RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 04)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 4
KUPANG
Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : Ekonomi Peminatan
Materi pokok : APBN dan APBD
Alokasi Waktu : 12 X 45 Menit
(4 x pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
3.4 Mendeskripsikan APBN dan APBD dalam pembangunan
Indikator
·
Menjelaskan
pengertian APBN
·
Menjelaskan fungsi APBN
·
Menjelaskan tujuan APBN
·
Mengidentifikasi sumber-sumber APBN
·
Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran Negara
·
Menjelaskan mekanisme penyusunan APBN
·
Menjelaskan pengaruh APBN terhadap perekonomian
·
Menjelaskan
pengertian APBD
·
Menjelaskan fungsi APBD
·
Menjelaskan tujuan APBD
·
Mengidentifikasi sumber-sumber APBD
·
Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran daerah
·
Menjelaskan mekanisme penyusunan APBD
·
Menjelaskan pengaruh APBD terhadap perekonomian
4.4 Mengevaluasi peran APBN dan APBD terhadap pembangunan
Indikator
·
Mengevaluasi peran APBN/APBD
terhadap pembangunan berdasarkan data APBN/APBD yang ditemukan.
·
Menyusun makalah tentang berdasarkan hasil
analisis peran APBN/APBD terhadap pembangunan
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Diharapkan siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan
pengertian APBN
·
Menjelaskan fungsi APBN
·
Menjelaskan tujuan APBN
·
Mengidentifikasi sumber-sumber APBN
·
Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran Negara
Pertemuan II
Diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan mekanisme penyusunan APBN
·
Menjelaskan
pengaruh APBN terhadap perekonomian
Pertemauan
III
Diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan
pengertian APBD
·
Menjelaskan fungsi APBD
·
Menjelaskan tujuan APBD
·
Mengidentifikasi sumber-sumber APBD
·
Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran daerah
Pertemuan IV
Diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
·
Menjelaskan mekanisme penyusunan APBD
·
Menjelaskan pengaruh APBD terhadap perekonomian
·
Menganalisis peran APBN/APBD terhadap
pembangunan berdasarkan data APBN/APBD yang ditemukan
·
Menyusun makalah berdasarkan hasil
analisis peran APBN/APBD terhadap pembangunan
D. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a. Pengertian APBN
b. Fungsi dan Tujuan APBN
c. Sumber-Sumber Penerimaan Negara
d. Jenis-jenis Pengeluaran Negara
Pertemuan II
a. Mekanisme penyusunan APBN
b. Peran APBN terhadap
perekonomian
Pertemuan
III
a. Pengertian APBD
b. Fungsi dan Tujuan APBD
c. Sumber-Sumber Penerimaan Daerah
d. Jenis-jenis Pengeluaran Daerah
Pertemuan ke
IV
a. Mekanisme penyusunan APBD
b. Peran APBD terhadap perekonomian
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan
|
:
|
Saintifik
|
2.
Model
|
:
|
Example
Non Example (pertemuan
1 dan 3)
Mind Maping (pertemuan
2 dan 4)
|
3.
Metode
|
:
|
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi kelompok
|
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
|
:
|
Gambar, Peta Konsep, Slide Persentasi, Video Pengesahan RAPBN 2013, Data
APBN 2012, Data Asumsi Makro APBN 2012, APBD 2013 Kota Kupang
|
2.
Alat
|
:
|
LCD,
Laptop, spidol,
|
3.
Sumber Belajar
|
:
|
|
a. Buku
1) Wahyu Adi, dkk. 2007. Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI.
Erlangga. Jakarta
2) Chumidatus Sadyah. BSE Ekonomi Kelas XI
3) Dewi Kusumawardhani. BSE Ekonomi Kelas XI
4) Agus Mahfudz. BSE Ekonomi Kelas XI
b. Internet
1)
Dasar-dasar
Praktek Penyusunan APBN di Indonesia Kementrian Keuangan Republik Indonesia,
Direktorat Jendral Anggaran, Direktorat Penyusunan APBN
2) Perencanaan dan Penganggaran APBN Oleh
: Anggito Abimanyu
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
§
Salam, doa, presensi dan
memeriksa kebersihan dan kesiapan siswa secara fisik maupun psikis.
§
Guru mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Setiap hari kalian menerima uang saku
dari orang tua. Uang tersebut kemudian digunakan untuk berbagai keperluan,
seperti membayar ongkos transportasi ke sekolah, membeli alat tulis, makanan
dan minuman di kantin,dan berbagai keperluan lainnya. Orang tua kalian juga
mengatur sedemikian rupa pendapatan yang diterima untuk membiayai berbagai
kebutuhan hidup sehari-hari, seperti pangan, sandang, papan, kesehatan, dan
pendidikan. Tujuannya agar tidak terjadi ”lebih besar pasak daripada tiang”,
anggaran perlu dibuat.
MOTIVASI
§
Guru memberikan pemahaman akan pentingnya mempelajari materi APBN
Negara
seperti layaknya rumah tangga, keluarga atau perusahaan, dalam menjalankan
aktivitas kehidupannya sehari-hari selalu membuat penganggaran, baik
penganggaran untuk penerimaan maupun penganggaran untuk pengeluaran,
tujuannya tak lain adalah supaya dapat mengatur, menstabilkan dan
mengembangkan aktivitas ekonomi masyarakat. Untuk itu pemerintah harus dapat
menggali sumber-sumber dana dan menentukan pemanfaatan dana yang diperoleh
tersebut secara efektif dan efisien. Penggalian sumber sumber dana dan
penentuan pemanfaatan dana inilah yang dipelajari dalam keuangan
negara/daerah hingga pada akhirnya dituangkan dalam bentuk Anggaran
Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah
(APBD)
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
INTI
|
MENGAMATI
·
Guru
mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran (yakni gambar
anggaran rumah tangga beserta dengan penyediaan kebutuhan sesuai dengan ART
tersebut, setelah itu dikuti dengan APBN 2012 berserta sarana prasarana yang disediakan oleh
pemerintah yang bersumber dari APBN)
·
Guru
menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD
·
Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar.
·
Guru memberikan gambaran singkat
tentang gambar yang ditampilkan dengan materi APBN yang akan dipelajari
§
Siswa dalam kelompok mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru dan
mendiskusikan hasil pengamatannya dalam kelompok
MENANYA
·
Melalui bimbingan guru, siswa secara berkelompok mengajukan
mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan lainnya untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati berkaitan dengan APBN secara mendetail.
·
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa menjadi dasar untuk mencari
informasi yang lebih lanjut dan beragam dari sumber yang ditentukan guru
maupun sumber lainnya berkaitan dengan APBN yaitu pengertian, fungsi dan
tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran Negara.
MENGEKSPLORASI
·
Siswa secara berkelompok
menemukan sumber-sumber lain yang relevan di perpustakaan maupun buku
penunjang pribadi berkaitan dengan APBN yaitu pengertian, fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber
penerimaan dan pengeluaran Negara.
·
Siswa juga diberi kesempatan untuk menemukan informasi lain dari luar
kelas, dengan bertanya pada guru-guru maupun teman-teman tentang pengertian
fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran Negara.
MENGASOSIASI
·
Siswa didalam kelompok mendiskusikan tentang pengertian, fungsi dan
tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran Negara berdasarkan
data-data yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
·
Hasil diskusi kelompok tentang pengertian, fungsi dan tujuan, serta
sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran Negara dibuat dalam bentuk laporan
untuk dipresentasikan.
MENGKOMUNIKASIKAN
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
tentang pengertian, fungsi dan tujuan APBN serta
sumber-sumber pendapatan Negara sedangkan kelompok lain menanggapi.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
·
Guru meminta siswa yang telah
memahami materi pembelajaran untuk memberikan penjelasan/jawaban bagi siswa
yang belum memahami materi pembelajaran
·
Guru mempertegas pemahaman siswa
dengan menampilkan peta konsep tentang pengertian APBN, fungsi dan tujuan
APBN, sumber-sumber penerimaan Negara serta jenis-jenis pengeluaran Negara melalui slide presentasi materi pembelajaran yang
telah disiapkan.
Catatan
: Model pembelajaran Examples Non Examples terintegrasi secara langsung dalam
kegiatan inti pembelajaran.
|
100 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru menyampaikan hasil
pembelajaran hari ini dan
mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik.
·
Guru memberikan waktu beberapa
menit untuk siswa melihat kembali materi sekaligus sebagai persiapan untuk
post test.
·
Melakukan evaluasi (Post Test)
REFLEKSI
·
Peserta didik bersama guru
merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang
disukai dan tidak disukai atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai untuk
diperbaiki pada pembelajaran berikutnya
·
Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang mekanisme
penyusunan APBN dan pengaruh APBN terhadap pembangunan sebagai persiapan
materi untuk pertemuan selanjutnya.
·
Guru meminta kesediaan seorang siswa untuk menutup kegiatan
pembelajaran dengan doa.
·
Salam
|
20 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
·
Salam,
doa, presensi dan memeriksa kebersihan dan kesiapan siswa
·
Guru
mengingatkan kembali materi pembelajaran sebelumnya tentang pengertian,
fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran Negara
melalui tanya jawab secara langsung kepada siswa.
·
Guru
mengaitkan kembali materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari hari ini tentang
mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN terhadap perekonomian
MOTIVASI
Guru memberikan pemahaman kepada siswa akan pentingnya mengetahui
mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN terhadap pembangunan di
Indonesia, karena APBN ibarat Anggaran Rumah Tangga yang memberikan pedoman
dalam mensejahterakn rakyat Indonesia.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
INTI
|
MENGAMATI
·
Guru
mempersiapkan artikel tentang mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN
terhadap perekonomian
·
Guru
memberi waktu 5 menit untuk siswa membaca dan memahami isi artikel.
·
Guru
mengemukakan konsep permasalahan yang akan ditanggapi berkaitan dengan
mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN terhadap perekonomian
MENANYA
·
Siswa mengajukan mengajukan
pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan lainnya untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati berkaitan dengan mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN terhadap perekonomian
·
Guru memberikan gambaran singkat
tentang isi artikel dikaitkan dengan materi pembelajaran
MENGEKSPLORASI
Siswa secara berkelompok
menginventarisir/mencatat alternatif jawaban berdasarkan artikel maupun
sumber-sumber lain yang relevan di perpustakaan maupun buku penunjang pribadi
berkaitan dengan mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN terhadap
perekonomian.
MENGASOSIASI
·
Siswa didalam kelompok mendiskusikan tentang mekanisme penyusunan APBN
dan pengaruh APBN dalam perekonomian berdasarkan artikel yang diberikan guru
maupun data lainnya yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
·
Hasil diskusi kelompok tentang mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh
APBN dalam perekonomian.
MENGKOMUNIKASIKAN
·
Guru menyediakan peta konsep
untuk diisi siswa berkaitan dengan mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh
APBN terhadap perekonomian
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
tentang mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN
terhadap perekonomian.
·
Guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan.
·
Dari data-data di papan, siswa
diminta membuat kesimpulan sesuai konsep yang diberikan guru.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
·
Guru meminta siswa yang telah
memahami materi pembelajaran untuk memberikan penjelasan/jawaban bagi siswa
yang belum memahami materi pembelajaran
·
Guru mempertegas pemahaman siswa tentang mekanisme penyusunan APBN dan pengaruh APBN
terhadap perekonomian dengan menampilkan slide presentasi materi pembelajaran yang telah
disiapkan.
Catatan
: Model pembelajaran Mind Maping terintegrasi secara langsung dalam kegiatan
inti pembelajaran.
|
105 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru menyampaikan hasil
pembelajaran hari ini dan
mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik.
·
Guru memberikan waktu beberapa
menit untuk siswa melihat kembali materi sekaligus sebagai persiapan untuk
post test.
·
Melakukan evaluasi (Post Test)
REFLEKSI
·
Peserta didik bersama guru
merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang
disukai dan tidak disukai atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai untuk
diperbaiki pada pembelajaran berikutnya
·
Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang pengertian APBD,
fungsi dan tujuan APBD, sumber-sumber penerimaan serta pengeluaran dareah.
·
Guru meminta kesediaan seorang siswa untuk menutup kegiatan
pembelajaran dengan doa.
·
Salam
|
15 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
·
Salam,
doa, presensi dan memeriksa kebersihan dan kesiapan siswa
·
Guru
mengingatkan kembali materi pembelajaran sebelumnya tentang pengertian,
fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber penerimaan Negara, pengeluaran Negara, mekanisme penyusunan
APBN dan pengaruh APBN terhadap perkonomian melalui tanya jawab secara langsung kepada siswa.
·
Guru
mengaitkan kembali materi yang telah sebelumnya tentang APBN dengan materi pembelajaran hari ini tentang
APBD. APBN dan APBD memiliki konsep yang sama perbedaannya terdapat pada
lingkup pembahasan, dimana APBN lingkupnya lebih luas yaitu Negara sedangkan
APBD lingkupnya lebih kecil yakni daerah (Kabupaten/Kota Madya)
|
15 menit
|
INTI
|
MENGAMATI
·
Guru
mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran (yakni gambar
anggaran rumah tangga beserta dengan penyediaan kebutuhan sesuai dengan ART
tersebut, setelah itu dikuti dengan Data APBD 2012 berserta sarana
prasarana yang disediakan oleh pemerintah Kota Kupang yang bersumber dari APBD)
·
Guru
menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD
·
Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar.
·
Guru memberikan gambaran singkat
tentang gambar yang ditampilkan dengan materi APBD yang akan dipelajari
MENANYA
·
Melalui bimbingan guru, siswa secara berkelompok mengajukan
mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan lainnya untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati berkaitan dengan APBD secara mendetail.
·
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa menjadi dasar untuk mencari
informasi yang lebih lanjut dan beragam dari sumber yang ditentukan guru
maupun sumber lainnya berkaitan dengan APBD yaitu pengertian, fungsi dan
tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran daerah.
MENGEKSPLORASI
·
Siswa secara berkelompok
menemukan sumber-sumber lain yang relevan di perpustakaan maupun buku
penunjang pribadi berkaitan dengan APBD yaitu pengertian, fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber
penerimaan dan pengeluaran daerah.
·
Siswa juga diberi kesempatan untuk menemukan informasi lain dari luar
kelas, dengan bertanya pada guru-guru maupun teman-teman tentang pengertian
fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran daerah.
MENGASOSIASIKAN
·
Siswa didalam kelompok mendiskusikan dan merumuskan tentang
pengertian, fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran
daerah berdasarkan data-data yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
·
Hasil diskusi kelompok tentang pengertian, fungsi dan tujuan, serta
sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran Negara dibuat dalam bentuk laporan
untuk dipresentasikan.
MENGKOMUNIKASIKAN
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
tentang pengertian APBD, fungsi APBD, Tujuan APBD dan
sumber-sumber penerimaan daerah dan jenis-jenis pengeluaran daerah sedangkan
kelompok lain menanggapi.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
·
Guru meminta siswa yang telah memahami
materi pembelajaran untuk memberikan penjelasan/jawaban bagi siswa yang belum
memahami materi pembelajaran
·
Guru mempertegas pemahaman siswa
dengan menampilkan peta konsep tentang pengertian APBD, fungsi dan tujuan APBD, sumber-sumber penerimaan Negara
serta jenis-jenis pengeluaran Negara melalui slide presentasi materi pembelajaran yang telah disiapkan.
Catatan
: Model pembelajaran Examples Non Examples terintegrasi secara langsung dalam
kegiatan inti pembelajaran.
|
100 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru menyampaikan hasil
pembelajaran hari ini dan
mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik.
·
Guru memberikan waktu beberapa
menit untuk siswa melihat kembali materi sekaligus sebagai persiapan untuk
post test.
·
Melakukan evaluasi (Post Test)
REFLEKSI
·
Peserta didik bersama guru
merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang
disukai dan tidak disukai atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai untuk
diperbaiki pada pembelajaran berikutnya
·
Guru meminta siswa untuk mencari informasi tentang mekanisme
penyusunan APBD dan pengaruh APBD terhadap pembangunan sebagai persiapan
materi untuk pertemuan selanjutnya.
·
Guru meminta kesediaan seorang siswa untuk menutup kegiatan
pembelajaran dengan doa.
·
Salam
|
20
|
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
APERSEPSI
·
Salam,
doa, presensi dan memeriksa kebersihan dan kesiapan siswa
·
Guru
mengingatkan kembali materi pembelajaran sebelumnya tentang pengertian,
fungsi dan tujuan, serta sumber-sumber penerimaan dan pengeluaran daerah melalui tanya jawab secara langsung kepada siswa.
·
Guru
mengaitkan kembali materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari hari ini tentang
mekanisme penyusunan APBD dan pengaruh APBD terhadap perekonomian
MOTIVASI
Guru memberikan pemahaman kepada siswa akan
pentingnya mengetahui mekanisme penyusunan APBD dan pengaruh APBD terhadap
perekonomian sebuah daerah (Kabupaten/Kota Madya)
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
|
MENGAMATI
·
Guru
mempersiapkan artikel tentang mekanisme penyusunan APBD dan pengaruh APBD
terhadap perekonomian
·
Guru
memberi waktu 5 menit untuk siswa membaca dan memahami isi artikel.
·
Guru
mengemukakan konsep permasalahan yang akan ditanggapi berkaitan dengan
mekanisme penyusunan APBD dan pengaruh APBD terhadap perekonomian
MENANYA
·
Siswa mengajukan mengajukan
pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan lainnya untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati berkaitan dengan mekanisme penyusunan APBD dan pengaruh APBD terhadap perekonomian
·
Guru memberikan gambaran singkat
tentang isi artikel dikaitkan dengan materi pembelajaran
MENGEKSPLORASI
·
Siswa secara berkelompok
menginventarisir/ mencatat
alternatif jawaban berdasarkan artikel maupun sumber-sumber lain yang relevan
di perpustakaan maupun buku penunjang pribadi berkaitan dengan mekanisme
penyusunan APBN dan pengaruh APBN terhadap perekonomian.
MENGASOSIASI
·
Siswa didalam kelompok mendiskusikan tentang mekanisme penyusunan APBD
dan pengaruh APBD dalam perekonomian berdasarkan artikel yang diberikan guru
maupun data lainnya yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
·
Hasil diskusi kelompok tentang mekanisme penyusunan APBD dan pengaruh
APBD dalam perekonomian.
MENGKOMUNIKASIKAN
·
Guru menyediakan peta konsep
untuk diisi siswa berkaitan dengan mekanisme
penyusunan APBD dan pengaruh APBD terhadap perekonomian
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
tentang mekanisme penyusunan
APBD dan pengaruh APBD terhadap perekonomian.
·
Guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan.
·
Dari data-data di papan, siswa
diminta membuat kesimpulan sesuai konsep yang diberikan guru.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
·
Guru meminta siswa yang telah
memahami materi pembelajaran untuk memberikan penjelasan/jawaban bagi siswa
yang belum memahami materi pembelajaran
·
Guru mempertegas pemahaman siswa
tentang mekanisme penyusunan APBD serta pengaruh APBD terhadap perekonomian melalui slide persentasi yang telah disiapkan.
Catatan
: Model pembelajaran Mind Maping terintegrasi secara langsung dalam kegiatan
inti pembelajaran.
|
100 menit
|
PENUTUP
|
KESIMPULAN
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru menyampaikan hasil
pembelajaran hari ini dan
mengapresiasi kelompok yang kinerjanya baik.
·
Guru memberikan waktu beberapa
menit untuk siswa melihat kembali materi sekaligus sebagai persiapan untuk
post test.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mengevaluasi peran APBN/APBD terhadap pembangunan (intrumen terlampir)
REFLEKSI
·
Peserta didik bersama guru
merefleksi tentang proses pembelajaran hari ini dengan mengemukakan hal yang
disukai dan tidak disukai atau ha-hal yang dirasa kurang sesuai untuk
diperbaiki pada pembelajaran berikutnya
·
Guru meminta siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan dengan
memberikan kisi-kisi soal untuk ulangan.
·
Guru meminta kesediaan seorang siswa untuk menutup kegiatan
pembelajaran dengan doa.
·
Salam
|
20 menit
|
H.
PENILAIAN
- Penilaian Sikap
a.
Observasi Langsung/Tidak Langsung
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesrta didik. Berilah tanda
cek (√)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan leh peserta didik
dengan kriteria sebagai berikut :
4
|
:
|
selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
|
3
|
:
|
sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
|
2
|
:
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakkan dan sering tidak melakukan.
|
1
|
:
|
tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan.
|
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Aspek
pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan.
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi.
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tertulis terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan.
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebedaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuna.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Catatan : Pengamatan
terhadap sikap siswa dilakukan selama pembelajaran berlangsung
b.
Penilaian Diri
Petunjuk:
·
Lembaran ini diisi oleh peserta didik.
·
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai dengan kondisi dan keadaan anda sehari-hari dengan
kriteria sebagai berikut :
SL
|
:
|
selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
|
SR
|
:
|
sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
|
KD
|
:
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
|
TP
|
:
|
tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan.
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama
peserta didik :
Kelas :
Materi
pokok :
Tanggal :
No
|
Peryataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat
mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan
menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas.
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada yang bewenang
jika menemuakan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang
saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa
melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Catatan
: Penilaian diri dilaksanakan sebelum Ulangan Harian
c.
Penilaian Teman Sejawat
Petunjuk :
·
Lembar
penilaian ini diisi oleh peserta didik
·
Berilah tanda cek (√)pada kolom skor sesuai dengan kondisi dan keadaan ditampilkan
oleh teman yang anda
nilai,
dengan kriteria sebagai berikut:
LEMBAR PENILAIAN ANTAR TEMAN
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
Kelas :
Tanggal
pengamatan :
Materi
pokok :
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
3
|
Mamakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang di berikan
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Catatan : Penilaian antar teman dilaksanakan sebelum
Ulangan Harian
SL
|
:
|
selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan.
|
SR
|
:
|
sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
|
KD
|
:
|
kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan.
|
TP
|
:
|
tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan.
|
- Penilaian Pengetahuan
Pertemuan
1
Indikator
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Menjelaskan
pengertian APBN
|
Apakah
yang dimaksud dengan APBN?
|
APBN
adalah suatu daftar yang sistematis tentang rencana keuangan tahunan
pemerintahan Negara yang memuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan
telah disetujui oleh DPR untuk masa waktu 1 tahun.
|
Menjelaskan
fungsi APBN
|
Jelaskan
fungsi APBN secara singkat!
|
Fungsi
APBN :
1)
Fungsi
otorisasi
Pada fungsi ini, anggaran
negara menjadi dasar pedoman untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada
tahun yang bersangkutan.
2)
Fungsi
perencanaan
Pada fungsi ini, anggaran
negara sebagai pedoman untuk merancang dan merencanakan semua kegiatan
yang dilakukan pada tahun yang bersangkutan
3) Fungsi pengorganisasian
Pada fungsi ini, anggaran negara sebagai pedoman untuk menyeimbangkan
berbagai pos yang ada agar semua kepentingan dapat dilaksanakan dengan baik.
4) Fungsi pengawasan
Pada fungsi ini, anggaran negara sebagai pedoman untuk menilai apakah
pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan yang terkait dengan ketentuan atau
tidak.
5) Fungsi Alokasi
Pada fungsi ini, anggaran negara digunakan untuk menambah atau
mengurangi alokasi sumber ekonomi guna meningkatkan efisensi dan efektifitas
perekonomian.
6) Fungsi Distribusi
Pada fungsi ini, anggaran negara digunakan untuk menjalankan
pembangunan di seluruh wilayah tanah air secara merata dan adil
7) Fungsi Stabilisasi
Pada fungsi ini, anggaran negara digunakan untuk menciptakan
stabilitas keamanan dan pertahanan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas
keuangan dengan memperhatikan kepentingan rakyat.
|
Menjelaskan
tujuan APBN
|
Apa
tujuan penyusunan APBN!
|
Tujuan
penyusunan APBN adalah untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran Negara, agar
peningkatan produksi dan kesempatan kerja serta peningkatan pertumbuhan
ekonomi dapat tercapai sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.
|
Mengidentifikasi
sumber-sumber APBN
|
Apa
saja yang menjadi sumber dan pembelanjaan rutin dalam keuangan Negara!
|
· Penerimaan
dalam negeri
· Penerimaan
perpajakan
· Penerimaan
bukan pajak
· Hibah
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis pengeluaran Negara
|
Jelaskan
jenis – jenis pembelanjaan Negara!
|
· Pengeluaran
rutin, semua pengeluaran Negara untuk membiayai tugas-tugas umum pemerintah
dan kegiatan operasional pemerintah pusat, pembayaran bunga atas utang dalam
negeri dan utang luar negeri, pembayaran subsidi dan pengeluaran rutin
lainnya.
· Pengeluaran
pembangunan, semua pengeluaran Negara untuk membiayai proyek-proyek
pembangunan yang dibebankan pada anggaran belanja pemerintah pusat.
|
Pertemuan 2
Indikator
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Menjelaskan mekanisme penyusunan APBN
|
Bagaimanakah
proses penyusunan APBN hingga ditetapkan sebagai UU?
|
1)
Perencanaan dan Penganggaran APBN oleh Pemerintah
(RAPBN)
RAPBN
disusun pemerintah atas dasar usulan anggaran yang dibuat oleh setiap
departemen atau lembaga negara yang diusulkan kepada pemerintah.
Penyampaian Nota Keuangan, Rancangan
APBN, dan Rancangan UU tentang APBN
kepada DPR.
2)
Penetapan/persetujuan RAPBN Oleh DPR
Kegiatan dalam tahap ini berupa
pembahasan Rancangan APBN dan Rancangan
Undang-undang APBN serta penetapannya oleh DPR.
Jika
Rancangan APBN disetujui maka Rancangan UU
APBN ditetapkan
menjadi UU APBN.
Apabila DPR tidak menyetujui RUU
sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), Pemerintah Pusat dapat melakukan
pengeluaran setinggi-tingginya sebesar angka Anggaran Pendapatan dan Belanja
Negara tahun anggaran sebelumnya”.
3)
Pelaksanaan APBN
Kegiatan pelaksanaan
APBN dilaksanakan mulai
1 Januari – 31
Desember pada tahun
berjalan (APBNt) Kegiatan pelaksanaan
APBN dilakukan oleh
pemerintah dalam hal
ini kementerian/lembaga
(K/L). K/L mengusulkan konsep Daftar Isian
Pelaksanaan Anggaran (DIPA)
berdasarkan Keppres
mengenai rincian APBN dan menyampaikannya ke
Kementerian Keuangan untuk disahkan. DIPA adalah
alat untuk melaksanakan APBN.
Berdasarkan DIPA inilah
para pengelola anggaran K/L
Anggaran melaksanakan berbagai macam
kegiatan sesuai tugas dan fungsi instansinya.
4)
Pelaporan dan Pencatatan APBN
Tahap pelaporan dan pencatatan APBN
dilaksanakan bersamaan dengan tahap pelaksanaan APBN, 1 Januari-31 Desember. Laporan
keuangan pemerintah dihasilkan
melalui proses akuntansi,
dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi keuangan
pemerintah yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Laporan
Arus Kas, serta catatan atas laporan keuangan.
5)
Pemerikasaan dan Pertanggungjawaban APBN
Pemeriksaan ini dilakukan
oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Untuk
pertanggungjawaban
pengelolaan dan
pelaksanaan APBN secara
keseluruhan selama satu tahun
anggaran, Presiden
menyampaikan rancangan undang-undang tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBN kepada
DPR berupa laporan
keuangan yang telah diperiksa BPK, selambat-lambatnya 6
(enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir.
|
|
Sebutkan
tujuan penyusunan APBN!
|
Tujuan
penyusunan APBN sebagai pedoman arah pembangunan nasional dalam satu tahun,
sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara dalam rangka meningkatkan
pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran bagi masyarakat.
|
Menjelaskan
pengaruh APBN
terhadap perekonomian
|
Jelaskan 5
pengaruh APBN terhadap perekonomian!
|
1.
Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
masyarakat, maksudnya dapat mengetahui besarnya GNP dari tahun ke tahun,
2.
Menciptakan kestabilan keuangan atau
moneter negara, karena dapat mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat,
3.
Menimbulkan investasi masyarakat,
karena dapat mengembangkan industri-industri dalam negeri,
4.
Memperlancar distribusi pendapatan,
maksudnya dapat mengetahui sumber penerimaan dan penggunaan untuk belanja
pegawai dan belanja barang, serta yang lainnya,
5.
Memperluas kesempatan kerja, karena
terdapat pembangunan proyek-proyek negara dan investasi negara, sehingga
dapat membuka lapangan kerja yang baru dan dapat meningkatkan kesejahteraan
masyarakat.
|
Pertemuan 3
Indikator
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Menjelaskan
pengertian APBD
|
Jelaskan
pengertian APBD?
|
Anggaran
Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) adalah suatu daftar yangsistematis
tentang rencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang memuat anggaran
pendapatan dan pengeluran daerah dan telah disetujui oleh DPRD untuk masa
waktu satu tahun.
|
Menjelaskan
fungsi APBD
|
Jelaskann
fungsi APBD berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2003, pasal 66
|
a)
Fungsi Otorisasi
Fungsi otorisasi berarti APBD menjadi
dasar bagi Pemerintah Daerah untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada
tahun yang bersangkutan.
b)
Fungsi Perencanaan
Fungsi perencanaan berarti APBD
menjadi pedoman bagi pemerintah daerah untuk merencanakan kegiatan pada tahun
yang bersangkutan.
c)
Fungsi Pengawasan
Fungsi pengawasan berarti APBD menjadi
pedoman untuk menilai (mengawasi) apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintah
daerah sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
d)
Fungsi Alokasi
Fungsi alokasi berarti APBD dalam
pembagiannya harus diarahkan dengan tujuan untuk mengurangi pengangguran,
pemborosan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian.
e)
Fungsi Distribusi
Fungsi distribusi berarti APBD dalam
pendistribusiannya harus memerhatikan rasa keadilan dan kepatutan.
|
Menjelaskan
tujuan APBD
|
Jelaskan
tujuan penyusunan APBD
|
APBD
disusun sebagai pedoman pendapatan dan belanja dalam melaksanakan kegiatan
pemerintah daerah. Sehingga dengan adanya APBD, pemerintah daerah sudah
memiliki gambaran yang jelas tentang apa saja yang akan diterima sebagai
pendapatan dan pengeluaran apa saja yang harus dikeluarkan, selama satu
tahun.
|
Mengidentifikasi
sumber-sumber penerimaan APBD
|
Jelaskan
sumber-sumber penerimaan daerah yang bersumber dari APBN
|
Dana
perimbangan adalah pendapatan yang diperoleh daerah dari APBN, meliputi:
a)
Dana Bagi Hasil, yaitu dana yang bersumber dari
pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah berdasarkan angka persentase
tertentu dari pajak dan SDA (Sumber Daya Alam) untuk mendanai kebutuhan
daerah.
b)
Dana Alokasi Umum, yaitu dana yang bersumber dari
pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah dengan tujuan pemerataan kemampuan
keuangan antar daerah.
c)
Dana Alokasi Khusus, yaitu dana yang bersumber
dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan
untuk mendanai kegiatan khusus daerah yang sesuai dengan prioritas nasional.
|
Mengidentifikasi
jenis-jenis pengeluaran daerah
|
Sebutkan
jenis-jenis pembelanjaan daerah
|
a)
Belanja Aparatur Daerah
b)
Belanja Pelayanan Publik
c)
Belanja Bagi Hasil dan Bantuan Keuangan
d)
Belanja Tidak Tersangka
|
Pertemuan 4
Indikator
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
Menjelaskan
mekanisme penyusunan APBD
|
Jelaskan
secara singkat mekanisme APBD
|
1)
Masyarakat RT, RW, LKMD dan kelurahan
menginventarisir dan menampung permassalahan (belum muncul nilai/program
kegiatan)
2)
Perwakilan kelurahan yang ditunjuk, fasilitator
(LSM, tokoh masyarakat, anggota DPRD wakil kecamatan), camat dan dinas
terkait mencari slolusi pemecahan masalah dan kebutuhan pembangunan.
3)
Wakil kelurahan (lurah dan LKMD), fasilitator,
camat, dinas-dinas, tokoh masyarakat dan perguruan tinggi menentukan skala
prioritas program/kegiatan per sector disesuaikan dengan ketersediaan
anggaran.
4)
Pemerintah daerah menyusun RAPBD (Rancangan APBD).
RAPBD disusun pemerintah daerah atas dasar usulan dari setiap perangkat
belanja administrasi dan umum 326.928.112 daerah yang diusulkan dalam bentuk
RASK (Rencana Anggaran Satuan Kerja).
5)
Pemerintah daerah mengajukan RAPBD kepada DPRD
untuk dibahas.
6)
RAPBD yang telah disetujui DPRD disahkan menjadi
APBD untuk dilaksanakan.
|
Menjelaskan
pengaruh APBD terhadap perekonomian
|
Jelaskan
secara singkat pengaruh APBD terhadap perekonomian
|
APBD
dapat digunakan sebagai alat perbaikan perekonomian. Jika daerah mengalami
gejala ekonomi yang buruk, misalnya mengalami ekonomi biaya tinggi, APBD
dapat digunakan sebagai alat untuk memperbaiki perekonomian. Caranya, pada penyusunan
APBD tahun berikutnya, pemerintah daerah harus mengurangi atau bahkan
menghapuskan beberapa pungutan yang memberatkan.
|
- Penilaian Kertampilan
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mengevaluasi peran APBN dan APBD terhadap pembangunan
|
Indikator
|
:
|
·
Mengevaluasi peran
APBN/APBD terhadap pembangunan berdasarkan data APBN/APBD yang ditemukan.
·
Menyusun makalah tentang berdasarkan
hasil analisis peran APBN/APBD terhadap pembangunan
|
Soal
|
:
|
Ambillah satu contoh kasus di internet mengenai kondisi ekonomi Indonesia
saat ini yang berhubungan dengan APBN atau APBD kemudian buatlah analisis
teoritis terhadap permasalahan berkaitan dengan pelaksanaan APBN atau APBD. Dalam membuat
laporan perhatikan latar
belakang, perumusan masalah,
kebenaran informasi/data,
kelengkapan data, sistematika
laporan, penggunaan bahasa, dan
tampilan laporan!
|
Lembar
Penilaian Makalah
Kelas :
Hari,
tanggal :
Materi
Pokok :
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Pelaporan hasil
|
latar belakang
|
Rumusan Masalah
|
Keakuratan data
|
Kelengkapan data
|
Analisis data
|
Kesimpulan
|
Sistematika Laporan
|
Penggunaan BINDO
|
Penulisan/Ejaan
|
Tampil
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :Lembar
penilaian ini digunakan untuk mengukur kompetensi dasar 4.4 untuk pertemuan
ke-4, pada akhir materi tentang APBN dan APBD
|
- Pedoman penskoran
1)
Penilaian Sikap
Petunjuk
Pengskoran:
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor diperoleh
Skor maksimal
|
Peserta
didik memperoleh nilai:
Sangat
baik : apabila memperoleh skor:
3.33 < skor ≤ 4.00
Baik : apabila memperoleh skor:
2.33 < skor ≤ 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor:
1.33 < skor ≤ 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor: skor
≤ 1.33
2)
Penilaian Pengetahuan
a.
Pertemuan 1
No. Soal
|
Unsur yang dinilai
|
Skor
|
Skor
Max
|
1.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap
|
4
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap
|
3
|
Jika jawaban siswa tidak lengkap
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
2.
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 3 fungsi)
|
4
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 2 fungsi)
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 1 fungsi)
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
3.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap
|
4
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap
|
3
|
Jika jawaban siswa tidak lengkap
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
4.
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menyebutkan 5 sumber)
|
6
|
6
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menyebutkan 4 sumber)
|
5
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum
lengkap (menyebutkan 3 sumber )
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menyebutkan 2 sumber)
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menyebutkan 1 sumber)
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
5.
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 2 jenis)
|
3
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 1 jenis)
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
Total Skor
|
21
|
b.
Pertemuan II
No. Soal
|
Unsur yang dinilai
|
Skor
|
Skor
Max
|
1.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap (menjelaskan 5 langkah secara berurutan)
|
6
|
6
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 4 langkah saja secara berurutan)
|
5
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 3 langkah saja secara berurutan)
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 2 langkah saja secara berurutan)
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 1 langkah saja dengan benar)
|
2
|
Jika menjawab salah
|
1
|
2.
|
Jika
siswa menjawab benar dan lengkap
|
3
|
3
|
Jika
siswa menjawab tidak lengkap
|
2
|
Jika
siswajawaban salah nilai
|
1
|
3.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap (menjelaskan 5 pengaruh)
|
6
|
6
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 4 pengaruh)
|
5
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 3 pengaruh)
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 2 pengaruh)
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 1 pengaruh)
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
Total Skor
|
15
|
c.
Pertemuan III
No. Soal
|
Unsur yang dinilai
|
Skor
|
Skor
Max
|
1.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap
|
4
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap
|
3
|
Jika jawaban siswa tidak lengkap
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
2.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap (menjelaskan 5 fungsi)
|
6
|
6
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 4 fungsi)
|
5
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 3 fungsi)
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 2 fungsi)
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 1 fungsi)
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
3.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap
|
4
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi belum
lengkap
|
3
|
Jika jawaban siswa tidak lengkap
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
4.
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 4 fungsi)
|
5
|
5
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 3 fungsi)
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 2 fungsi)
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 1 fungsi)
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
d.
Pertemuan IV
No.
Soal
|
Unsur
yang dinilai
|
Skor
|
Skor
Max
|
1.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap (menjelaskan 6 tahap)
|
7
|
7
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 5 tahap)
|
6
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 4 tahap)
|
5
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 3 tahap)
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 2 tahap)
|
3
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap (menjelaskan 1 tahap)
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
2.
|
Jika siswa menjawab dengan benar dan
lengkap
|
4
|
4
|
Jika siswa menjawab dengan benar tapi
belum lengkap
|
3
|
Jika jawaban siswa tidak lengkap
|
2
|
Jika menulis jawaban tapi salah
|
1
|
Total Skor
|
11
|
3)
Penilaian Ketrampilan
Format Penilaian Makalah
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
Maksimal
|
1.
|
Persiapan
|
12
|
·
Latar belakang
(tepat=3
; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
·
Rumusan Masalah
(tepat=3
; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
·
Tujuan Penulisan
(tepat=3
; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
·
Manfaat Penulisan
(tepat=3
; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
|
2.
|
Pelaksanaan
|
12
|
·
Keakuratan data atau informasi
(akurat
= 3 ; kurang akurat = 2 ; tidak akurat=1)
·
Kelengkapan data/dilengkapi
dengan sumber pengambilan informasi)
(lengkap=3
; kurang lengkap=2 ; tidak lengkap=1)
·
Analisis data
(Baik=3
; Cukup=2 ; Kurang=1)
·
Kesimpulan
(tepat=3
; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
|
3.
|
Pelaporan hasil
|
12
|
·
Sistematika laporan
(Baik=3
; Cukup=2 ; Kurang=1)
|
·
Penggunaan Bahasa Indonesia
(sesuai
EYD=3 ; kurang sesuai=2 ; tidak sesuai=1)
|
·
Penulisan/Ejaan
(tepat=3
; kurang tepat = 2 ; tidak tepat = 1)
|
·
Tampilan
(Menarik=3
; Kurang menarik=2 ; Tidak menarik=1)
|
Total Skor
|
36
|
Penghitungan
Nilai Akhir
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( )
NIP.
|
|
Kupang, Juli 2014
Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
(
)
NIP.
|