RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Konsep Ilmu Ekonomi
Alokasi
Waktu : 6 X 45 Menit (2 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
3.1
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
Indikator:
·
Menjelaskan
manusia sebagai makhluk sosial
·
Menjelaskan
manusia sebagai makhluk ekonomi
·
Mendeskripsikan
pengertian ilmu ekonomi
·
Mendeskripsikan motif ekonomi
·
Mendeskripsikan
prinsip ekonomi
4.1 Menyajikan konsep ilmu ekonomi
Indikator:
·
Menerapkan
tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari
·
Menerapkan
perilaku tanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Diharapkan
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat;
· Menjelaskan
kembali materi tentang manusia sebagai makhluk sosial
· Menjelaskan
kembali materi tentang menusia sebagai makhluk ekonomi
· Mendeskripsikan
ilmu ekonomi
Pertemuan 2
· Mendeskripsikan
motif ekonomi
· Mendeskripsikan
prinsip ekonomi
· Menerapkan
tindakan ekonomi
· Menerapkan
perilaku tanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
·
Manusia
sebagai makhluk sosial
·
Manusia
sebagai makhluk ekonomi
·
Pengertian
Ekonomi
·
Pengertian
ilmu ekonomi
·
Pembagian
imu ekonomi
·
Cabang
ilmu ekonomi
·
Tujuan
mempelajari ilmu ekonomi
·
Manfaat
mempelajari ilmu ekonomi
Pertemuan
2
·
Pengertian
motif ekonomi
·
Macam
motif ekonomi
·
Perbedaan
motif ekonomi dan motif non ekonomi
·
Prinsip
Ekonomi
·
Tindakan
Ekonomi
·
Perilaku
tanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Pendekatan
Saintifik
Model : Mind Mapping (pemetaan pemikiran/gagasan)
Metode : Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi, observasi literatur
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
a. Media cetak/elektronik
b. Chart dalam bentuk power point
c. Gambar
2.
Alat/Bahan:
LCD/laptop/ spidol/ lembar
penilaian
3.
Sumber
Pembelajaran:
a.
Buku-buku
ekonomi yang relevan
b.
Artikel
dari internet tentang Konsep Ilmu Ekonomi
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
1.
Memberikan
salam
2.
Peserta
didik mempersiapkan diri untuk melakukan pembelajaran yang diawali dengan doa
bersama menurut kepercayaan masing-masing.
3.
Presensi
4.
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa diminta untuk memberikan contoh kegiatan
manusia sebagai makhluk sosial
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
|
15
menit
|
Inti
|
Mengamati (Observing)
§ Siswa diminta untuk mengamati dan memahami materi tentang
manusia sebagai makhluk sosial, manusia sebagai makhluk ekonomi dan ilmu
ekonomi
§ Siswa diminta membaca mandiri materi yang berkaitan dengan
manusia sebagai makhluk sosial, manusia sebagai makhluk ekonomi dan ilmu
ekonomi dalam5-7 menit.
Menanya(Questioning)
§ Guru memberikan beberapa pertanyaan berkenaan dengan
manusia sebagai makhluk sosial, manusia sebagai makhluk ekonomi dan ilmu
ekonomi sampai siswa menemukan sendiri berkaitan dengan materi di atas.
Mengeksplorasi
§ Guru mengemukakan konsep/permasalahan yg akan ditanggapi
oleh siswa.
§ Guru membagi kelompok [kelompok
Mawar, kelompok Melati, kelompok Teratai, dan kelompok Bougenvil yang anggotanya =
2
s/d 3 orang.
Mengasosiasi(Associating)
§ Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
Mengkomunikasikan(Communicating)
§ Tiap kelompok
(atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya.
§ Guru mencatat di papan dan mengelompokkan
sesuai kebutuhan guru.
§ Dari data-data
di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan
sesuai konsep yg disediakan guru.
|
90
menit
|
PENUTUP
|
§ Melakukan refleksi atau rangkuman dengan melibatkan peserta
didik.
§ Peserta didik diminta mencari di internet maupun berbagai media
pembelajaran tentang hal-hal yang berhubungan dengan prinsip, motif, dan
tindakan ekonomi.
§ Pesertadidik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi tentang proses
pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan tidak disukai,
atau hal-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari ini diantaranya dengan
mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu berhubungan dengan
prinsip, motif dan tindakan ekonomi
§ Setelah
pembelajaran selesai guru mengarahkan siswa untuk
mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah selesai dengan berdoa
bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30
menit
|
H.
TEKNIK
DAN INSTRUMEN PENILAIAN
- Penilaian
Sikap
a.
Observasi
Langsung/Tidak Langsung
Nama Peserta
Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi Pokok :
No
|
Aspek
pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tertulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebedaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual pesrta didik. Berilah tanda cek (V) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan leh peserta didik dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
b.
Penilaian Diri
Nama peserta didik :
Kelas :
Materi pokok :
Tanggal :
Petunjuk
·
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
·
Berilah tanda
cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Peryataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak
menyontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan
tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya
melaporkan kepada yang bewenang jika menemuakan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani
mengakui kesalahan yang saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
KD= kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
c.
Penilaian Teman
Sejawat
Petunjuk:
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal pengamatan :
Materi pokok :
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
Masuk kelas
tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan
tugas yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
- Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian
: Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Instrumen : Lampiran 2
Pertemuan I
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Menjelaskan
manusia sebagai
makhluk sosial
|
·
Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk sosial!
·
Berikan
contoh makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari (3)!
|
·
Manusia
sebagai makhluk sosial adalah manusia yang tidak dapat hidup sendiri tampa
bantuan orang lain.
·
Contoh
manusia sebagai makhluk sosial:
ü
Siswamembutuhkan
guru untuk belajar
ü
Anak-anak
membutuhkan orangtua sebagai pembimbing hidup
ü
Orang
sakit membutuhkan dokter
ü
Membutuhkan
teman untuk berbagi cerita
ü
Membantu
yang terkena musibah
|
Menjelaskan manusia sebagai
makhluk ekonomi
|
·
Jelaskan
pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi!
|
Manusia
sebagai makhluk ekonomi adalah manusia selalu berusaha untuk meningkatkan
kualitas hidup dan mengoptimalkan kebutuhan hidupnya.
|
Mendeskripsikan ilmu ekonomi
|
·
Jelaskan
pengertian ilmu ekonomi!
·
Apa
manfaat ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari?
|
·
Yang
dimaksud dengan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia
dalam memenuhi kebutuhannya dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.
·
Manfaat
mempelajari ilmu ekonomi, yaitu:
ü
Dapat
membantu individu maupun perusahaan dalam membentuk prioritas kebutuhan yang
ingin dipenuhi
ü
Dapatmembantumempelajari
perilakumanusiadalammemanfatkansumberdaya untuk memenuhi kebutuhan
ü
Dapat
membantu memilih alat pemuas kebutuhan yang efektif dan efisien
|
- Penilaian
Kertampilan
a)
Projek
Kelompok :
Kelas :
Tema :
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan:
|
|
|
1. Kesesuaian
tema
|
1. Apabila
projek kurang sesuai tema
|
|
2. Pembagian
tugas
|
2. Apabila
projek cukup sesuai tema
|
|
|
3. Apabila
projek sudah sesuai tema
|
B
|
Pelaksanaan:
|
|
|
1. Kerjasama
|
Masing-masing sub aspek
|
|
2. Kesesuaian
dengan rencana
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3. Partisipasi
anggota
|
|
C
|
Pelaporan:
|
|
|
1. Estetika
|
Masing-masing sub aspek
|
|
2. Bahasa
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3. Isi
laporan
|
|
|
Rata-Rata
Skor
|
|
b)
Portofolio
Kelas
: X
Nama :
Topik
: manusia sebagai makhluk sosial
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan
gagasan
|
|
|
2
|
Pemahaman
pengetahuan pendukung gagasan.
|
|
|
3
|
Argumentasi
gagasan.
|
|
|
4
|
Bahasa
dan penulisan
|
|
|
5
|
Estetika
(penjilidan, kerapian, dll)
|
|
|
5=
sangat baik
4=
baik
3=
cukup
2=
kurang
4. Pedoman penskoran
1)
Penilaian Sikap
Petunjuk Pengskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor maksimal
Peserta didik memperoleh nilai:
Sangat baik :
apabila memperoleh skor: 3.33 < skor ≤ 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor: 2.33 < skor ≤ 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor: 1.33 < skor ≤ 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1.33
2)
Penilaian
Pengetahuan
a.
Pertemuan 1
No.Soal
|
Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Jelaskan pengertian manusia sebagai makhluk sosial!
|
10
|
2
|
Berikan
contoh makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari (3)!
|
30
|
3
|
Jelaskan
pengertian manusia sebagai makhluk ekonomi!
|
10
|
4
|
Jelaskan
pengertian ilmu ekonomi!
|
10
|
5
|
Apa
manfaat ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari?
|
30
|
Total
|
90
|
Niali Akhir = skor yang diperoleh x 100%
skor yang maksimal
1)
Penilaian
Ketrampilan
Pengolahan nilai dapat menggunakan bobot yang sama
atau berbeda untuk teknik penilaian. Rumus pengolahan nilai:
Nilai Akhir = Nilai portofolio x 100 %
Total skor akhhir
Kupang,...................2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Mapel Ekonomi
(xxxxxxxxxxxxxxxxx) (xxxxxxxxxxxxxxxxx)