RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 03)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 4
KUPANG
Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : Pendapatan Nasional
Alokasi
Waktu : 16 X 45 Menit (4 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.3. Mendeskripsikan pendapatan
nasional
Indikator :
·
Menjelaskan
pengertian pendapatan nasional
·
Mendeskripsikan
manfaat pendapatan nasional
·
Mengidentifikasi
komponen-komponen pendapatan nasional
·
Menganalisis
metode perhitungan pendapatan nasional
·
Mendeskripsikan
pendapatan perkapita
4.3. Menyajikan hasil perhitungan
pendapatan nasional
Indikator :
·
Menghitung
pendapatan nasional
·
Melaporkan
hasil perhitungan pendapatan nasional
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan
pengertian pendapatan nasional
·
Mendeskripsikan
manfaat pendapatan nasional
Pertemuan 11
·
Mengidentifikasi
komponen-komponen pendapatan nasional
Pertemuan III
·
Menganalisis
metode perhitungan pendapatan nasional
Pertemuan IV
·
Mendeskripsikan
pendapatan perkapita
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
I
a.
Pengertian
pendapatan nasional
b.
Manfaat
pendapatan nasional
Pertemuan II
a. Komponen-komponen pendapatan nasional
· PDB (GDP)
· PNB (GNP)
· NNP (NNP)
· NNI
· PI
· DI
Pertemuan III
a. Metode perhitungan pendapatan nasional
· Metode pendekatan produksi
· Metode pendekatan pengeluaran
· Metode pendekatan pendapatan.
Pertemuan IV
a.
Pendapatan perkapita
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
pembelajaran : Saintifik (scientific).
Model
Pembelajaran :Artikulasi,
Coperatif Jigsow, CTL dan Talking Stick
Metode pembelajaran :Ceramah, Diskusi kelompok, Tanya
jawab dan Penugasan
F.
MEDIA,ALAT DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
Media : Chart
dalam bentuk power point, Media cetak/elektronik.
Alat : LCD,
Laptop, spidol,
Sumber pembelajaran :
a.
Buku Ekonomi 2 kelas 11, chumidatus dan sadyah,
dadang argo P.2009.
b.
Ekonomi 2 Kelas 11 Sri Mulyanti, Sujiyani dan
Kustiyaningsih, Indrastuti.2009.
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Apersepsi
§
Peserta didik menjawab sapaan
pendidik, berdoa, mendengarkan
absensi dari guru dan mengondisikan diri siap
belajar.
§ Peserta didik mendengarkan materi pembelajaran yang di sampaikan oleh guru dan mengamati tujuan pembelajaran yang disampaikan.
Motivasi
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran
§
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan di pelajari dan menyampaikan
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu kegiatan pembelajaran model
artikulasi.
|
....menit
|
INTI
|
Mengamati:
1.
Guru
menjelaskan materi tentang pengertian pendapatan nasional dan manfaat
pendapatan nasional.
2.
Peserta
didik mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru tentang pengertian pendapatan nasional dan
manfaat pendapatan nasional.
3.
Setelah
mendengar penjelasan guru siswa diminta
menceritakan kembali materi yang telah dijelaskan oleh guru dalam bentuk
diskusi yang beranggotakan dua orang.
Menanya :
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling bertukar pikiran
dalam bentuk wawancara tentang hal yang berkaitan dengan materi pembelajaran
yang telah disampaikan guru.
Mengeksplorasi:
Merangkum
data/informasi yang telah di diskusikan.
Mengasosiasi :
Menganalisis
informasi dan data-data yang diperoleh dari hasil diskusi bersama anggota
kelompok.
Mengomunikasikan:
1.
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
menyampaikan/mempresentasikan hasil dari diskusi.
2.
Peserta
didik menyampaikan/mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas
dan peserta didik yang lain menberikan tanggapan.
|
....menit
|
PENUTUP
|
Kesimpulan
1. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
tentang pengertian pendapatan nasional dan manfaat pendapatan nasional.
2. Guru memberikan post test kepada siswa
3. Guru memberikan tugas secara individu untuk
mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang
berkaitan dengan materi.
Refleksi
§ Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
diri atas pembelajaran yang dilakukan.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari ini
diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru menginformasikan materi pada pertemuan
berikutnya yaitu tentang komponen-komponen pendapatan nasional.
§ Setelah pembelajaran selesai guru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
....menit
|
Pertemuan 2.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Apersepsi
§
Peserta didik menjawab sapaan
pendidik, berdoa, mendengarkan
absen dan mengondisikan diri siap belajar.
§
Peserta didik mendengarkan materi pembelajaran yang di sampaikan oleh guru
dan mengamati tujuan pembelajaran yang disampaikan.
§ Guru Mengaitkan materi
pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik tentang pembelajaran
sebelumnya.
Motivasi
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran
§
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan di pelajari dan menyampaikan
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu kegiatan pembelajaran model
koperatif jigshow.
|
.... menit
|
INTI
|
Mengamati:
§ Guru membagikan lembaran kegiatan yang berisi
tugas-tugas yang harus dipelajari oleh tiap-tiap peserta didik dalam satu
kelompok.
§ Setelah menerima lembaran kegiatan yang berisi
tugas-tugas yang berkaitan dengan komponen-komponen pendapatan nasional,
masing-masing anggota kelompok bergabung dengan anggota kelompok lain yang
memiliki materi (soal) yang sama.
Menanya :
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi lebih
lanjut tentang hal yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
Mengeksplorasi:
Mengumpulkan
data/informasi tentang komponen-komponen pendapatan nasional dari berbagai
sumber belajar yang relevan
Mengasosiasi :
Menganalisis
informasi dan data-data yang diperoleh dari hasil diskusi bersama anggota
kelompok yang memiliki materi yang sama melalui bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait dan menentukan komponen-komponen pendapatan nasional.
Mengomunikasikan:
§ Setelah memperoleh hasil diskusi masing-masing
anggota dari anggota kelompok lain yang memiliki materi yang sama kembali ke
kelompok induknya dan menjelaskan materi yang dikuasai kepada anggota
kelompok yang lain .
§ Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk menyampaikan/mempresentasikan hasil dari diskusi.
§ Peserta didik menyampaikan/mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya didepan kelas dan peserta didik yang lain
mengajukan pertanyaan ataupun menberikan tanggapan.
|
....menit
|
PENUTUP
|
Kesimpulan
§ Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang
komponen-komponen pendapatan nasional .
§ Guru memberikan post test kepada siswa
§ Guru memberikan tugas secara individu untuk
mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang
berkaitan dengan materi.
Refleksi
§ Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
§ Guru menginformasikan materi pada pertemuan
berikutnya yaitu tentang metode perhitungan pendapatan nasional
§ Setelah pembelajaran selesai guru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30
menit
|
Pertemuan
3.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Apersepsi
§ peserta didik menjawab sapaan pendidik, berdoa, mendengarkan absen
dan mengondisikan diri siap belajar.
§ peserta didik mendengarkan materi pembelajaran yang di sampaikan oleh guru dan mengamati tujuan pembelajaran yang disampaikan.
§ Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta
didik tentang pembelajaran sebelumnya.
Motivasi
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran
§ Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang
akan di pelajari dan tugas yang harus dilaksanakan
pada pertemuan hari ini.
|
.....menit
|
INTI
|
Mengamati
:
Guru
membagikan lembaran kegiatan yang berisi tugas-tugas yang harus dipelajari
oleh tiap-tiap peserta didik
Menanya:
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan metode perhitungan pendapatan nasional.
Mengeksplorasi:
Mengerjakan
tugas yang diberikan guru dengan mengunakan metode perhitungan pendapatan
nasional.
Mengasosiasi :
Menganalisis hasil perhitungan pendapatan nasional yang
telah dikerjakan.
Mengomunikasikan:
Hasil
perhitungan dengan menggunakan metode perhitungan pendapatan nasional.
|
..... menit
|
PENUTUP
|
Kesimpulan
§ Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
dari materi yang telah dipelajari tentang metode perhitungan pendapatan
nasional.
§ Guru memberikan
test kepada siswa.
§ Guru memberikan tugas secara individu untuk
mencari sumber atau bahan belajar
dari internet atau sumber lainnya yang berkaitan dengan materi.
Refleksi
§ Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
§ Guru menginformasikan materi pada pertemuan
berikutnya yaitu tentang pendapatan perkapita.
§ Setelah pembelajaran selesai guru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
..... menit
|
Pertemuan 4.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Apersepsi
§ Peserta didik menjawab sapaan pendidik, berdoa, mendengarkan absen dan
mengondisikan diri siap belajar.
§ Peserta didik mendengarkan materi pembelajaran yang di sampaikan oleh guru dan mengamati tujuan pembelajaran yang disampaikan.
§ Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta
didik tentang pembelajaran sebelumnya.
Motivasi
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran.
§
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan di pelajari dan menyampaikan
kegiatan yang akan dilakukan peserta didik yaitu kegiatan pembelajaran model
talking stick.
|
..... menit
|
INTI
|
Mengamati:
§ Guru memberi kesempatan pada siswa untuk membaca
dan mempelajari materi yang telah disampaikan .
Menanya :
§ Setelah selesai membaca dan mempelajari materi
tersebut guru meminta siswa unuk menutup buku pelajarannya masing-masing.
§ Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang
materi yang telah di pelajari siswa dengan menggunakan tongkat.
Mengeksplorasi:
Siswa
mengingat kembali materi yang telah dipelajarinya terkait dengan soal yang
ditanyakan guru.
Mengasosiasi :
Menganalisis jawaban yang akan disampaikan kepada guru
sebelum di jawab
Mengomunikasikan:
Peserta
didik menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
....... menit
|
PENUTUP
|
Kesimpulan
§ Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
tentangpendapatan perkapita.
§ Guru memberikan t est kepada siswa.
§ Guru memberikan tugas secara individu untuk
mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang berkaitan
dengan materi.
Refleksi
§ Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
atas kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
§ Guru menginformasikan materi pada pertemuan
berikutnya.
§ Setelah pembelajaran selesai guru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
..... menit
|
H. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar Pengamatan
Sikap spiritual dan sosial
|
keterampilan
|
Lembar pengamatan presentasi dan diskusi
|
Tes
Tertulis
|
Tes
Uraian.
|
2.
Bentuk instrumen penilaian dan pedoman pengskoran.
a. Lembar pengamatan sikap
:
Instrumen penilaian dan pedoman pengskoran
1. lembar pengamatan sikap
spiritual :
Lembar observasi sikap spiritual
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sbb:
4 = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang apabila tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan.
1 = tidak, apabila tidak pernah melakukan.
Nama peserta didik :
...........................
Kelas :
XI
Tanggal pengamatan :
...........................
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia tuhan sesuai ajaran agama
masing-masing.
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengucapkan keagungan tuhan apabila melihat kebesaran tuhan sesuai
agama masing-masing.
|
|
|
|
|
|
5
|
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
|
|
|
|
Penunjuk penyekoran:
Peserta didik memperoleh nilai: Baik sekali, apabila memperoleh skor 16-20
Baik, apabila peserta didik memperoleh
skor 11-15
Cukup, apabila peserta didik memperoleh
skor 6-10
Kurang apabila peserta didik memperoleh skor 1-5
2. lembar pengamatan sikap sosial :
Lembar pengamatan
penilaian sikap sosial
Mata
pelajaran : Ekonomi
Kelas/semester : X1/I
Tahun
pelajaran : 2014-2015
Materi
pokok : Pendapatan
Nasional
Waktu
pengamatan :
Berikan
tanda cek (√) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No
|
Nama
siswa
|
Sikap
|
aktif
|
Bekerja
sama
|
Toleran
|
K
|
b
|
sb
|
k
|
b
|
sb
|
k
|
b
|
Sb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
K
: kurang
B
: Baik
Sb
: Sangat baik
.
Indikator Sikap Aktif dalam Pembelajaran Pelaku Ekonomi
1.
Kurang baik, jika
sama sekali tidak menunjukkan tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Baik, jika
menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum
konsisten
3.
Sangat baik,
jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara
terus menerus dan konsisten
Indikator Sikap
Bekerjasama dalam Kegiatan Kelompok
1.
Kurang baik,
jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerja sama dalam kegiatan kelompok
2.
Baik, jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi
masih belum konsisten
3.
Sangat Baik,
jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus
menerus dan konsisten.
Indikator Sikap Toleran Terhadap
Proses Pemecahan Masalah yang Berbeda dan Kreatif
1. Kurang baik, jika sama sekali tidak menunjukkan
tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif
2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
tetapi masih belum konsisten
3. Sangat Baik, jika menunjukkan adanya usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
secara terus menerus dan konsisten.
b. lembar pengamatan
ketrampilan :
a) Projek
Kelompok :
Kelas :
Tema :
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan:
|
1.
Kesesuaian tema
|
1.
Apabila projek kurang sesuai
tema
|
2.
Pembagian tugas
|
2.
Apabila projek cukup sesuai
tema
|
|
3.
Apabila projek sudah sesuai
tema
|
B
|
Pelaksanaan:
|
1.
Kerjasama
|
Masing-masing sub aspek
menggunakan skala 1-3
|
2.
Kesesuaian dengan rencana
|
3.
Partisipasi anggota
|
C
|
Pelaporan:
|
1.
Estetika
|
Masing-masing sub aspek
menggunakan skala 1-3
|
2.
Bahasa
|
3.
Isi laporan
|
Rata-Rata
Skor
|
b) Portofolio
Kelas : XI
Nama : ................................
Topik : Pendapatan Nasional
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan gagasan
|
|
|
2
|
Pemahaman pengetahuan
pendukung gagasan.
|
|
|
3
|
Argumentasi gagasan.
|
|
|
4
|
Bahasa dan penulisan
|
|
|
5
|
Estetika (penjilidan,
kerapian, dll)
|
|
|
4= sangat baik
3= baik
2= cukup
1= kurang
c) Penilaian Ketrampilan
Pengolahan nilai dapat menggunakan
bobot yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian. Rumus pengolahan nilai:
C. Tes uraian
Pertemuan pertama :
|
Indikator
|
No
|
Soal
|
Kunci
jawaban
|
skor
|
ü Menjelaskan pengertian pendapatan nasional
|
1
|
Jelaskan pengertian dari pendapatan
nasional
|
Pendapatan nasional adalah Jumlah
seluruh pendapatan yang diterima rumah tangga sebagai balas jasa faktor-faktor
produksi dalam jangka waktu satu tahun
|
20
|
2
|
Tuliskanlah 3 arti dari pendapatan
nasional
|
pendapatan
nasional memiliki tiga arti yaitu :
· Nilai semua barang dan jasa (output) yang dihasilkan suatu negara
selama satu tahun.
· Jumlah semua pengeluaran yang terjadi pada suatu negara untuk
membeli barang dan jasa selama satu tahun.
· Jumlah semua pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi
sebagai balas jasa penggunaan faktor-faktor produksi pada suatu negara selama
satu tahun.
|
20
|
ü Mendeskripsikan manfaat pendapatan nasional
|
3
|
Apa tujuan dari perhitungan pendapatan
nasional ?
|
Tujuan
mempelajari perhitungan pendapatan nasional pada umumnya adalah agar
mendapatkan data yang akurat mengenainilai barang dan jasa yang dihasilkan
oleh suatu negara selama satu tahun.
|
20
|
4
|
Tuliskanlah 3 (tiga)
manfaat dari pendapatan nasional yang kamu ketahui !
|
manfaat
mempelajari pendapatan nasional antara lain :
· Untuk mengetahui struktur perekonomian suatu negara, apakah
agraris, industi atau yang lainnya.
· Untuk mengetahui kemajuan ekonomi atau perkembangan perekonomian
dari tahun ke tahun, apakah mengalami kemajuan, kemunduran atau tetap.
· Untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat setelah
dibandingkan dengan jumlah penduduk, yaitu tentang pendapatan perkapitanya.
|
40
|
Total
skor
|
100
|
Pertemuan kedua :
|
Indikator
|
No
|
Soal
|
Kunci
jawaban
|
Skor
|
·
Mengidentifikasi
komponen-komponen pendapatan nasional
|
1
|
Sebutkan
dan jelaskan komponen-komponen dari pendapatan nasional
|
Ada
6 komponen dari pendapatan nasional yaitu :
a.
Produk Domestik Bruto (PDB)
atau Gross Domestic Product (GDP)Produk Domestik Bruto (PDB) adalah nilai
seluruh produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produk
disuatu negara selama satu tahun, baik oleh perusahaan nasional maupun
perusahaan asing yang berada di negara tersebut
b.
Produk Nasional Bruto (PNB)
atau Gross National Product (GNP)
Produk Nasional
bruto adalah jumlah seluruh produk barang dan jasa suatu negara dalam satu
tahun,yang meliputi barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga negara
(Nasional) baik yang berada didalam negeri maupun luar negeri.
c.
Produk Nasional Neto atau Net
National Product (NNP)
Produk Nasional Neto adalah nilai pasar barang dan jasa yang
dihasilkan dalam satu tahun.
d.
Pendapatan Nasional bersih
dapat dilihat dari dua sisi. Dari sisi pendapatan, yaitu pendapatan yang
dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai
pemilik faktor produksi. Dari sisi produksi, yaitu sejumlah nilai bersih
barang dan jasa yaang dihasilkan oleh suatu negara.
e.
Pendapatan Perorangan atau
Personal Income (PI)
Pendapatan perseorangan adalah bagian pendapatan nasional yang
merupakan hak individu-individu dalam perekonomian, sebagai balas jasa
keikutsertaan mereka dalam proses produksi.
f.
Pendapatan Bebas atau
Disposible Income (DI) Pendapatan bebas adalah pendapatan yang dapat digunakan oleh
penerimanya, yaitu semua rumah tangga yang ada dalam perekonomian, untuk
membeli barang-barang dan jasa yang
mereka inginkan.
|
100
|
Total skor
|
100
|
Pertemuan ketiga :
|
indikator
|
No
|
Soal
|
Kunci
jawaban
|
Skor
|
·
Menganalisis
metode perhitungan pendapatan nasional
|
1
|
Jika
harga perunit kapas Rp 18.000, benang Rp 20.000, kain Rp 25.000dan harga
perunit baju anak Rp 30.000, maka besarnya nilai akhir dan nilai tambah dari
benda-benda tersebut !
|
Rp 30.000
|
40
|
|
2
|
Pendapatan
yang diperoleh masyarakat dalam suatu perekonomian adalah sbb:
(dalam
Rp)
· Upah dan gaji 15.000.000
· Sewa tanah
9.250.000
· Konsumsi
18.000.000
· Pengeluaran pemerintah 14.000.000
· Bunga modal 3.500.000
· Keuntungan 12.000.000
· Investasi
4.500.000
· Ekspor
12.500.000
· Impor
7.250.000
Berdasarkan data
diatas tentukanlah besarnya pendapatan nasional dengan menggunakan pendekatan
pengeluaran dan pendekatan pendapatan
|
Perhitungan
pendapatan nasional berdasarkan data tersebut adalah sbb :
a.
Dengan
pendekatan pengeluaran
Y
= C + I + G + (X-M)
Y = Rp 18.000.000 + Rp 4.500.000 + Rp
14.000.000 + (Rp 12.500.000 – Rp 7.250.000)
Y=Rp39.750.000,00.
b. Dengan pendekatan pendapatan
NI = W + r + i + P
NI
= Rp 9.250.000 + Rp15.000.000 + Rp
3.500.000 + Rp 12.000.0000
NI = Rp 39.750.000
|
60
|
Total
skor
|
100
|
Pertemuan keempat :
|
Indikator
|
No
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
·
Mendeskripsikan
pendapatan perkapita
|
1
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
pendapatan perkapita !
|
Pendapatan
Perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu negara pada periode
tertentu (umumnya satu tahun)
|
30
|
|
2
|
Bagaimana
cara pemerintah meningkatkan pendapatan perkapita?
|
Ada
2 cara pemerintah meningkatkan pendapatan perkapita:
a.
Memperbesar jumlah pendapatan
nasional
b.
Menahan laju pertumbuhan penduduk
|
20
|
|
3
|
Jelaskan
perbedaan antara Pendapatan Perkapita Riil dengan Pendapatan Perkapita
Nominal!
|
Pendapatan
per kapita nominal adalah pendapatan per kapita yang tidak memperhitungkan
tingkat kenaikan harga atau inflasi. Sedangkan pendapatan per kapita riil
adalah pendapatan per kapita yang sudah memperhitungkan tingkat kenaikan
harga atau inflasi. Misalnya, negara M pada tahun 2000 pendapatan per kapita
nominalnya Rp1.000.000,-. Kemudian pada tahun 2001, pendapatan per kapita
nominalnya naik tiga kali lipat menjadi Rp3.000.000,-. Benarkah ini berarti
daya beli masyarakat juga telah naik tiga kali lipat? Setelah dihitung,
ternyata pada tahun 2001 daya beli masyarakat tetap seperti pada tahun 2000.
Karena pada tahun 2001, walaupun pendapatan per kapita nominal meningkat tiga
kali lipat, ternyata harga- harga juga naik tiga kali lipat. Barang dan jasa
yang pada tahun 2000 dibeli dengan harga Rp1.000,- kini harus dibayar dengan
Rp3.000,-. Itu berarti, kenaikan nominal tersebut tidak menaikkan
kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, pendapatan per kapita riil
masyarakat tidak berubah. Dari uraian di atas dapat kita simpulkan, naik
tidaknya tingkat kesejahteraan (kemakmuran) masyarakat harus dilihat dari
pendapatan per kapita riilnya, bukan dari pendapatan per kapita nominal.
|
50
|
Total skor
|
100
|
|
|
|
|
|
|
Skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------- x100
Skor maksimal
Mengetahui
|
|
Kupang, ...................... 2014
|
Kepala Sekolah
.................................................
NIP : ............................................
|
|
Guru Mapel Ekonomi
..............................
NIP : .............................
|