatan ekonomi !
2. Jelaskan
peran rumah tangga perusahaan (produsen) dalam kegiatan ekonomi !
3. Jelaskan peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi !
4. Jelaskan
peran masyarakat luar negeri dalam
kegiatan ekonomi !
5. Sebutkan
keuntungan yang diperoleh melalui kerja sama dengan masyarakat luar negeri !
Kunci jawaban
Pertemuan
I
1. Peran
rumah tangga konsumen dalam kegiatan ekonomi :
·
Sebagai
konsumen terhadap barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan hidup.
·
Sebagai
penyedia faktor-faktor produksi seperti tenaga kerja, tanah, bahan baku, modal
dan pengusaha (kewirausahaan). Sebagai penyedia bahan baku, misalnya rumah
tangga mempunyai ladang yang ditumbuhi kayu mahoni, kemudian kayunya dijual
kepada perusahaan mebel agar diolah menjadi perabot rumah tangga.
2. Peran rumah tangga perusahaan (produsen) dalam kegiatan ekonomi :
·
Sebagai
produsen, dengan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rumah tangga
keluarga, pemerintah, bahkan masyarakat luar negeri. Oleh sebab itu, setiap
perusahaan harus memerhatikan kualitas dan kuantitas produksinya sesuai dengan
kebutuhan konsumen.
·
Sebagai
distributor, sebagai mata rantai penyaluran barang dalam rangka melayani
konsumen agar barang yang dibutuhkan sampai pada konsumen tepat waktu, tepat tempat, tepat
sasaran, tepat kuantitas, dan tepat kualitas sehingga barang yang dibutuhkan
masyarakat dengan mudah dapat diperoleh.
·
Sebagai
agen pembangunan, kegiatan perusahaan sebagai agen pembangunan ditujukan untuk meningkatkan
produksi melalui penelitian dan
pengembangan.
3. Peran
pemerintah dalam kegiatan ekonomi :
·
Sebagai Produsen
Pemerintah
sebagai produsen, memproduksi barang dan jasa untuk kepentingan masyarakat umum
dengan cara menguasai cabang-cabang produksi yang penting dan menguasai hajat
hidup orang banyak melalui badan-badan usaha milik negara. Contoh produksi pesawat terbang yang
dilakukan PT Dirgantara Indonesia, produksi pupuk Petrokimia di Gresik,
industri semen di Cibinong, Bogor, dan Gresik.
· Sebagai
Konsumen
Pemerintah
dalam menjalankan kegiatan produksinya membutuhkan barang dan jasa, tenaga
kerja, peralatan untuk keperluan pendidikan, kesehatan, administrasi kantor
pemerintah, senjata untuk keperluan pertahanan dan keamanan, dan sebagainya.
· Sebagai
Pengatur dan Pengendali
Pemerintah
berperan sebagai pengatur dan pengendali kegiatan perekonomian Negara dengan
mengeluarkan kebijakan-kebijakan. Kebijakan-kebijakan itu misalnya
menurunkan tingkat pengangguran dan
tingkat inflasi, menciptakan keseimbangan neraca pembayaran, dan sebagainya.
4. Peran
masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi :
·
Pengekspor Barang dan Jasa
Bila
kita membutuhkan barang dan jasa dari masyarakat negara lain maka negara lain
akan mengekspor barang dan jasa yang kita butuhkan.
·
Pengimpor Barang dan Jasa
Bila masyarakat luar
negeri membutuhkan barang dan jasa dari Negara kita maka mereka akan mengimpor
barang dan jasa yang mereka butuhkan. Pada umumnya masyarakat luar negeri
mengimpor barang kerajinan dari Indonesia, seperti ukiran Jepara, kerajinan
rotan, pakaian, alas kaki, peralatan elektronik, kertas, minyak sawit, dan
lain-lain
·
Pengekspor Faktor-Faktor Produksi
Bila negara kita
membutuhkan faktor-faktor produksi dari negara lain, seperti bahan baku, tenaga
kerja, modal, dan pengusaha (kewirausahaan) maka negara lain akan mengekspornya
ke Indonesia. Faktor produksi yang banyak diekspor ke Indonesia adalah faktor
produksi modal karena Indonesia memang sangat kekurangan modal.
5.
Keuntungan
yang diperoleh melalui kerja sama dengan dengan masyarakat luar negeri yaitu :
·
Pemerintah
dapat memperoleh pinjaman untuk membiayai pembangunan
·
Hasil
bumi dan hsil kerajinan Indonesia dapat diekspor keluar negeri untuk
mendapatkan devisa
·
Memungkinkan
pengiriman tenaga kerja untuk bekerja diluar negeri
·
Meungkinkan
Negara kita untuk melakukan impor berbagai brang konsumsi dan barang-barang
modal untuk menunjang pembangunan.
Pertemuan II
1. Peran produsen dalam kegiatan ekonomi :
·
Sebagai
penghasil barang atau jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
·
Sebagai
pemakai atau pengguna faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh konsumen.
·
Dapat
memengaruhi kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan produksinya.
·
Memperlancar
penyediaan barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen.
2.
Peran
konsumen dalam kegiatan ekonomi :
·
Sebagai
pemakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen.
·
Sebagai
penyedia faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal, dan pengusaha).
·
Dapat
memengaruhi kebijakan pemerintah dalam rangka melindungi konsumen.
·
Memperlancar
peredaran atau perputaran barang dan jasa.
·
Dapat
menaikkan harga faktor-faktor produksi, seperti harga sewa, upah, bunga, dan
laba.
3.
Arus
diagram kegiatan ekonomi 2 sektor model
sederhana
4.
Arus
diagram kegiatan ekonomi 4 sektor model sederhana :
5. Arus diagram kegiatan ekonomi/circulair flow diagram :
·
Aliran
arus barang, Semula rumah tangga konsumsi memiliki faktor produksi, digunakan
oleh rumah tangga produksi sehingga dihasilkan berupa barang dan barang
tersebut diperdagangkan atau dijual kepada rumah tangga produksi.
·
Aliran
arus uang, Dari barang yang dihasilkan oleh rumah tangga produksi akan dijual
kepada rumah tangga konsumsi, sehingga rumah tangga produksi memperoleh
penghasilan atas penjualan barang tersebut. Dan hasil penjualan barang tersebut
diberikan atau dibayarkan kepada para pemilik factor produksi atau rumah tangga
konsumsi yang berupa sewa, upah dan gaji, bunga, laba.
·
Aliran
pasar faktor produksi/pasar input adanya hubungan antara penggunaan faktor
produksi dan pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi disebut sebagai
pasar atau tempat ditawarkannya faktor produksi.
·
Aliran
pasar hasil produksi/pasar barang, Dengan dihasilkannya barang oleh rumah
tangga produksi, maka barang tersebut dijual kepada konsumen sehingga diperoleh
hasil berupa uang. Aliran ini disebut sebagai pasar atau tempat ditawarkannya
barang hasil produksi.
c. Keterampilan
Format Penilaian Diskusi /
Presentasi
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati, mengamalkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
No
|
Nama
Siswa
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tang-gung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Jujur
a.
Menyampaikan sesuatu
berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.
Tidak menutupi
kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas tepat waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan
tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam kerja mandiri
dan kelompok
3.
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan tugas dengan
sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru bila
menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan yang menjadi
tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
4.
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas, membantu teman
yang membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati dan simpati
untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan ide/gagasan terhadap
suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuannya
5.
Kerja keras
a.
Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap pantang menyerah
c.
Berusaha menemukan solusi permasalahan
yang diberikan
3. Pedoman penyekoran
4.
Uraian
Jawaban
|
Skor
|
1. Jawaban
lengkap dan benar seluruhnya
2. Jawaban
lengkap dan benar sebagian besar
3. Jawaban
lengkap dan benar sebagian kecil
4. Jawaban
lengkap dan salah
5. Tidak
ada jawaban
|
100
70 – 90
50 – 69
30
0
|
Total skor
|
|
Kupang,...................2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mapel Ekonomi
( ) ( )
NIP. NIP.