(RPP 02)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 4 KUPANG
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok :
Ketenagakerjaan
Alokasi Waktu :
12 X 45 Menit (4 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.2 Menganalisis
permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia.
·
Mendefenisikan
pengertian ketenagakerjaan.
·
Mendeskripsikan
kesempatan kerja.
·
Mendeskripsikan
tenaga kerja
·
Mengidentifikasi
angkatan kerja
·
Mengklasifikasikan
Jenis-jenis Tenaga Kerja di indonesia.
·
Menjelaskan upaya
meningkatkan kualitas tenaga kerja di indonesia.
·
Mendeskripsikan
Sistem upah di indonesia.
·
Mengidentifikasi
Pengangguran yang ada di indonesia.
4.2 Menyajikan
hasil analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia.
·
Menerapkan upaya
meningkatkan kualitas tenaga kerja di indonesia.
·
Mengaplikasikan
sistem upah di indonesia
·
Menggunakan cara
untuk mengatasi pengangguran di indonesia.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
· Mendefenisikan ketenagakerjaan.
· Mendeskripsikan kesempatan kerja.
Pertemuan II
· Mendeskripsikan tenaga kerja
· Mengidentifikasi angkatan kerja
Pertemauan III
· Menjelaskan upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja
di indonesia.
· Mendeskripsikan Sistem upah di indonesia.
Pertemuan IV
· Mengidentifikasi Pengangguran yang ada di indonesia.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a. Pengertian Ketenagakerjaan.
b. Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia
c. Penanggulangan masalah Ketenagakerjaan di Indonesia
d. Pengertian kesempatan kerja
e. Penggolongan kesempatan kerja
Pertemuan II
a. Pengertian tenaga kerja.
b. Pengelompokkan tenagakerja
c. Pengertian angkatan kerja
d. Pengelompokkan angkatan kerja
Pertemuan III
a. Upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja di indonesia.
b. Sistem upah di indonesia.
Pertemuan ke IV
- Pengertian
pengangguran
- Macam-macam
pengangguran
- Penyebab
pengangguran.
- Dampak
pengangguran
- Cara
mengatasi pengangguran
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Pendekatan Saintifik
Model : Tim Siswa Kelompok Prestasi/Student Teams-Achievement
Divisions (STAD) dan Jalan Pikiran (Mind
Maping)
Metode :
Ceramah, Diskusi, Kuis/Tanya Jawab.
F. MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :
Chart dalam bentuk power point, Media cetak/elektronik.
2.
Alat :
LCD, Laptop, spidol,
3. Sumber
pembelajaran :
a.
Buku Ekonomi 2
kelas 11,chumidatus, sadyah, dadang argo P-2009.
b.
Ekonomi 2 Kelas 11
Sri Mulyanti, Sujiyani, Kustiyaningsih, Indrastuti-2009.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
I
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta
didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan
untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan
masing-masing dan di pimpin oleh ketua kelas)
“Selamat pagi anak-anak!sehat semuanya?
Sebelum melanjutkan pembelajran hari ini alangkah baiknya kita berdoa
terlebih dahulu menurut kepercayaan masing-masing. Kepada ketua kelas
silahkan pimpin doa.”
§ Guru
mengabsensi peserta didik
§ Peserta
didik diberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta
dikondisikan untuk mempersiapkan bahan dan alat yang akan berlangsung:
-
Mendefenisikan ketenagakerjaan.
-
Mendeskripsikan kesempatan kerja.
§ Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif
dalam proses pembelajaran.
§ Peserta
didik diinformasikan tentang manfaat pembelajaran.
§ Guru
mengemukakan pertanyaan:
”Menurut kalian apa perbedaannya
antara orang yang belum bekerja dan orang yang sudah bekerja?”.
|
15 menit
|
INTI
|
MENGAMATI
§ Siswa diminta untuk mengamati dan memahami materi
tentang ketenagakerjaan dan kesempatan kerja.
§ Siswa diminta membaca mandiri materi yang berkaitan
dengan ketenagakerjaan dan kesempatan kerja dalam 5-7 menit.
MENANYA
§ Guru memberikan beberapa pertanyaan berkenaan dengan
ketenagakerjaan dan kesempatan kerja sampai siswa menemukan definisi
ketenagakerjaan dan kesempatan kerja
secara mandiri.
MENGEKSPLORASI
§ Siswa diberi kesempatan mengumpulkan data/ keterangan yang relevan tentang ketengakerjaan dan kesempatan kerja (Pengertian, permasalahan, penanggulangan, dan
penggolongan).
§ Guru
membagi kelompok [kelompok
merah, kelompok putih, kelompok biru, dan kelompok ping] yg anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku, dll.).
§ Guru menyajikan materi [ketenagakerjaan
dan kesempatan kerja].
§ Guru memberi TUGAS [pengertian ketenagakerjaan,
permasalahan ketenagakerjaan, penanggulangan ketenagakerjaan, pengertian
kesempatan kerja, dan penggolongan kesempatan kerja] kpd kelompok utk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yg sudah mengerti dapat menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
MENGASOSIASI
§ Siswa
membuat Laporan yang disusun berupa rangkuman dan kesimpulan dari seluruh
kartu soal yang beredar di berbagai kelompok.
§ Guru memberi Kuis/Pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Masing-masing perwakilan
kelompok menyajikan hasil kerja/diskusi.
§ Kelompok lain
menanggapi jawaban/hasil kerja
yang disajikan.
§ Guru
memastikan kondisi kelas tetap kondusif.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Beberapa perwakilan kelompok diminta
membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dibahas.
§ Peserta didik diminta mencari contoh-contoh
tenaga kerja yang dibuat dalam bentuk artikel.(masing-masing kelompok terdiri
atas 4 orang)
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu berhubungan dengan
tenaga kerja dan angkatan kerja.
§ Setelah pembelajaran selesai guru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30 menit
|
Pertemuan II
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta
didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan
untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan masing-masing
dan di pimpin oleh ketua kelas)
“Selamat pagi anak-anak!sehat
semuanya? Sebelum melanjutkan pembelajran hari ini alangkah baiknya kita
berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan masing-masing. kepada wakil ketua
kelas silahkan pimpin doa.”
§ Guru
mengabsensi peserta didik
§ Peserta
didik diberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta
dikondisikan untuk mempersiapkan bahan dan alat yang akan berangsung:
-
Mendeskripsikan tenaga kerja.
-
Mengidentifikasi angkatan kerja.
§ Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif
dalam proses pembelajaran.
§ Peserta
didik diinformasikan tentang manfaat pembelajaran.
§ Guru
mengemukakan pertanyaan:
”Bulan mempunyai dan mengelola salon
kecantikan di rumahnya, menurut kalian apakah ia termasuk tenaga kerja?”.
|
15 menit
|
INTI
|
MENGAMATI
§ Siswa diminta untuk mengamati dan memahami materi
tentang tenaga kerja dan angkatan kerja.
§ Siswa diminta membaca mandiri materi yang berkaitan
dengan tenaga kerja dan angkatan kerja dalam 5-7 menit.
MENANYA
§ Guru memberikan beberapa pertanyaan berkenaan dengan
tenaga kerja dan angkatan kerja sampai siswa menemukan definisi tenaga kerja
dan angkatan kerja secara mandiri.
MENGEKSPLORASI
§ Siswa diberi kesempatan mengumpulkan data/keterangan
yang relevan tentang tenaga kerja dan angkatan kerja (Pengertian dan pengelompokkan).
§ Guru
membagi kelompok [kelompok
merah, kelompok putih, kelompok biru, dan kelompok ping] yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku, dll.).
§ Guru menyajikan materi [tenaga
kerja dan angkatan kerja].
§ Guru memberi TUGAS [pengertian tenaga kerja,
pengelompokkan tenaga kerja, pengertian angkatan kerja, dan pengelompokan
angkatan kerja] kepada kelompok utk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yg sudah mengerti dapat menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
MENGASOSIASI
§ Siswa
membuat Laporan yang disusun berupa rangkuman dan kesimpulan dari seluruh
kartu soal yang beredar di berbagai kelompok.
§ Guru memberi Kuis/Pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Masing-masing
perwakilan kelompok
menyajikan hasil kerja/diskusi.
§ Kelompok lain
menanggapi jawaban/hasil kerja
yang disajikan.
§ Guru
memastikan kondisi kelas tetap kondusif.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Beberapa perwakilan kelompok diminta
membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dibahas.
§ Peserta didik diminta mencari di internet
maupun berbagai media pembelajaran dan menyebutkan hal-hal yang bisa
dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja.(masing-masing
kelompok terdiri atas 4 orang)
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu berhubungan dengan upaya
peningkatan kualitas tenaga kerja, sistem upah dan indikator ketenagakerjaan.
§ Setelah pembelajaran selesai guru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30 menit
|
Pertemuan
III
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta
didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan
untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan
masing-masing dan di pimpin oleh salah satu siswa)
“Selamat pagi anak-anak!sehat
semuanya? Sebelum melanjutkan pembelajran hari ini alangkah baiknya kita
berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan masing-masing. kepada salah satu
siswa silahkan pimpin doa.”
§ Guru
mengabsensi peserta didik
§ Peserta
didik diberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta
dikondisikan untuk mempersiapkan bahan dan alat yang akan berangsung:
-
Menjelaskan Upaya peningkatan
kualitas tenaga kerja.
-
Mendeskripsikan sistem upah di
indonesia.
-
Indikator ketenagakerjaan.
§ Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Peserta
didik diinformasikan tentang manfaat pembelajaran.
§ Guru
memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
melalui pertanyaan :
”Menurut kalian, apakah kualitas
tenaga kerja di Indonesia perlu ditingkatkan?”.
|
15 menit
|
INTI
|
MENGAMATI
§ Siswa diminta untuk mengamati dan memahami materi
tentang upaya peningkatan kualitas tenaga kerja, dan sistem upah.
§ Siswa diminta membaca mandiri materi yang berkaitan
dengan upaya peningkatan kualitas tenaga kerja, dan sistem upah di Indonesia
dalam 5-7 menit.
MENANYA
§ Guru memberikan beberapa pertanyaan berkenaan dengan
upaya peningkatan kualitas tenaga kerja, dan sistem upah di Indonesia sampai
siswa menemukan sendiri berkaitan dengan materi di atas.
MENGEKSPLORASI
§ Guru mengemukakan konsep/permasalahan yg akan
ditanggapi oleh siswa.
§ Guru
membagi kelompok
[kelompok
merah, kelompok putih, kelompok biru, dan kelompok ping] yang anggotanya = 2
s/d 3 orang.
MENGASOSIASI
§ Tiap
kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
§ Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Tiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya.
§ Guru mencatat di papan dan mengelompokkan
sesuai kebutuhan guru.
§ Dari
data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
perbandingan sesuai konsep yg disediakan guru.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Melakukan refleksi atau rangkuman dengan
melibatkan peserta didik.
§ Peserta didik diminta mencari di internet
maupun berbagai media pembelajaran tentang hal-hal yang berhubungan dengan
pengangguran.
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu berhubungan dengan pengangguran.
§ Setelah pembelajaran selesai guru
mengarahkan siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah
selesai dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30 menit
|
Pertemuan
IV
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§ Peserta
didik menjawab salam yang disampaikan guru.
§ Persiapan
untuk melakukan pembelajaran (Siswa dan guru membaca doa menurut kepercayaan
masing-masing dan di pimpin oleh salah satu siswa)
“Selamat pagi anak-anak!sehat
semuanya? Sebelum melanjutkan pembelajaran hari ini alangkah baiknya kita
berdoa terlebih dahulu menurut kepercayaan masing-masing. kepada salah satu
siswa silahkan pimpin doa.”
§ Guru
mengabsensi peserta didik
§ Peserta
didik diberikan informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai serta
dikondisikan untuk mempersiapkan bahan dan alat yang akan berangsung:
-
Mendeskripsikan pengangguran di
Indonesia.
§ Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik tentang
pembelajaran sebelumnya.
MOTIVASI
§ Peserta
didik diinformasikan tentang manfaat pembelajaran.
§ Guru
memberikan motivasi kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
melalui pertanyaan :
”Menurut kalian hal apa yang menjadi
penyebab utama terjadinya pengangguran di indonesia?”.
|
15 menit
|
INTI
|
MENGAMATI
§ Siswa diminta untuk mengamati dan memahami materi
tentang Pengertian pengangguran, Macam-macam pengangguran, Penyebab
pengangguran, Dampak pengangguran, Cara mengatasi pengangguran.
§ Siswa diminta membaca mandiri materi yang berkaitan
dengan Pengertian pengangguran, Macam-macam pengangguran, Penyebab
pengangguran, Dampak pengangguran, Cara mengatasi pengangguran dalam 5-7
menit.
MENANYA
§ Guru memberikan beberapa pertanyaan berkenaan dengan
pengangguran sampai siswa menemukan sendiri berkaitan dengan materi di atas.
MENGEKSPLORASI
§ Guru mengemukakan konsep/permasalahan yg akan
ditanggapi oleh siswa.
§ Guru
membagi kelompok [kelompok
merah, kelompok putih, kelompok biru, dan kelompok ping] yang anggotanya = 2
s/d 3 orang.
MENGASOSIASI
§ Tiap
kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
§ Guru memberi Kuis/Pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
MENGKOMUNIKASIKAN
§ Tiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya.
§ Guru mencatat di papan dan mengelompokkan
sesuai kebutuhan guru.
§ Dari
data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
perbandingan sesuai konsep yg disediakan guru.
|
90 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
§ Melakukan refleksi atau rangkuman dengan
melibatkan peserta didik.
§ Peserta didik diminta mencari informasi di
internet maupun berbagai media pembelajaran contoh tenaga kerja di indonesia
kemudian buatkan dalam bentuk kliping.(masing-masing kelompok terdiri atas 2
orang)
§ Peserta didik diberikan post test (terlampir).
REFLEKSI
§ Peserta didik bersama guru merefleksi
tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang disukai dan
tidak disukai. Atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai.
§ Guru menyampaikan hasil pembelajaran hari
ini diantaranya dengan mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik, dll.
§ Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu berhubungan dengan
pengangguran.
§ Setelah pembelajaran selesai guru mengarahkan
siswa untuk mengucap syukur atas proses pembelajaran yang telah selesai
dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
|
30 menit
|
H.
TEKNIK
DAN INSTRUMEN PENILAIAN
- Penilaian
Sikap
a. Observasi
Langsung/Tidak Langsung
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi Pokok :
No
|
Aspek pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia
Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah
menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan kekaguman secara lisan
maupun tertulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebedaran
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual pesrta didik. Berilah tanda cek (V) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan leh peserta didik dengan kriteria
sebagai berikut:
4=
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3=
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
2=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
b. Penilaian
Diri
Nama peserta didik :
Kelas :
Materi pokok :
Tanggal :
Petunjuk
·
Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti.
·
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian sehari-hari.
No
|
Peryataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya
tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan
tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya
melaporkan kepada yang bewenang jika menemuakan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya
berani mengakui kesalahan yang saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
KD= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan.
TP =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
c. Penilaian
Teman Sejawat
Petunjuk:
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung
jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4=
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3=
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
2=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakkan dan sering tidak melakukan.
1=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Nama Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal pengamatan :
Materi pokok :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai
seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan
tugas yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
- Penilaian
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Instrumen
: Lampiran 2
Pertemuan I
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Mendefenisikan ketenagakerjaan.
|
Jelaskan perngertian ketenagakerjaan!
|
·
Ketenagakerjaan
adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum,
selama, dan sesudah masa kerja.
|
Mendeskripsikan kesempatan kerja.
|
1.
Apa yang dimaksud dengan
kesempatan kerja?
2.
Tulislah jenis kesempatan kerja
berdasarkan penggolongan
nya!
|
·
Kesempatan
kerja adalah banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia untuk menyerap
angkatan kerja yang ada.
·
Jenis kesempatan kerja
berdasarkan penggolongnya, yaitu:
kesempatan kerja permanen dan kesempatan kerja temporer.
|
Pertemuan 2
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Mendeskripsikan tenaga kerja
|
1. Jelaskan
pengertian tenaga
kerja!
2. Jelaskan
jenis-jenis tenaga kerja berdasarkan kualitasnya!
|
· Tenaga kerja merupakan penduduk
yang sedang bekerja atau yang sedang mencari pekerjaan dan yang melakukan
kegiatan-kegiatan lain seperti bersekolah dan mengurus rumah tangga
· Jenis-enis tenaga kerja
berdasarkan kualitasnya, yakni:
a)
Tenaga
kerja terdidik
Adalah tenaga kerja yang memiliki
suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu dengan cara sekolah atau
pendidikan formal dan nonformal.
b)
Tenaga
kerja terampil
Adalah tenaga kerjayang memiliki
keahlian dalam bidang tertentudengan melalui pengalaman kerja
c)
Tenaga
kerja tidak terdidik
Adalah tenaga kerja kasar yang
hanya mengandalkan tenaga saja.
|
Mengklasifikasi angkatan kerja.
|
3. Apa
yang kalian ketahui tentang angkatan kerja?
4. Angkatan
kerja dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pekerja dan pengangguran. Jelaskan!
|
·
Angkatan
kerja merupakan bagian dari tenaga kerja yang sesungguhnya terlibat atau
berusaha untuk terlibat dalam kegiatan produktif memproduksi barang dan jasa.
· Angkatan
kerja dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:
a).
Pekerja (employment) yakni kelompok angkatan kerja yang sudah mendapat
pekerjaan.
b.
Pengangguran (unemployment), yakni kelompok angkatan kerja yang belum
mendapat pekerjaan.
|
Pertemuan III
Indikator
|
Butir soal
|
Jawaban
|
Menjelaskan Upaya meningkatkan
kualitas tenaga kerja
di Indonesia
|
Jelaskan upaya peningkatan kualitas
tenaga kerja di Indonesia melalui jalur nonformal!
|
Upaya
peningkatan kualitas tenaga kerja melalui Jalur nonformal, yang terdiri atas:
a. Latihan
kerja, yaitu kegiatan untuk melatih tenaga kerja agar memiliki keahlian dan
keterampilan di bidang tertentu sesuai tuntutan pekerjaan
b. Magang, yaitu latihan kerja yang dilakukan langsung di tempat
kerja.
c. Meningkatkan kualitas mental dan spiritual tenaga kerja,
seperti: keimanan, kejujuran,semangat kerja, kedisiplinan, terampil,
inovatif, cerdas, bisa saling menghargai dan bertanggung jawab juga
perluditingkatkan juga perlu ditingkatkan.
d. Meningkatkan pemberian gizi dan kualitas kesehatan. Tenaga
kerja tidak mampu bekerja dengan baik bila kurang gizi dan kurang sehat.
e. Meningkatkan pengadaan seminar, workshop yang
berkaitandengan pekerjaan tertentu.
|
Mendeskripsikan
sistem upah di Indonesia
|
Tulislah 5 sistem upah di Indonesia yang kalian
ketahui!
|
Sistem upah di
Indonesia adalah sebagi berikut:
a.
Sistem upah menurut waktu
b.
Sistem upah menurut prestasi
c.
Sistem upah borongan
d.
Sistem upah premi
e.
Sistem upah partisipasi
f.
Sistem upah mitra usaha (co
Partnership)
g.
Sistem upah indeks biaya hidup
h.
Sistem upah skala berubah (sliding
scale)
i.
Sistem upah produksi (production
sharing)
j.
Sistem upah bagi hasil
|
Pertemuan IV
Indikator
|
Butir Soal
|
Jawaban
|
Mengidentifikasi pengangguran yang ada di Indonesia
|
a. Jelaskan macam pengangguran berdasarkan lama waktu kerja!
b. Tulislah dampak-dampak pengangguran terhadap perekonomian
dan kehidupan sosial
c. Bagaimanakah cara mengatasi pengangguran musiman?
|
1.
Pengangguran berdasarkan lama waktu
kerja, terdiri atas:
a. Pengangguran terbuka (open unemployment), yakni tenaga kerja yang benar-benar tidak
memiliki pekerjaan (sama sekali tidak bekerja).
b. Setengah menganggur (under unemployment), yakni tenaga kerja yang bekerja, tetapi
bila diukur dari sudut jam kerja, pendapatan, produktivitas dan jenis
pekerjaan tidak optimal.
c. Pengangguran terselubung (disguised unemployment), yakni tenaga kerja yang bekerja tapi
tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan atau keahliannya.
2.
Dampak-dampak
pengangguran terhadap perekonomian dan kehidupan sosial, yakni:
a. Menurunkan aktivitas perekonomian.
b. Menurunkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan
perkapita
c. Meningkatkan biaya sosial
d. Menurunkan tingkat keterampilan
e. Menurunkan penerimaan negara.
3. Cara mengatasipengangguran musiman, ialah:
a.
Memberikan latihan
keterampilan yang lain seperti menjahit, mengelas, menyablon dan membordir.
b.
Segera memberikan
informasi bila ada lowongan kerja di sektor lain.
|
- Penilaian
Kertampilan
a) Projek
Kelompok :
Kelas :
Tema :
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
A
|
Perencanaan:
|
|
|
1.
Kesesuaian tema
|
1.
Apabila projek kurang sesuai tema
|
|
2.
Pembagian tugas
|
2.
Apabila projek cukup sesuai tema
|
|
|
3.
Apabila projek sudah sesuai tema
|
B
|
Pelaksanaan:
|
|
|
1.
Kerjasama
|
Masing-masing sub
aspek
|
|
2.
Kesesuaian dengan rencana
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3.
Partisipasi anggota
|
|
C
|
Pelaporan:
|
|
|
1.
Estetika
|
Masing-masing sub
aspek
|
|
2.
Bahasa
|
menggunakan skala 1-3
|
|
3.
Isi laporan
|
|
|
Rata-Rata
Skor
|
|
b) Portofolio
Kelas :
XI
Nama :
Topik :
Ketenagakerjaan
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Kebermaknaan gagasan
|
|
|
2
|
Pemahaman pengetahuan pendukung
gagasan.
|
|
|
3
|
Argumentasi gagasan.
|
|
|
4
|
Bahasa dan penulisan
|
|
|
5
|
Estetika (penjilidan, kerapian, dll)
|
|
|
5= sangat baik
4= baik
3= cukup
2= kurang
- Pedoman
penskoran
1) Penilaian
Sikap
Petunjuk Pengskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus:
Peserta didik memperoleh nilai:
Sangat baik : apabila memperoleh skor: 3.33 < skor ≤ 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor: 2.33 < skor ≤ 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor: 1.33 < skor ≤ 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor: skor ≤ 1.33
2) Penilaian
Pengetahuan
a. Pertemuan
1
No.Soal
|
Butir
Soal
|
Skor
|
1
|
Jelaskan pengertian ketenagakerjaan!
|
10
|
2
|
Apa yang dimaksud
dengan kesempatan kerja?
|
10
|
3
|
Tulislah jenis
kesempatan kerja berdasarkan penggolongannya!
|
20
|
Total
|
40
|
b. Pertemuan
II
No.Soal
|
Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Jelaskan pengertian tenaga kerja!
|
10
|
2
|
Jelaskan jenis-jenis tenaga kerja
berdasarkan kualitasnya!
|
60
|
3
|
Apa yang kalian ketahui tentang
angkatan kerja?
|
10
|
4
|
Angkatan kerja dibagi menjadi dua
kelompok, yaitu pekerja dan
pengangguran. Jelaskan!
|
20
|
Total
|
100
|
c. Pertemuan
III
No.Soal
|
Butir
Soal
|
Skor
|
1
|
Jelaskan upaya
peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia melalui jalur nonformal!
|
30
|
2
|
Tulislah 5 sistem upah di Indonesia yang kalian
ketahui!
|
50
|
Total
|
80
|
d. Pertemuan
IV
No.
Soal
|
Butir
Soal
|
Skor
|
1
|
Sebut dan jelaskan macam-macam pengangguran berdasarkan lama waktu kerja!
|
30
|
2
|
Tulislah dampak-dampak pengangguran terhadap perekonomian
dan kehidupan sosial
|
50
|
3
|
Bagaimanakah cara mengatasi pengangguran musiman?
|
20
|
|
|
|
Total
|
100
|
3) Penilaian
Ketrampilan
Pengolahan nilai dapat menggunakan bobot
yang sama atau berbeda untuk teknik penilaian. Rumus pengolahan nilai:
Kupang,...................2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mapel Ekonomi
( ) ( )
NIP. NIP.