Indikator
: menjelaskan tingkatan manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan
pertanggungjawaban
A.
Tingkatan
manajemen
1. Manajemen
Puncak (Top Management)
Manajemen
puncak merupakan tingkatan tertinggi dalam manajemen umumnya dipegang oleh
Dewan Direktur, Direksi Utama, Presiden Perusahaan dan CEO (Chief Excecutive Officer).
Manajemen
puncak bertugas membuat
kebijakan-kebijakan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup badan usaha dan
perusahaan, membuat rencana jangka panjang, menetapkan tujuan dan misi
organisasi, serta strategi yang digunakan. Manajemen puncak juga harus dapat mengembangkan
semua rencana yang telah dibuat dan mengadakan hubungan dengan pihak luar.
2. Manajemen
Menengah (Middle Management)
Posisi
manajemen tingkat menengah berada di bawah manajemen puncak. Tugas manajemen
menengah adalah mengalihkan rencana, misi, dan tujuan yang dibuat oleh manajemen
puncak ke dalam program yang lebih spesifik. Biasanya yang termasuk manajemen
menengah adalah manajer, kepala divisi, kepala cabang, dan sebagainya.
3. Manajemen
Pelaksana/Tingkat Pertama/Supervisor (Supervisory
Management)
Manajemen
tingkat pertama merupakan tingkatan yang paling rendah. Manajemen tingkat
pertama dapat juga disebut supervisor. Tugas dari manajemen ini adalah membawahi
langsung pekerja dan bertanggung jawab atas tugas mereka. Mereka juga yang
selalu memberikan motivasi pada karyawan dan menetapkan prestasi yang layak diterima
karyawan. Manajemen tingkat pertama terdiri atas kepala/pimpinan (leader), mandor (foremen), dan penyelia (supervisor)