RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi
Alokasi
Waktu : 21 X 45 Menit (7 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.1
Mendeskripsikan konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
Indikator:
·
Menjelaskan pengertian pembangunan
ekonomi
·
Menjelaskan indikator keberhasilan
pembangunan ekonomi
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pembangunan ekonomi
·
Mengidentifikasi masalah-masalah
pembangunan ekonomi di negara berkembang
·
Menjelaskan kebijakan dan strategi
pembangunan ekonomi
·
Menjelaskan pengertian pertumbuhan
ekonomi
·
Menjelaskan perbedaan pembangunan
ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
·
Mengukur pertumbuhan ekonomi
·
Menjelaskan teori pertumbuhan ekonomi
4.1
Menyajikan temuan permasalahan
pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta cara mengatasinya.
Indikator:
·
Melaporkan hasil identifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi serta
kebijakan pemerintah untuk mengatasi permasalahan pembangunan ekonomi dan
pertumbuhan ekonomi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Diharapkan
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan
pengertian pembangunan ekonomi
·
Menjelaskan
indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
Pertemuan
II
·
Mengidentifikasi
masalah-masalah
pembangunan ekonomi di negara berkembang
·
Menjelaskan
kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi
Pertemuan III
·
Menjelaskan
pengertian
pertumbuhan ekonomi
·
Menjelaskan
perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
Pertemuan IV
·
Mengukur
pertumbuhan ekonomi
·
Menjelaskan
teori pertumbuhan ekonomi
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Pembangunan Ekonomi:
·
Pengertian pembangunan ekonomi
·
Indikator keberhasilan pembangunan
ekonomi
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi
pembangunan ekonomi
Pertemuan 2
·
Masalah-masalah pembangunan ekonomi di
negara berkembang
·
Kebijakan dan strategi pembangunan
Pertemuan 3
Pertumbuhan Ekonomi:
·
Pengertian pertumbuhan ekonomi
·
Perbedaan pembangunan ekonomi dengan
pertumbuhan ekonomi
Pertemuan 4
·
Cara mengukur pertumbuhan ekonomi
·
Teori pertumbuhan ekonomi
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
pembelajaran : Pendekatan Saintifik
Model
: Talking stick, Debate, Numbered Head
Together (+modifikasi), dan Think Pair and Share
Metode : Ceramah, Diskusi kelompok dan penugasan
.
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
: Peta Konsep, Power point, video, lembar kerja (siswa), lembar penilaian.
2.
Alat :
LCD, Laptop, tongkat (dalam model talking stick), Papan tulis, Spidol,
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§
Peserta didik menjawab salam yang
disampaikan guru.
§
Persiapan untuk melakukan
pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan masing-masing
dan di pimpin oleh ketua kelas)
§
Guru mengabsensi peserta didik
§
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi
yang sudah dipelajari dan yang
akan dipelajari.
§
Penyampaian tujuan pembelajaran
§
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi
§
Guru menyiapkan sebuah tongkat
yang akan digunakan dalam model talking stick.
MOTIVASI
§
Memberikan
motivasi kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran melalui tanya jawab seputar materi yang akan
dipelajari.
|
15
menit
|
INTI
|
Mengamati:
§ Peserta
didik mengamati tayangan video yang ditampilkan tentang Pembangunan ekonomi
§ Siswa
menyimak apa yang guru sampaikan berkaitan dengan materi pokok yang akan
dipelajari serta membaca buku teks tentang pengertian pembangunan ekonomi, indikator
keberhasilan pembangunan ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi
pembangunan ekonomi
Menanya:
·
Siswa diberikan kesempatan untuk
bertanya berkaitan dengan tayangan yang diamati serta apa yang telah
disampaikan oleh guru.
§ Siswa
dapat bertanya kepada teman
Mengeksplorasi
·
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari
buku-buku referensi, browsing internet, narasumber ataupun sumber-sumber
lainnya.
Mengasosiasi:
§ Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh dari
hasil diskusi (kelompok ahli) yang diperoleh melalui bacaan maupun dari sumber-sumber terkait dan menentukan
hubungan antara pengertian pembangunan ekonomi, indikator keberhasilan
pembangunan ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
Mengomunikasikan
§ Setelah
selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, peserta didik
menutup bukunya
§ Guru
mengambil tongkat dan memberikan kepada peserta didik, setelah itu guru
memberikan pertanyaan dan peserta didik yang memegang tongkat tersebut harus
menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat
bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Guru
bersama siswa membuat kesimpulan tentang pengertian pembangunan ekonomi, indikator
keberhasilan pembangunan ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi
pembangunan ekonomi
REFLEKSI
§
Peserta didik bersama
guru merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal
yang disukai dan tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§
Post tes berupa tes tertulis.
§
Guru menyampaikan
hasil pembelajaran hari ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang
kinerjanya baik, dll.
§
Post tes secara tulisan
§
Guru memberikan tugas individu
untuk mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya
berkaitan dengan
§
Guru menginformasikan materi pada
pertemuan berikutnya tentang masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara
berkembang dan kebijakan dan strategi pembangunan
|
30
menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§
Peserta didik menjawab salam yang
disampaikan guru.
§
Persiapan untuk melakukan
pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan masing-masing
dan di pimpin oleh ketua kelas)
§
Guru mengabsensi peserta didik
MOTIVASI
§
Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi
yang sudah dipelajari dan yang
akan dipelajari.
§
Penyampaian tujuan pembelajaran
§
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan
yang akan dilakukan
peserta didik menggunakan model Debate
|
|
INTI
|
Mengamati:
§ Peserta
didik mengamati tayangan video tentang masalah-masalah pembangunan ekonomi di
negara berkembang (khususnya indonesia) dan kebijakan dan strategi
pembangunan
§ Guru
membagi dua KELOMPOK peserta DEBAT yg satu pro dan yg lainnya kontra.
Menanya:
§ Guru
memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kelompok pro dan kontra.
§ Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya berkaitan dengan tayangan yang diamati
serta mengenai tugas kelompoknya.
Mengeksplorasi
§ Guru
kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan
mempelajari materi sesuai kelompok.
§ Siswa
mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari
buku-buku referensi, browsing internet, narasumber ataupun sumber-sumber
lainnya.
Mengasosiasi:
§ Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh dari
hasil diskusi (kelompok ahli) yang diperoleh melalui bacaan maupun dari sumber-sumber terkait dan menentukan
hubungan masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang (khususnya
indonesia) dan kebijakan dan strategi pembangunan
Mengomunikasikan
§ Setelah
selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk
berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
§ Sementara
siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap
pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
§ Guru
menambahkan konsep/ide yg belum terungkap.
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Masing-masing kelompok memberikan kesimpulan
tentang hasil diskusinya.
REFLEKSI
§ Melakukan
refleksi mengenai materi serta aktivitas siswa
§ Dari
data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/
rangkuman yg mengacu pada topik yg ingin dicapai yaitu tentang
masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang (khususnya
indonesia) dan kebijakan dan strategi pembangunan
§ Guru
memberikan tugas individu untuk mencari sumber atau bahan belajar dari
internet atau sumber lainnya berkaitan dengan
§ Post
tes secara tulisan
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya tentang pengertian
pertumbuhan ekonomi dan perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan
ekonomi.
§ Doa dan salam
|
30
menit
|
Pertemuan
3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§
Peserta didik menjawab salam yang
disampaikan guru.
§
Persiapan untuk melakukan
pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan masing-masing
dan di pimpin oleh ketua kelas)
§
Guru mengabsensi peserta didik
MOTIVASI
§
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi
yang sudah dipelajari dan yang
akan dipelajari.
§
Penyampaian tujuan pembelajaran
§
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan
yang akan dilakukan
peserta didik menggunakan model Numbered
Head Togethere
|
|
INTI
|
Mengamati:
§ Peserta
didik mengamati peta konsep yang ditampilkan tentang pengertian pertumbuhan
ekonomi dan perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi.
§ Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota 4 siswa, dengan materi
pengertian pertumbuhan ekonomi dan perbedaan pembangunan ekonomi dengan
pertumbuhan ekonomi.
§ Setiap
siswa diberikan tugas berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai. (siswa
nomor satu bertugas mencatat soal, siswa nomor dua, siswa nomor tiga mencari
sumber belajar dan siswa nomor mengerjakan soal, dan yang bertugas presentasi
akan dipanggil nomor tertentu).
Menanya:
§ Siswa
mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan materinya
masing-masing
§ Anggota kelompok dari setiap kelompok mencari
informasi/bertanya pada narasumber atau sumber belajar.
§ Siswa
dapat bertanya kepada anggota kelompok lain yang memiliki tugas yang sama.
Mengeksplorasi
§ Siswa
mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari
buku-buku referensi, browsing internet, narasumber ataupun sumber-sumber
lainnya.
Mengasosiasi:
§ Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh dari
hasil diskusi (kelompok ahli) yang diperoleh melalui bacaan maupun dari sumber-sumber terkait dengan pengertian
pertumbuhan ekonomi dan perbedaan antara pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan
ekonomi.
Mengomunikasikan
§
Setelah selesai berdiskusi dengan
anggota kelompok lain yang memiliki tugas sama, tiap anggota kembali ke kelompok
asal dan menjelaskan kepada teman mereka tentang sub bab yang mereka kuasai
dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
§
Setiap siswa menyimpulkan hasil diskusi dan kepada
siswa yang nomornya dipanggil akan bertugas mempresentasikan
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pengertian pertumbuhan ekonomi dan perbedaan
pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi
REFLEKSI
§
Peserta didik bersama
guru merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal
yang disukai dan tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§
Guru menyampaikan
hasil pembelajaran hari ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang
kinerjanya baik, dll.
§
Guru memberikan tugas individu
untuk mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya
berkaitan dengan
§
Post tes secara tulisan
§
Guru menginformasikan materi pada
pertemuan berikutnya tentang cara mengukur pertumbuhan ekonomi dan teori
pertumbuhan ekonomiSetelah pembelajaran selesai
guru mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang
telah selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan
masing-masing.
|
30
menit
|
Pertemuan
4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§
Peserta didik menjawab salam yang
disampaikan guru.
§
Persiapan untuk melakukan
pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan masing-masing
dan di pimpin oleh ketua kelas)
§
Guru mengabsensi peserta didik
MOTIVASI
§
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi
yang sudah dipelajari dan yang
akan dipelajari.
§
Penyampaian tujuan pembelajaran
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan
yang akan dilakukan
peserta didik menggunakan model Think
Pair and Share.
|
15
menit
|
INTI
|
Mengamati:
§ Peserta
didik mengamati peta konsep yang ditampilkan tentang cara mengukur
pertumbuhan ekonomi dan teori pertumbuhan ekonomi
§ Peserta didik diminta untuk berfikir tentang
materi/ permasalahan yang disampaikan guru
§ Peserta didik diminta berpasangan dengan teman
sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
Menanya:
§ Siswa
mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan materinya
masing-masing
§ Siswa
dapat bertanya kepada anggota kelompok lain yang memiliki tugas yang sama.
§ Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok
mengemukakan hasil diskusinya
§ Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan
pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum
diungkapkan para peserta didik
Mengeksplorasi
§ Siswa
mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari
buku-buku referensi, browsing internet ataupun sumber-sumber lainnya.
Mengasosiasi:
§ Menganalisis informasi dan data-data yang diperoleh
melalui bacaan maupun dari sumber-sumber terkait dengan cara mengukur
pertumbuhan ekonomi dan teori pertumbuhan ekonomi.
Mengomunikasikan
§ Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok
mengemukakan hasil diskusinya
§ Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan
pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum
diungkapkan para peserta didik.
|
90
menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Guru
bersama siswa membuat kesimpulan tentang cara mengukur pertumbuhan ekonomi
dan teori pertumbuhan ekonomi
REFLEKSI
§ Melakukan
refleksi mengenai materi serta aktivitas siswa
§ Guru
memberikan tugas individu untuk mencari sumber atau bahan belajar dari internet
atau sumber lainnya berkaitan dengan
§ Post
tes secara tulisan
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya
|
30
menit
|
H.
TEKNIK
DAN INSTRUMEN PENILAIAN
- Penilaian Sikap
a.
Observasi Langsung/Tidak Langsung
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Aspek
pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tertulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebedaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesrta didik. Berilah tanda
cek (V) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan leh peserta
didik dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakkan dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan.
b.
Penilaian Diri
Nama
peserta didik :
Kelas :
Materi
pokok :
Tanggal :
Petunjuk
·
Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti.
·
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari.
No
|
Peryataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat
mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan
menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada yang bewenang
jika menemuakan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang
saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa
melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL
= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan.
SR = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
KD=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
TP
= tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan.
c.
Penilaian Teman Sejawat
Petunjuk:
Berilah
tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan.
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal
pengamatan :
Materi
pokok :
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
- Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Instrumen : Lampiran 2
Pertemuan
I
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Menjelaskan
pengertian pembangunan ekonomi
|
Jelaskan pengertian
pembangunan ekonomi
|
Pembangunan ekonomi adalah proses
peningkatan PDB sekaligus meningkatkan
pendapatan perkapita penduduk suatu negara melalui pertumbuhan ekonomi.
|
|
Menjelaskan indikator keberhasilan
pembangunan ekonomi
|
Sebutkan indikator keberhasilan
ekonomi!
|
Indikator
keberhasilan pembangunan ekonomi
·
Pendapatan Nasional
·
Produksi Nasional (PNB)
·
Kesempatan kerja
·
Perekonomian yang stabil
·
Neraca pembayaran luar negeri
·
Distribusi pendapatan yang merata
|
|
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pembangunan ekonomi
|
Sebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi pembangunan ekonomi!
|
Faktor-
faktor yang mempengaruhi pembanguanan ekonomi ada 6 :
a.
Sumber Daya Manusia (SDM)
SDM merupakan faktor
kunci dalam prosesnya pembanguanan, baik tidaknya perncanaan dan
pengorganisasian, proses pengorganisasian tergantung kepada kualitas manusia
sebagai objek dan subjeknya.
b.
Sumber Daya Alam (SDA)
Sumber
daya alam, yang meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah,
keadaan iklim/cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut, sangat
mempengaruhi pembanguanan suatu negara, terutama dalam hal penyediaan bahan
baku produksi.
c.
Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
(IPTEK)
Ilmu
pengetahuan dan teknolgi meripakaan alat bagi sumber manusia untuk mengolah
sumber daya alam secara produktif.
d.
Sosial budaya
Nilai - nilai sosial budaya sangat
berpengaruh terhadap proses pembanguanan. Nilai- nilai tersebut dapat menjadi
faktor pendorong dan dapat pula menjadi faktor penghambat.
e.
Keadaan Politik
Sistem keadaan politik suatu negara
berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pembanguanan.
f.
Sistem Pemerintahan
Pemerintahan dengan sistem sosialis
dan liberalis kedua-duanya akan memberikan warna yang berbeda terhadap proses
pembanguanan.
|
|
Pertemuan 2
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Mengidentifikasi masalah-masalah pembangunan
ekonomi di negara berkembang
|
Sebutkan
masalah-masalah pembangunan di negara berkembang!
|
1.
Masalah kependudukan antara lain
jumlah penduduk yang sangat besar, laju pertumbuhan penduduk yang pesat,
komposisi penduduk menurut umur yang tidak menguntungkan, penyebaran penduduk
yang tidak merata, serta srus urbanisasi yang relatif tinggi.
2.
Masalah kemiskinan
3.
Masalah kerterbelakangan dalam
hal pendidikan, kesehatan, kemajuan teknologi, sikap mental ekonomi.
4.
Lapangan pekerjaan
5.
Pemerataan kependudukan.
|
|
Menjelaskan kebijakan
dan strategi pembangunan ekonomi
|
Sebutkan
kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi
|
1.
Kebijakan dalam masalah :
·
kependudukan yaitu mengendalikan
tingkat kelahiran dengan program KB, menurunkan tingkat kematian ibu dna anak
melalui program peningkatan gizi keluarga, mengadakan transmigrasi local
maupun nasional untuk pemerataan penduduk, dan menyelenggarakan proyek –
proyek didaerah serta proyek padat karya.
·
Kemiskinan : kebijakan trilogy
pembangunan, Inpres desa tertinggal, pemberdayaan koperasi, pemberian kredit
usaha kecil
·
Lapangan pekerjaan : peningkatan
pendidikan, pemberian kursus keterampilan, pemerataan pembangunan,
proyek-proyek padat karya
·
Pemerataan pembangunan :
pemerataan pemenuhan kebutuhan rakyat, pembagian pendapatan, kesempatan
kerja, kesempatan berusaha.
2.
Strategi pembanguna ekonomi yaitu
melalui program pembangunan nasioanl.
|
3.
|
Pertemuan 3
Indikator
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Menjelaskan pengertian pertumbuhan
ekonomi
|
Jelaskan pengertian pertumbuhan ekonomi!
|
Pertumbuhan
ekonomi adalah kenaikan pendapatan atau produksi nasional dalam satu negara
dari tahun ke tahun
|
|
Menjelaskan perbedaan pembangunan ekonomi
dengan pertumbuhan ekonomi
|
Sebutkan perbedaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi!
|
1.
Pertumbuhan ekonomi
· Hanya
menekankan pada kenaikan PDB
· Tidak
memperhatikan apakah kenaikan persentase PDB lebih besar atau lebih kecil
dibanding dengan kenaikan jumlah penduduk.
· Tidak memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh
perubahan ekonomi dan kemajuan IPTEK.
b.
Pembangunan ekonomi
· Tidak hanya menekankan pada kenaikan PDB
· Memerhatikan apakah persentase kenaikan PDB lebih persentase
kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dibanding besar atau lebih kecil
disbanding persentase kenaikan jumlah persentase kenaikan jumlah penduduk
· Memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak kenaikan
PDB diikuti atau tidak oleh perubahan ekonomi dan oleh perubahan struktur
kemajuan IPTEK. ekonomi dan kemajuan IPTEK. Struktur ekonomi berubah dari
tradisional ke modern, dari modern menjadi lebih modern, atau dari agraris ke
industri dan perdagangan
|
|
Pertemuan 4
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
Mengukur pertumbuhan
ekonomi
|
PDB negara X
tahun 2003 sebesar 40 miliar dan tahun 2004 meningkat menjadi Rp43,2 miliar.
Berapakah hasil perhitungan pertumbuhan ekonomi Negara X?
|
Pertumbuhan ekonomi negara X adalah
x 100 %
x 100%
= 8, 0 %
|
|
Menjelaskan
teori pertumbuhan ekonomi
|
Jelaskanlah teori yang dikemukakan oleh Adam Smith,
David Ricardo, dan Thomas Robert Maltus dalam teori klasik!
|
· Adam
Smith
Dalam buku “ An Inquiry into the Principle and Causes of the Wealth of Nation”
menyatakan bahwa :pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu : Pertumbuhan
GDP dipengaruhi oleh sumber daya alam yang tersedia, jumlah penduduk, dan
persediaan barang modal, Pertumbuhan jumlah penduduk, Adanya system
persaingan bebas
· David
Ricardo
David Ricardo terkenal dengan teorinya
The Law of Dimishing Return yaitu:
pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh sumber daya alam yang terbatas, jumlah
penduduk yang selalu berkembang, kemajuan teknologi, sektor pertanian yang
dominan.
· Thomas
Robert Malthus
Thomas terkenal dengan Teori
pertumbuhan penduduk menurut deret ukur dan pertumbuhan ekonomi menurut deret
hitung.
|
·
|
- Penilaian Kertampilan
a)
Projek
Kelompok :
Kelas :
Tema :
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan:
|
|
|
1.
Kesesuaian tema
|
1.
Apabila projek kurang sesuai tema
|
|
2.
Pembagian tugas
|
2.
Apabila projek cukup sesuai tema
|
|
|
3.
Apabila projek sudah sesuai tema
|
B
|
Pelaksanaan:
|
|
|
1.
Kerjasama
|
Masing-masing
sub aspek
|
|
2.
Kesesuaian dengan rencana
|
menggunakan
skala 1-3
|
|
3.
Partisipasi anggota
|
|
C
|
Pelaporan:
|
|
|
1.
Estetika
|
Masing-masing
sub aspek
|
|
2.
Bahasa
|
menggunakan
skala 1-3
|
|
3.
Isi laporan
|
|
|
Rata-Rata Skor
|
|
b)
Portofolio
Kelas
: XI
Nama :
Topik
: Ketenagakerjaan
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan
gagasan
|
|
|
2
|
Pemahaman
pengetahuan pendukung gagasan.
|
|
|
3
|
Argumentasi
gagasan.
|
|
|
4
|
Bahasa
dan penulisan
|
|
|
5
|
Estetika
(penjilidan, kerapian, dll)
|
|
|
5=
sangat baik
4=
baik
3=
cukup
2=
kurang
- Pedoman penskoran
1)
Penilaian Sikap
Petunjuk
Pengskoran:
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Peserta
didik memperoleh nilai:
Sangat
baik : apabila memperoleh skor:
3.33 < skor ≤ 4.00
Baik : apabila memperoleh skor:
2.33 < skor ≤ 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor:
1.33 < skor ≤ 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor: skor
≤ 1.33
2)
Penilaian Pengetahuan
a.
Pertemuan 3
3)
Penilaian Ketrampilan.
Pengolahan
nilai dapat menggunakan bobot yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian.
Rumus pengolahan nilai:
Kupang, ..............................2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
......................... ..................................