RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Konsep Ilmu Ekonomi
Alokasi
Waktu : 6 X 45 Menit (2 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
3.1
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
Indikator:
·
Menjelaskan
manusia sebagai makhluk sosial
·
Menjelaskan
manusia sebagai makhluk ekonomi
·
Mendeskripsikan
pengertian ilmu ekonomi
·
Mendeskripsikan motif ekonomi
·
Mendeskripsikan
prinsip ekonomi
4.1 Menyajikan konsep ilmu ekonomi
Indikator:
·
Menerapkan
tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari
·
Menerapkan
perilaku tanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Diharapkan
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat;
· Menjelaskan
kembali materi tentang manusia sebagai makhluk sosial
· Menjelaskan
kembali materi tentang menusia sebagai makhluk ekonomi
· Mendeskripsikan
ilmu ekonomi
Pertemuan 2
· Mendeskripsikan
motif ekonomi
· Mendeskripsikan
prinsip ekonomi
· Menerapkan
tindakan ekonomi
· Menerapkan
perilaku tanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
·
Manusia
sebagai makhluk sosial
·
Manusia
sebagai makhluk ekonomi
·
Pengertian
Ekonomi
·
Pengertian
ilmu ekonomi
·
Pembagian
imu ekonomi
·
Cabang
ilmu ekonomi
·
Tujuan
mempelajari ilmu ekonomi
·
Manfaat
mempelajari ilmu ekonomi
Pertemuan
2
·
Pengertian
motif ekonomi
·
Macam
motif ekonomi
·
Perbedaan
motif ekonomi dan motif non ekonomi
·
Prinsip
Ekonomi
·
Tindakan
Ekonomi
·
Perilaku
tanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Pendekatan
Saintifik
Model : Mind Mapping (pemetaan pemikiran/gagasan)
Metode : Ceramah,
Tanya-jawab, Diskusi, observasi literatur
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
a.
Media cetak/elektronik
b.
Chart dalam bentuk power
point
c.
Gambar
2.
Alat/Bahan:
LCD/laptop/ spidol/ lembar
penilaian
3.
Sumber
Pembelajaran:
a.
Buku-buku
ekonomi yang relevan
b.
Artikel
dari internet tentang Konsep Ilmu Ekonomi
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
II
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
1. Memberi salam
2. Peserta didik mempersiapkan
diri untuk melakukan pembelajaran yang diawali dengan doa bersama menurut
kepercayaan masing-masing.
3. Presensi
4. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
5. Mengaitkan materi pembelajaran
sekarang dengan pengalaman peserta didik atau materi pembelajaran sebelumnya.
|
15
menit
|
Inti
|
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
§
Siswa
diminta untuk mengamati dan memahami materi tentang motif
ekonomi, prinsip ekonomi, tindakan
ekonomi dan perilaku tanggungjawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu
§
Siswa
diminta membaca mandiri materi yang berkaitan dengan motif
ekonomi, prinsip ekonomi, tindakan
ekonomi dan perilaku tanggungjawab dan toleran dalam mengamalkan ilmudalam5-7 menit.
Menanya(Questioning)
§
Guru
memberikan beberapa pertanyaan berkenaan dengan motif, prinsip dan tindakan
ekonomi dan perilaku tanggung jawab dan
toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi sampai siswa menemukan sendiri berkaitan dengan materi di
atas.
Mengeksplorasi
§
Guru
mengemukakan konsep/permasalahan yg akan ditanggapi oleh siswa.
§
Guru membagi kelompok [kelompok Mawar, kelompok Melati,
kelompok Teratai, dan kelompok Bougenvil yang anggotanya = 2 s/d 3 orang.
Mengasosiasi(Associating)
§
Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
Mengkomunikasikan(Communicating)
§
Tiap kelompok (atau diacak
kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya.
§
Guru mencatat di papan dan mengelompokkan
sesuai kebutuhan guru.
§
Dari data-data di papan siswa
diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yg
disediakan guru.
|
90
menit
|
Penutup
|
§
Melakukan refleksi
atau rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
§ Peserta didik diminta mencari informasi di internet maupun
berbagai media pembelajaran contoh penerapantindakan ekonomi di indonesia
kemudian buatkan dalam bentuk kliping.(masing-masing kelompok terdiri atas 2
orang)
§
Peserta didik
diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§
Peserta didik bersama
guru merefleksi tentang proses pembelajaran hariini dengan mengemukakan
halyang disukai dan tidak disukai atau hal-hal yang dirasa kurang sesuai.
§
Gurumenyampaikanhasilpembelajaranhariini
diantaranyadenganmengapresiasikelompokyang kinerjanyabaik, dll.
§
Guru menginformasikan bahwa pada
pertemuan berikutnya akan dilaksanakan ulangan harian.
§
Setelahpembelajaranselesaiguru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30
menit
|
H.
TEKNIK
DAN INSTRUMEN PENILAIAN
- Penilaian
Sikap
a. Observasi Langsung/Tidak Langsung
Nama Peserta
Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi Pokok :
No
|
Aspek
pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tertulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebedaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual pesrta didik. Berilah tanda cek (V) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan leh peserta didik dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu, apabila
selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2= kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
b. Penilaian Diri
Nama peserta didik :
Kelas :
Materi pokok :
Tanggal :
Petunjuk
·
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
·
Berilah tanda
cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian
sehari-hari.
No
|
Peryataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak
menyontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan
tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya
melaporkan kepada yang bewenang jika menemuakan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani
mengakui kesalahan yang saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
KD= kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
TP = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
c. Penilaian Teman Sejawat
Petunjuk:
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4= selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1= tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal pengamatan :
Materi pokok :
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
Masuk kelas
tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan
tugas yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam
mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
- Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian
: Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Instrumen : Lampiran 2
Pertemuan 2
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Mendeskripsikan motif ekonomi
|
·
Sebutkan
macam-macam motif ekonomi!
|
·
Macam-macam motif
ekonomi, yaitu;
§ Motif ingin
memenuhi kebutuhan
§ Motif
memperoleh keuntungan
§ Motif ingin
mendapat kekuasaan dan penghargaan
|
Mendeskripsikan prinsip ekonomi
|
·
Apa yang anda
ketahui tentang prinsip ekonomi?
·
Jelaskan apa manfaat penerapan prinsip ekonomi
dalam kegiatan produksi?
|
·
Prinsip ekonomi
adalah Dengan pengorbanan tertentu ingin memperoleh hasil sebesar-besarnya
dan dengan pengorbanan sekecil-kecilnya ingin memperoleh hasil tertentu
·
Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi,
yaitu:
§ Mengikuti
selera masyarakat
§ Menentukan
biaya produksi yang paling hemat dan efisien
§ Menentukan
cara berproduksi yang paling efektif
§ Menghasilkan
barang dengan kualitas tinggi
§ Memperolehkeuntungan
|
Menerapkan
tindakan ekonomi
|
·
Berikan contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari?
|
Contoh
tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan motif ingin
memperoleh keuntungan, seorang pedagang sayur berdagang di tempat yang paling
strategis di pasar dengan kondisi masih pagi agar sayuran yang dijual masih
segar.
|
Menerapkan perilaku tanggung
jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi
|
·
Berikan contoh perilaku yang tidak bertanggung
jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu ekonomi!
|
Contoh
perilaku yang tidak bertanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu
ekonomi, yaitu: korupsi, pemerasan, dan perampokan.
|
- Penilaian
Kertampilan
a) Projek
Kelompok :
Kelas :
Tema :
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan:
|
|
|
1.
Kesesuaian tema
|
1.
Apabila projek kurang sesuai
tema
|
|
2.
Pembagian tugas
|
2.
Apabila projek cukup sesuai
tema
|
|
|
3.
Apabila projek sudah sesuai
tema
|
B
|
Pelaksanaan:
|
|
|
1.
Kerjasama
|
Masing-masing sub aspek
|
|
2.
Kesesuaian dengan rencana
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3.
Partisipasi anggota
|
|
C
|
Pelaporan:
|
|
|
1.
Estetika
|
Masing-masing sub aspek
|
|
2.
Bahasa
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3.
Isi laporan
|
|
|
Rata-Rata
Skor
|
|
b) Portofolio
Kelas
: XI
Nama :
Topik
: Ketenagakerjaan
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan
gagasan
|
|
|
2
|
Pemahaman
pengetahuan pendukung gagasan.
|
|
|
3
|
Argumentasi
gagasan.
|
|
|
4
|
Bahasa
dan penulisan
|
|
|
5
|
Estetika
(penjilidan, kerapian, dll)
|
|
|
5=
sangat baik
4=
baik
3=
cukup
2=
kurang
2. Pedoman penskoran
1) Penilaian Sikap
Petunjuk Pengskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
skor diperoleh x 100%
skorr maksimal
Peserta didik memperoleh nilai:
Sangat baik :
apabila memperoleh skor: 3.33 < skor ≤ 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor: 2.33 < skor ≤ 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor: 1.33 < skor ≤ 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1.33
2) Penilaian Pengetahuan
b. Pertemuan 2
No.Soal
|
Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Sebutkan
macam-macam motif ekonomi!
|
30
|
2
|
Apa yang anda
ketahui tentang prinsip ekonomi?
|
10
|
3
|
Jelaskan apa
manfaat penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi?
|
40
|
4
|
Berikan contoh
tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari?
|
10
|
5
|
Berikan contoh
perilaku yang tidak bertanggung jawab dan toleran dalam mengamalkan ilmu
ekonomi!
|
10
|
Total
|
100
|
Nilai Akhir = skor yang diperoleh x 100%
total skor maksimal
3) Penilaian Ketrampilan
Pengolahan nilai dapat menggunakan bobot yang sama
atau berbeda untuk teknik penilaian. Rumus pengolahan nilai:
Nilai Akhir = Nilai Akhir portofolio x 100%
Total Skor Maksimal
Kupang,...................2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Mapel Ekonomi
(xxxxxxxxxxxxxxxxx) (xxxxxxxxxxxxxxxxx)