RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 07)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Konsep Manajemen
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit (2 x pertemuan)
A.
KOMPETENSI
INTI
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.7
|
|
Mendeskripsikan konsep manajemen
(KI-3)
Indikator
·
Mendeskripsikan pengertian manajemen
·
Mengidentifikasi unsur-unsur manajemen
·
Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen
·
Mengidentifikasi jenjang manajemen
·
Menganalisis pentingnya konsep manajemen
|
4.7
|
|
Menerapkan konsep manajemen dalam
kegiatan sekolah
Indikator
·
Menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
di bidang OSIS
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Adapun
tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran ini adalah siswa mampu :
Pertemuan 1
Diharapkan siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
·
mendeskripsikan pengertian manajemen
·
mengidentifikasi unsur-unsur manajemen
·
mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen
·
mengidentifikasi jenjang manajemen
Pertemuan 2
·
Mengidentifikasi bidang-bidang manajemen
·
Menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah di bidang OSIS
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1. Pengertian
manajamen
2. Unsur-unsur
manajemen
3. Fungsi-fungsi
manajemen
4. Jenjang
manajemen
Pertemuan 2
5. Bidang-bidang
manajemen
6. Penerapan
fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
E.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
|
:
|
Saintifik
|
2. Model
|
:
|
Examples Non Examples
Problem Basic Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan Mind
Maping (Jalan Pikiran)
|
3. Metode
|
:
|
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan
|
F.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Gambar yang berkaitan dengan
penerapan ilmu manajemen, Slide Power
Point tentang manajemen, Perpustakaan,
Internet.
2.
Alat/Bahan : White Board dan Spidol, LCD/OHP
3.
Sumber
Pelajaran
a. BSE
Ekonomi Kelas XII Chumidatus Sadyah
b. BSE
Ekonomi Kelas XII Leny Noviani
c. BSE
Ekonomi Kelas XII Mimin Nur Aisyah
d. BSE
Ekonomi Kelas XII Indrastuti
e.
S.
Alam. 2013.Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X, Jakarta: ESIS
f.
Iswanto.
2009. Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas XII, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Salam, doa, presensi dan memeriksa
kebersihan serta kesiapan siswa.
§ Untuk mengatur kegiatan kita
sehari-hari dalam sebuah jadwal tidaklah mudah. Banyak tantangan dan hambatan
yang tidak diduga sebelumnya menyebabkan kita selalu menyimpang dari jadwal
yang telah kita tetapkan. Begitu juga halnya ketiak kita mengelola sebuah
bisnis Jika tidak mempunyai pengetahuan yang cukup berkaitan dengan
manajemen, seorang manajer pasti mengalami kerepotan.
MOTIVASI
§ Pemahaman akan konsep manajemen
akan menjadi dasar pengetahuan bagi siswa dalam mengatur kehidupannya
sehari-hari, baik dari aspek keuangan maupun kegiatan belajar.
§ Guru menyampaikan garis besar
tujuan pembelajaran
|
15
|
INTI
|
§ Guru membagi siswa kedalam
kelompok
MENGAMATI
§ Guru memberikan deskripsi singkat
tentang gambar yang ditampilkan oleh guru
§ Siswa dalam kelompok mengamati
gambar yang ditampilkan oleh guru dan mendiskusikan hasil pengamatannya dalam
kelompok
MENANYA
§ Melalui bimbingan guru, siswa
mengajukan mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari
apa yang diamati atau pertanyaan
lainnya untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati berkaitan
dengan Konsep Manajemen
MENGUMPULKAN DATA
§ Siswa secara berkelompok menemukan
sumber-sumber lain yang relevan di perpustakaan maupun buku penunjang pribadi
berkaitan dengan pengertian manajemen, unsur-unsur manajemen dan fungsi
manajemen
§ Siswa juga diberi kesempatan untuk
menemukan informasi lain dari luar kelas, dengan bertanya pada guru-guru
maupun teman-teman tentang pengertian manajemen, unsur-unsur manajemen dan
fungsi manajemen serta pentingnya konsep manajemen.
MENGASOSIASIKAN
§ Berdasarkan sumber-sumber belajar
yang ada, siswa mendiskusikan tentang pengertian manajemen, unsur-unsur
manajemen dan fungsi manajemen serta pentingnya konsep manajemen.
MENGKOMUNIKASIKAN
·
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya tentang pengertian manajemen, unsur-unsur
manajemen dan fungsi manajemen
·
Kelompok lain menanggapi
presentasi kelompok lain dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan
·
Tanggapan kelompok
memperhatikan pilihan kata yang tidak menyinggung perasaan kelompok lain
Catatan : Model pembelajaran
Examples Non Examples terintegrasi secara langsung dalam kegiatan inti pembelajaran.
|
100
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
·
Guru membimbing siswa untuk
menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari ini dan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya
baik.
·
Guru memberikan waktu beberapa menit untuk siswa melihat
kembali materi sekaligus sebagai persiapan untuk post test.
·
Melakukan evaluasi (Post Test)
REFLEKSI
·
Peserta didik bersama guru merefleksi tentang proses
pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan tidak disukai atau
ha-hal yang dirasa kurang sesuai untuk diperbaiki pada pembelajaran
berikutnya
·
Guru memberikan tugas untuk
materi pada pertemuan berikutnya berkaitan dengan materi pembelajaran hari
ini maupun untuk pertemuan selanjutnya.
·
Guru meminta kesediaan seorang siswa untuk menutup
kegiatan pembelajaran dengan doa.
·
Salam
|
20
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Guru
menyampaikan salam kepada siswa
§ Doa bersama sebelum memulai pelajaran
§ Guru
mengabsensi peserta didik
§ Guru
menunjukan sebuah gambar yang merangsang pengetahuan siswa mengenai materi
yang akan dipelajari
§ Siswa
diminta menanggapi gambar tersebut
§ Guru
menanggapi jawaban siswa sambil memberikan penguatan verbal dan non verbal
§ Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
§ Peserta
didik diberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta
dikondisikan untuk mempersiapkan bahan dan alat yang akan berangsung:
-
Mengidentifikasi
bidang-bidang manajemen.
-
Menerapkan
fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah di bidang OSIS
MOTIVASI
§ Peserta
didik diinformasikan tentang manfaat pembelajaran.
§ Guru
memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
melalui tema :
”Kalau
mau sukses dan berprestasi harus belajar manajemen”.
|
15
menit
|
INTI
|
Guru menjelaskan tema yang telah diangkat” kalau
mau sukses harus belajar manajemen.
MENGAMATI
§ Ketua kelas meminjam buku di perpustakaan dan
membagikan kepada semua siswa
§ Siswa diminta untuk mengamati dan memahami materi
tentang bidang-bidang manajemen dan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan
sekolah dibidang OSIS
§ Siswa diminta membaca mandiri materi yang berkaitan
dengan bidang-bidang manajemen dan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan
sekolah dibidang OSIS
MENANYA
§ Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya mengenai bidang-bidang manajemen dan fungsi-fungsi
manajemen dalam kegiatan sekolah dibidang OSIS
§ Jika siswa belum bisa menemukan masalah dan
bertanya, guru membantu merangsang siswa untuk bisa menemukan masalah.
MENGEKSPLORASI
§ Guru mengemukakan konsep/permasalahan yg akan
ditanggapi oleh siswa.
§ Guru
membagi siswa berkelompok secara heterogen untuk bisa memecahkan masalah yang
ada
MENGASOSIASI
§ Tiap
kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
§ Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Tiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya.
§ Guru mencatat di papan dan mengelompokkan
sesuai kebutuhan guru.
§ Dari
data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
perbandingan sesuai konsep yg disediakan guru
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari ini diantaranya dengan
mengapresiasi kegiatan siswa.
§ Siswa diberi kesempatan untuk memberi kesimpulan atas apa yang
diperoleh dari proses belajar.
§ Guru membuat kesimpulan serta merangkum semua jawaban siswa
REFLEKSI
§ Peserta didik merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini
dengan mengemukakan hal yang disukai dan tidak disukai. Atau ha-hal yang
dirasa kurang sesuai.
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu Koperasi
§ Guru
memberikan pekerjaan rumah
§ Guru
mengucapkan salam dan meninggalkan kelas
|
30
menit
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a. Penilaian
Sikap
1) Observasi
Langsung/Tidak Langsung
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesrta didik. Berilah tanda
cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan leh peserta
didik dengan kriteria sebagai berikut :
4
|
:
|
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
|
3
|
:
|
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan.
|
2
|
:
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakkan dan sering
tidak melakukan.
|
1
|
:
|
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
|
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Aspek
pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tertulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebedaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Catatan
: Pengamatan terhadap sikap siswa dilakukan selama pembelajaran berlangsung
2) Penilaian
Diri
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap spiritual pesrta didik. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai
sikap spiritual yang ditampilkan oleh teman yang sesuai dengan kondisi dan
keadaan kalian sehari-hari dengan kriteria sebagai berikut:
SL
|
:
|
selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
|
SR
|
:
|
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan.
|
KD
|
:
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan.
|
TP
|
:
|
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
|
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
Nama
peserta didik :
Kelas :
Materi
pokok :
Tanggal :
No
|
Peryataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan
ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan
menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada yang bewenang jika
menemuakan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya
lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat
jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Catatan
: Penilaian diri dilaksanakan sebelum Ulangan Harian
3) Penilaian
Teman Sejawat
Petunjuk:
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut:
LEMBAR
PENILAIAN ANTAR TEMAN
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal
pengamatan :
Materi
pokok :
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Catatan
: Penilaian antar teman dilaksanakan sebelum Ulangan Harian
2.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Instrumen
: Lampiran 2
Pertemuan 1
Indikator
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Mendeskripsikan
pengertian manajemen
|
Jelaskan pengertian Manajemen sebagai ilmu menurut Luther
Gulick?
|
manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para
anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan sebelumnya
|
Mengidentifikasi
unsur-unsur manajemen
|
Jelaskan secara singkat unsur-unsur manajemen?
|
a) Man (manusia/orang)
Unsur
yang utama dalam manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya adalah manusia atau men. Manusia diperlukan dalam manajeman untuk
melaksanakan beberapa aktivitas dalam mencapai tujuan, misalnya dalam
kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Tanpa ada
manusia, manajer tidak mungkin mencapai tujuannya. Ingat bahwa manajer adalah
orang yang mencapai hasil melalui orang lain.
b) Money (uang)
Untuk
melakukan berbagai kegiatan diperlukan adanya uang. Uang digunakan untuk
menggaji pegawai, membeli peralatan-peralatan, membeli bahan-bahan baku, dan
sebagainya. Dalam manajemen, uang harus digunakan sedemikian rupa agar tujuan
yang akan dicapai bila dinilai dengan uang lebih besar dari uang yang
digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Kegagalan atau ketidaklancaran
proses manajemen sering ditentukan atau dipengaruhi oleh perhitungan dalam
penggunaan uang.
c) Materials (bahan-bahan material)
Dalam
mencapai hasil yang diinginkan, seorang manajer tidak hanya membutuhkan
manusia sebagai pelaksana kegiatan. Akan tetapi, materi atau bahan baik bahan
setengah jadi maupun bahan setengah jadi pun diperlukan dalam proses
pelaksanaan kegiatan.
d) Machine (mesin-mesin)
Mesin
digunakan oleh manajemen dalam proses pelaksanaan kegiatan, apalagi di masa
sekarang di mana ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang dan maju
dengan pesat. Mesin telah banyak membantu manusia dalam pekerjaannya dalam
pencapaian tujuan.
e) Methods (metode)
Metode
adalah cara untuk melakukan pekerjaan agar berdaya guna dan berhasil guna.
Untuk memperlancar jalannya usaha diperlukan metode-metode kerja yang tepat.
Pemilihan metode yang tepat akan menentukan tercapainya tujuan. Masing-masing
metode memiliki daya guna dan hasil guna yang berbeda.
f) Market (market)
Pasar
merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan perusaha-an. Seorang manajer
harus mampu menguasai pasar untuk memasarkan produknya. Penguasaan pasar
menjadikan perusahaan tetap terjaga kelangsungan hidupnya sehingga produksi
tetap beroperasi dan tujuan utama perusahaan tercapai, yaitu pencapaian laba.
Lalu, bagai mana cara mempertahankan pasar yang telah ada? Tentu saja
kualitas dan harga yang sesuai selera konsumen tetap terjaga.
|
Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen
|
Jelaskan secara singkat 4 fungsi manajemen?
|
·
Planning (perencanaan)
Perencanaan
merupakan proses dasar manajemen dalam menentukan langkah-langkah untuk
mencapai tujuan tertentu. Langkah-langkah tersebut seperti menetapkan tujuan
dan target, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target, menentukan
sumber sumber daya yang diperlukan, serta menetapkan strandar keberhasilan
dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
·
Organizing (Pengorganisasian)
Pengorganisasian
adalah keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengalokasikan keseluruhan
sumber daya sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Dalam pengorganisasian
suatu rencana akan dibentuk pembagian kerja tertentu dalam sebuah struktur
organisasi. Struktur organisasi ini berisi tentang kejelasan bagaimana
rencana organisasi akan dilaksanakan, dikoordinasikan, dan dikomunikasikan.
·
Actuating (Penggerakan)
Penggerakan
(actuating) adalah tindakan yang mengusaha-kan agar seseorang atau semua
kelompok mau dan memulai bekerja dengan senang hati untuk melakukan tugas
pekerjaannya sehingga dapat selesai sesuai dengan tujuan yang telah
ditetapkan. Untuk menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dibutuhkan kepemimpinan.
Banyak orang yang menganggap bahwa
tugas penggerak adalah fungsi yang paling penting, karena untuk menggerakkan
orang bukanlah pekerjaan yang mudah. Seorang pemimpin harus mampu memotivasi
dan membimbing karyawan yang memiliki karakter berbeda-beda.
·
Controlling (Pengawasan)
Pengawasan
sering disebut juga pengendalian adalah tugas manajemen yang diarahkan untuk
melakukan pengawasan atas apa yang telah direncanakan dan bagaimana langkah
langkah koreksinya. Jika suatu rencana tidak berjalan dengan semestinya, maka
fungsi pengawasan dalam hal ini manajer melakukan proses untuk mengoreksi
kegiatan yang sedang berjalan agar tetap mencapai apa yang telah
direncanakan. Fungsi pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan,
mengoreksi kegagalan, dan memberikan solusi untuk mengatasi kegagalan
tersebut.
|
Pertemuan 2
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah di bidang OSIS
|
Deskripsikan
apa yang anda ketahui tentang OSIS?
|
·
OSIS merupakan
kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Kata organisasi menunjukan bahwa OSIS merupakan kelompok kerja sama
antarpribadi yang diadakan untuk mencapai terwujudnya pembinaan kesiswaan. Siswa adalah pesera didik pada jenjang
pendidikan dasar dan menengah, yaitu SMP dan SMA dan yang setara. Intra menunjukan bahwa OSIS adalah
suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkunggan suatu sekolah.
Sekolah menunjukan satuan pendidikan
tempat penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan
berkesinambungan
|
|
Jelaskan 3
tujuan terbentuknya!
|
a. Menghimpun
ide, pemikiran, bakat, kreativitas serta minat para siswa ke dalam salah satu
wadah yang bebas dari pengaruh negatif dari luar sekolah
b. Mendorong
sikap,jiwa, dan semangat kesatuan dan persatuan diantara para siswa sehingga
timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat
terselenggaranya proses belajar mengajar
c. Sebagai
tempat dan sarana untuk mengkomunikasi , menyampaikan pikiran dan gagasan
dalam usaha untuk lebih mematangkan kemampuan berpikir, wawasan dan
pengambilan keputusan.
|
|
Buatlah satu
perencanaan kegiataan dengan
menggunakan pendekatan 5W+1H!
|
a. What
: Apa yang akan dikerjakan?( Nama kegiatan)
b. When
: Kapan dilaksanakan?(Waktu Pelaksanaan)
c. Who
: Siapa yang melaksanakan? (Susunan panitia)
d. Where
: dimana pekerjaan dilakukan? (Tempat Pelaksanaan)
e. Why
: Mengapa pekerjaan dilakukan? (Latar belakang dan dasar pelaksanaan
kegiatan)
f. How
: Bagaimana cara melakukan kegiatan? (Prosedur pelaksanaan)
|
3.
Ketrampilan
Kompetensi Dasar
|
:
|
4.7 Menerapkan konsep-konsep manajemen
dalam kegiatan di sekolah
|
Indikator
|
:
|
Menganalisis penerapan fungsi
manajemen oleh berbagai perusahaan/organisasi
|
Soal
|
:
|
Carilah artikel di media cetak atau elektronik mengenai keberhasilan
perusahaan dalam mengelola perusahaan sampai perusahaan menjadi berkembang!
Analisislah! Apakah perusahaan tersebut juga menerapkan fungsi POAC (
Planning , Organizing, Actuating ,
Controlling)?
Tulislah jawaban anda dalam bentuk sebuah karangan.
|
4.
Pedoman
Penskoran
a.
Penilaian
Sikap
1) Penilaian
Sikap
Petunjuk
Pengskoran:
Skor diperoleh
Skor maksimal
|
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Peserta
didik memperoleh nilai:
Sangat
baik : apabila memperoleh skor: 3.33
< skor ≤ 4.00
Baik : apabila memperoleh skor: 2.33
< skor ≤ 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor: 1.33
< skor ≤ 2.33
Kurang : apabila memperoleh
skor: skor ≤ 1.33
b.
Penilaian
Pengetahuan
Pertemuan 1
No. Soal
|
Hal yang dinilai
|
Skor
|
Skor Max
|
1.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan lengkap
|
4
|
4
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
|
3
|
|
Jika jawaban siswa tidak lengkap
|
2
|
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
2.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan lengkap (menyebutkan 6)
|
7
|
7
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 5)
|
6
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 4)
|
5
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 3)
|
4
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 2)
|
3
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 1)
|
2
|
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
3.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan lengkap (menyebutkan 4)
|
5
|
5
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 3)
|
4
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 2)
|
3
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 1)
|
2
|
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
Total Skor
|
16
|
Pertemuan 2
No. Soal
|
Hal yang dinilai
|
Skor
|
Skor Max
|
1.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan lengkap
|
4
|
4
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
|
3
|
|
Jika jawaban siswa tidak lengkap
|
2
|
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
2.
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 3)
|
4
|
4
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 2)
|
3
|
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum lengkap
(menyebutkan 1)
|
2
|
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
3.
|
Jika siswa menjelaskan perencanaan kegiatannya dengan
tepat dan urutannya sesuai dengan prinsip 5W + 1H
|
8
|
8
|
|
Jika siswa menjelaskan perencanaan kegiatannya dengan
tepat tetapi urutanya belum sesuai dengan prinsip 5W + 1H
|
6
|
|
Jika siswa menjelaskan perencanaan kegiatannya tetapi
urutanya belum sesuai dengan prinsip 5W + 1H
|
4
|
Total Skor
|
16
|
c.
Penilaian
Ketrampilan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Max
|
1.
|
Pengantar
|
|
|
Menunjukkan
dengan tepat isi esai
(tepat=3,
kurang tepat=2, tidak tepat=1)
|
3
|
2.
|
Struktur/logika
penulisan
|
|
|
Kesesuaian
antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil esai dengan tepat
(sesuai=3,
kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
|
3
|
3.
|
Orisinalitas
Karang
|
3
|
4.
|
Penyajian
Bahasa
|
|
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia sesuai dengan standar EYD
(sesuai=3,
kurang sesuai=2, tidak sesuai=1)
|
3
|
5.
|
Tampilan
(menarik=3,
kurang menarik=2, tidak menarik=1)
|
3
|
Total Skor
|
15
|
Kupang,...................2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mapel Ekonomi
( ) ( )
NIP. NIP.